Simak 6 Cara Memilih Data Center

Data center (pusat data) merupakan sebuah infrastruktur IT yang wajib untuk dimiliki setiap perusahaan pada saat ini. hal itu karena pusat data memiliki fungsi yang vital seperti untuk menyimpan dokumen penting, menjaga keamanan data, serta memudahkan pencarian data-data penting. Mengingat perannya yang amat penting maka data pemilihan penyedia pusat data harus diperhatikan. Berikut akan di ulas tips dalam memilih pusat data yang terpercaya dan berkualitas.


6 Tips Memilih Data Center


Tren penggunaan pusat data membuat para perusahaan penyedia pusat data berlomba-lomba untuk menawarkan produknya ke berbagai perusahaan. Mereka menawarkan beragam kelebihan dan keunggulan masing-masing. Bagi Anda yang kesulitan untuk menyeleksi penyedia pusat data, berikut akan di ulas beberapa tips yang akan memudahkan Anda.

1. Keamanan Data yang Digunakan


Hal yang paling penting dalam memilih Data center yakni keamanan data yang digunakan. Maksud dari keamanan data yang digunakan yakni keamanan dari perangkat yang digunakan. Semakin baik spesifikasi perangkat yang digunakan maka tingkat keamanan akan semakin tinggi. Provider yang baik umumnya akan memakai sistem multi level security. Hal tersebut akan membuat akses menjadi terbatas dan mengurangi resiko  data diakses oknum yang tidak bertanggung jawab.

2. Integrasi Perlindungan Data yang Mumpuni


Kriteria provider yang berkualitas selanjutnya yakni dari sisi integrasi perlindungan data. Semakin baik provider maka konsumen dapat mengontrol pengaturan awal guna sendiri namun untuk selanjutnya maka sistem akan berjalan dengan otomatis. Hal itu akan meminimalisir human eror yang kerap terjadi pada suatu sistem keamanan.

3. Memiliki Fitur Virtual Storage Tiering


Tips memilih Data center berikutnya yakni tersedianya fitur virtual storage tiering. Fitur ini akan membantu Anda untuk memilah data yang kritis atau tidak. Data yang kritis akan di simpan pada flash drive sedangkan untuk data yang tidak kritis akan di cadangkan pada data drive. Hal tersebut akan membuat pusat data tidak hanya bekerja untuk menyimpan data sesuai kapasitas saja.

4. Efisiensi Penyimpanan yang Baik


Setiap perusahaan tentunya akan mementingkan efisiensi guna meningkatkan produktivitas dan provit. Untuk itu maka dalam memilih pusat data, efisiensi juga menjadi hal yang penting. Oleh karena itu maka pilihlah infrastruktur pusat data yang memiliki efisiensi penyimpanan data yang baik. Hal itu akan berdampak kepada penurunan cost biaya lain-lain.

5. Otomasi dan Layanan yang Prima


Data center yang mumpuni akan memiliki sistem penyimpanan data yang baik, dimana user dapat menyimpan data secara otomatis. Selain itu instrumen IT yang digunakan akan mampu mendukung untuk mengatur kapasitas data, melakukan analisis data, serta melakukan otomasi yang berhubungan dengan storage.

6. Memiliki SOP yang Jelas


Setiap perusahaan tentunya memiliki SOP yang jelas guna memastikan pelayanan yang dijalankan tetap prima. Perhatian SOP dari perusahaan penyedia jasa yang hendak Anda gunakan. Pastikan bahwa mereka memiliki SOP perawatan yang jelas, rencana pemulihan, mitigasi terhadap bencana, jaminan kelangsungan bisnis, dan sistem aduan konsumen dengan alur yang jelas. Hal tersebut akan membantu Anda dalam memilih penyedia pusat data yang berkualitas.

Memilih penyedia data center yang berkualitas akan membuat data yang Anda simpan tetap terjaga, kemudahan akses, dan peningkatan security terhadap data penting. Mengingat pentingnya hal tersebut maka jangan coba-coba untuk memilih penyedia pusat data. Bagi Anda yang masih kebingungan maka disarankan untuk mencari informasi lebih banyak, hanya di NEX.

Tidak ada komentar