5 Kegiatan yang Bisa Menghasilkan Uang Saat Ramadhan #DirumahAja

Alhamdulillah.. Ramadhan telah yang dimulai hari ini tanggal 24 April 2020. Hari dimana anak saya Kinza belajar berpuasa untuk pertama kalinya. Dia sangat excited saat dibangunkan untuk makan sahur dan semoga bisa kuat berpuasa sampai maghrib. Tapi untuk sekarang, bukan itu yang akan saya bahas dalam artikel ini.


Setelah kemarin saya menulis tentang sisi positif adanya Corona dan mulai berjanji akan menulis lagi bagaimana caranya biar kita nggak bosan dan bisa menghasilkan uang meski dirumah aja, sekarang saya akan tepatin janji itu. Ya.. artikel ini adalah beberapa pengalaman pribadi yang membuat saya dan suami cukup dirumah aja untuk menjalani hidup. Kami memang sudah #dirumahaja sejak setahun setelah pernikahan. Tahun pertama, suami masih bekerja di sebuah kantor Notaris di Kalimantan.

Kemudian suami memutuskan untuk keluar dari pekerjaan tersebut karena merasa lelah dan menurutnya dia telah menyalahi prinsip hidup kami yaitu untuk tidak membantu segala hal yang berurusan dengan bank termasuk membantu orang-orang yang membutuhkan pinjaman atau menggadaikan tanah dan rumahnya untuk mendapat pinjaman di Bank melalui notaris. Saya menghargai betul keputusannya karena saya paham keputusan yang dia ambil dalam menjalani kehidupan adalah yang terbaik untuk kami. Karena komitmen kami adalah, ketika menikah akan menjalani hidup dengan kejujuran dan mulai meninggalkan hal-hal bajakan dan semua yang kurang baik karena ini juga menyangkut kehidupan masa depan anak-anak.

Kami memutuskan untuk melakukan sesuatu yang kami senangi


Basic kami yang memang senang dengan komputer, suami lulusan S1 Sistem Informasi di Amikom Jogja dan saya sendiri adalah lulusan penjaga warnet hihi.. Bagi kami, menjadi seorang blogger adalah pilihan yang tepat. Dan kamipun bertemu dari blog yang akhirnya menikah sebagai sepasang suami istri Blogger. Dan sekarang saatnya saya akan berbagi bagaimana caranya menghasilkan uang meskipun di rumah aja dan di saat Ramadan ditambah lagi keadaan Indonesia dan dunia seperti sekarang menghadapi virus Corona.

Menghasilkan Uang dari Menulis artikel


Poin pertama adalah Menulis artikel. Sejak tahun 2015, saya dan suami menggeluti profesi kami menjadi seorang penulis artikel bayaran. Memiliki hobi yang sama yaitu menulis dan membuat blog pribadi di internet membuat saya bersyukur atas itu. Mengapa content writer? karena cuma itu yang gak pake modal dan bisa dilakukan tanpa melakukan pembajakan software. Dan suami rela meninggalkan dunia desain yang ia cintai demi mendapatkan rezeki yang halal dan barokah.

Saya sendiri, sejak sekolah yang meskipun hanya sampai SMP, memang menyukai pelajaran bahasa Indonesia. Alasannya sederhana, selain gurunya yang cantik dan imut, Saya suka sekali pelajaran mengarang dan merangkum. Oleh karena itu saya selalu mendapatkan nilai terbaik saat bersekolah dimata pelajaran ini. Selesai sekolah SMP, saya melanjutkan "pelajaran hidup" sebagai seorang pembantu rumah tangga sejak umur 14 tahun. Meskipun begitu, saya tidak bisa berhenti menyukai menulis dengan membeli buku diary, ya... walau awalnya hanya coretan curhat nggak bermutu, sekarang saya bersyukur karena sudah pernah menjalani itu semua.

 Beruntungnya, Allah memberi saya jalan hidup yang luar biasa dengan dipertemukannya saya kepada orang-orang baik yang MasyaAllah membantu untuk membuka mata saya lebih baik. Dari pembantu rumah tangga, kemudian menjadi pengasuh bayi dan akhirnya menjadi penjaga warnet di Bos yang sama. Dari sanalah tahun 2009 tepatnya, saya mengenal blog dengan bantuan seorang teman maya yang mengajak saya untuk memulai.

