Cara Mencuci Baju Bayi Baru Lahir dengan Deterjen Bayi yang Benar

Menjadi orang tua, pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Dari pemenuhan gizi dari makanannya, pakaian bahkan dari benda-benda yang akan bersentuhan langsung dengannya. Apalagi jika masih tergolong ibu baru, semua yang diberikan kepada anak sudah bisa dipastikan adalah barang yang telah dipilih dengan seksama. Salah satu hal yang juga dipertimbangkan oleh semua orang tua adalah masalah deterjen untuk mencuci baju mereka.



Begitupun dengan bagaimana cara mencuci baju bayi yang benar menggunakan deterjen untuk baju bayi? Semuanya ibu baru ingin pelajari dengan baik. Penting kita ketahui tips berikut ini agar pakaian bayi selalu bersih dan sehat.

Seperti diketahui, mencuci baju bayi pun kini bisa dilakukan secara manual dengan tangan atau dengan mesin cuci. Alangkah lebih baiknya ketika kita mencuci baju bayi menggunakan cara manual. Namun ketika kita tidak memiliki banyak waktu mencuci dengan mesin cuci juga bisa dilakukan. Mengapa kita harus hati-hati dalam mencuci baju bayi ?
Ada beberapa hal yang penting diketahui oleh para ibu :


  1. Kulit bayi memiliki tingkat sensitif yang tinggi, maka dari itu ketika anda mencuci bajunya juga harus ekstra hati-hati.
  2. Disarankan ketika mencuci untuk tidak mencampur baju bayi dengan pakaian orang dewasa. Mengingat anda tidak tahu apa saja yang sudah menempel pada baju anda.
  3. Baju bayi biasanya terbuat dari bahan katun yang lembut sehingga ketika mencucinya juga harus hati hati agar tidak cepat rusak
  4. Menggunakan deterjen yang ada pewangi yang berlebih maka dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit bayi, maka disarankan untuk menggunakan deterjen pakaian bayi 
  5. Menyetrika pakaian setelah dicuci ini sangat penting untuk membantu mensterilkan baju agar dapat mengurangi resiko kulit bayi iritasi.


Ketika anda memiliki cukup waktu yang lumayan banyak maka disarankan untuk mencuci baju bayi anda secara manual menggunakan deterjen untuk baju bayi. Hal ini berhubungan dengan bahan pakaian yang lembut dan proses perawatan harus secara ekstra hati hati. Langkah-langkahnya pun sederhana seperti berikut ini:


  1. Memisahkan baju berdasarkan warna dan jenis agar lebih mudah ketika dicuci
  2. Menyiapkan air hangat untuk merendam baju selama 15 menit. Air hangat ini dapat membunuh kuman yang menempel pada baju bayi yang kotor
  3. Menggunakan deterjen pakaian bayi yang formulanya lembut yang berbentuk cair. Hindari penggunaan deterjen bubuk karena bisa saja deterjen tersebut menyelip pada lipatan baju dan bisa menyebabkan iritasi.


Demikianlah penjelasan mengenai cara mencuci baju bayi menggunakan deterjen pakaian bayi dengan formula yang halus. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang cara mencuci baju bayi yang tepat dan aman.

No comments