Melalui dasar itulah, akhirnya saya memutuskan untuk menjadi seorang penulis artikel dengan menjualnya di forum internet marketing di ads.id. Namun kemudian saya membuat sendiri website www.jualbeliartikel.com yang menjadi official website kami. Pekerjaannya, saya handle bersama suami sendiri. Dulu pernah kami merekrut beberapa penulis, namun akhirnya kami menulis lagi sendiri karena suami suka protes capek edit ulang artikel penulis haha.

Bagi kamu yang baru memulai akan menjadi freelance penulis artikel kamu bisa menjualnya di berbagai situs atau forum internet marketer seperti ads.id, Kaskus dan masih banyak lagi. Mungkin awalnya kamu bingung karena belum memulai, tapi percayalah, menjadi penulis artikel akan membuat kita belajar banyak hal. Tapi tetap ya.. modal utamanya adalah senang membaca, cinta menulis dan tentu aja rajin upgrade ilmu tentang cara menulis artikel yang baik.

Menghasilkan Uang dari Blog


Jangan hanya menulis artikel, kamu juga bisa membuat sebuah blog yang bisa kamu isi dengan berbagai macam informasi sesuai hobimu. Blog yang kamu bangun ini setelah ia berumur dan memiliki rating bagus dimata google termasuk DA/PA yang tinggi, kamu bisa menghasilkan uang dari sana. Penghasilan dari blog bisa kamu dapatkan dari content placement, Review, Affiliasi ataupun Google Adsense. Dan beberapa blog dengan tujuan monetize tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Content Placement


Untuk content placement kamu hanya akan mendapatkan uang setelah memposting dengan menyematkan link di blogmu. Disini blogmu harus sudah domain TLD seperti dot com dot net atau dot id dan masih banyak lagi. Cara terbaik membangun blog agar memiliki rating yang bagus adalah dengan menulis dan mengisi artikel dengan tema-tema yang kamu sukai dan yang pasti harus user friendly. Jangan menulis kayak robot! Jika kamu hobi memasak kamu bisa menulis resep-resep yang biasa kamu masak di blog. Sertakan juga gambar-gambar yang menarik ya..

Saat membangun blog content placement atau review, kamu juga setidaknya harus memberikan backlink untuk blog tersebut agar bisa memiliki rating yang bagus. Membuat blog tersebut tampak menarik dengan template SEO Friendly dan sesederhana mungkin. Sebenarnya masih banyak lagi sih syarat-syarat yang harus dilakukan. Mungkin lain kali saya akan membahas dengan detail Bagaimana caranya membuat blog untuk Content placement yang baik agar memiliki daya jual yang baik dan dilirik banyak perusahaan besar. Sebagai penyemangat, penghasilan untuk 1 content placement sangat bervariasi, ada yang receh Rp100.000 hingga jutaan rupiah hanya dengan 1 artikel. Ini sesuai pengalaman yaa..

Blog Adsense


Untuk blog AdSense kamu tidak perlu membuat blog mu memiliki rating yang bagus seperti DA/PA yang tinggi ataupun domain rating yang tinggi. Tetapi kamu harus mendapatkan sebanyak mungkin pengunjung dari Google. Semakin banyak pengunjung yang datang di blog mu akan semakin banyak dollar yang kamu kumpulkan darinya dan disini kamu dituntut untuk belajar SEO agar blog bisa mendapatkan banyak pengunjung organik. Tapi Ingat ya.. jangan gunakan cara-cara licik ataupun blackhat Seo untuk mendapatkan pengunjung. Sebagai gantinya kita mulai saja dengan sesuatu yang menyenangkan dan tentu saja kita bermain jujur karena menyangkut pendapatan dan apa yang akan kita makan darinya. Dengan blog Adsense ini juga kamu bisa bermain Affiliate. Saya sendiri belum pernah mencoba Affiliate karena pengunjung blog saya memang tidak mencukupi hehe. Banyak di Google buat belajar ya.. jangan malas browsing ^^

Menghasilkan Uang dari Dropshipping


Kegiatan dirumah aja untuk bisa menghasilkan uang selanjutnya adalah Dropshipping. Menjual barang tanpa harus memilikinya yaitu dropship dari olshop olshop terkenal seperti shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan banyak lagi. Kamu bisa menjual ulang barang-barang melalui status WA, Facebook atau Instagram milikmu. Kamu hanya perlu membeli barang ketika ada orderan melalui akun milikmu. Mulailah dari apa yang kita sukai, Jika kamu menyukai tas kamu bisa menjual beberapa tas dengan harga-harga yang sudah di mark up untuk mendapat keuntungan. Karena sekarang di olshop-olshop terkenal tersebut sudah menyediakan form untuk menjadi dropship yang semakin memudahkan kita. Dan tentunya sudah banyak sekali orang-orang yang berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang dari menjual barang orang lain tanpa modal sedikitpun. Yang penting kita rajin upload aja ya..

Menghasilkan Uang dari Youtube


Selanjutnya adalah menjadi Youtuber. Membuat konten di YouTube sekarang sudah menjadi tren yang diminati banyak orang karena memang gampang sekali menghasilkan uang darinya. Saya sendiri mencoba beberapa kali untuk membuat video di YouTube namun masih belum menemukan apa yang paling saya sukai. Saya sudah pernah menghasilkan uang dari YouTube dengan video dari video tutorial Photoshop milik suami. Saat itu kami belum mengerti, namun sekarang saya menghapus semua video-video tersebut karena saya merasa Photoshop yang kami gunakan adalah barang Bajakan. Dari sana saya akan mencari konten lain yang bermanfaat tentunya ya..

Jika kamu adalah orang yang percaya diri, punya topik yang menarik, sudah saatnya kamu membuat Vlog dan menguploadnya di YouTube. Dari sana kamu bisa menghasilkan uang melalui Vlogmu ketika sudah memiliki 1000 subscriber dan Sudah ditonton selama 4000 jam. Hal yang cukup mudah jika konten menarik dan membuat orang senang melihatnya.

Menghasilkan Uang dari Jual Makanan via ojek online


Selanjutnya adalah membuat makanan dan dan dijual melalui ojek online. Jika dulu saat Ramadhan tiba kita membuat makanan dan menjualnya di pinggir-pinggir jalan, maka tidak berlaku untuk Ramadhan kali ini. Pandemic Corona yang masih berjalan hingga saat ini membuat banyak orang khawatir untuk keluar rumah. Bukan karena takut, namun kita diminta untuk waspada dan menghindari kerumunan yang menjadi penyebab utama menyebarnya virus Corona. Jangan sampai kita yang di daerah-daerah ikut menyebarkan virus tersebut dengan karena keegoisan dan ketidak hati-hatian. Sebagai gantinya ojek online adalah salah satu alternatif menjual makanan untuk berbuka puasa saat Ramadhan karena mudah dan lebih efektif. Ingetnya.. jangan mudik dulu hehhe.. nyambungnya kemana ini :D.

Semoga artikelnya bisa membantu kita untuk lebih kreatif saat Ramadhan dan dibarengin Pandemic Corona ini, Kita tau, Allah memberikan ujian dengan maksud yang jauh lebih baik. Semoga kita bersabar ya...


9 comments

  1. Masya Allah mbaak, semoga niat baik untuk terus berada dalam jalan halal dan kebaikan menghadirkan banyak kebaikan lainnya untuk mbak sekeluarga. Aamiin. Alhamdulillah menulis banyak membuka peluang rezeki ya mbaak. Suksess dan sehaat selaluu mbak. Semogaa pandemic ini lekas berlalu dan puasa di bulan Ramadhan bisa lancar yaa mbaak, aamiin ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mbak Lucky.. semoga mbak juga selalu diberikan kesehatan yaaa...

      Delete
  2. Semoga niat baiknya Allah ganti dengan rezeki yang berlipat ya,mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk praktek, apa malah sudah pro ? :D. bolehlah bagi ilmunyaa...^^

      Delete
    2. insyaallah sedikit demi sedikit praktik, mba. terima kasih informasinya

      Delete
  3. MasyaaAlloh, inspiratif banget mba, tambah ngefans akuh. Baca 1 artikel tapi dapat banyak insight

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Mbak Nurus.. semoga bisa berhasil ngeblognyaaa... ^^

      Delete
  4. Semoga keadaan ini cepat membaik ya mbak,
    semua bisa langsung produktif lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. InsyaAllah.. Kita minta yang terbaik kepada Allah..

      Delete