Ramadhan #DiRumahAja, Ini Resep Takjil Mudah yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

Bulan Ramadan adalah bulan yang dinantikan oleh semua  umat muslim di dunia. Bukan hanya soal keberkahan dan banyaknya pahala yang ada di dalam bulan Ramadan saja tetapi momen-momen yang hanya ada di bulan Ramadan seperti shalat taraweh, berbuka serta saat sahur mampu memberikan kesan yang berbeda. dan selalu ngangenin.


Meskipun bulan Ramadan ini kita dituntut untuk di rumah aja karena pandemic corona,  tetapi bukan berarti kita tidak bisa membuat hidangan yang lezat dan nikmat untuk menu buka puasa.  Kalau dulu kita mengandalkan banyaknya penjaja makanan yang ada di stand-stand dadakan saat sore hari, sekarang sebaiknya kita mengurangi interaksi dengan orang di luar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Karena itulah saya memilih untuk tidak keluar rumah untuk mencari hidangan takjil di jalan.  dan kali ini saya akan membagikan beberapa resep masakan yang bisa anda bikin sendiri di rumah untuk hidangan buka puasa ataupun sahur.

Saya sendiri suka sekali membuat hidangan di rumah saat bulan Ramadan ini. Selain anak pertama saya yang saat ini sedang menjalani puasa pertamaya, saya ingin memberikan kesan menyenangkan untuknya. Dan berikut adalah beberapa kudapan dan snack ringan yang rencananya akan saya buat untuk anak saya Kinza.

Resep dan Cara Membuat coklat Malt

Biasanya, Kinza kurang suka dengan makanan-makanan yang memiliki citra rasa manis yang berlebihan. Tapi tidak dengan colat, Akhir-akhir ini Kinza mulai menyukai coklat meskipun rasanya sedikit manis. Hidangan yang berbahan coklat adalah salah satu hidangan kesukaan saya bukan saja hanya rasanya yang sangat nikmat tetapi coklat juga  bisa membuat kita rileks saat mengkonsumsinya.

Bahan dan cara membuat coklat malt:

  • 4 sachet Milo bubuk
  • 1 sachet kecil susu kental manis coklat
  • 2 Sachet agar-agar bubuk warna coklat
  • 1 sachet nutrijel coklat
  • 3 sdm gula pasir
  • 4 roti tawar kupas
  • 360 cc Air matang
  • Dan Oreo sebagai tambahan


Cara membuat coklat malt

Seperti membuat pudding, membuat coklat malt juga sangat mudah. Bunda bisa mencampur semua bahan kecuali oreo. Oreo hanya di potong kasar dengan remasan tangan ya bun.. Untuk roti tawar, bunda bisa menghaluskannya di blender dengan air untuk membuat coklat malt. Hanya menunggu mendidih kemudian dituang kedalam cetakan pudding sesuai selera.

Oh ya.. sebelumnya, jangan lupa untuk menambahkan oreo ya..

Resep dan Cara membuat Pisang Keju


Makanan lain yang bisa dijadikan pendamping coklat malt adalah ah pisang keju. pasti Bunda juga sudah pernah membuat pisang keju sendiri di rumah karena cara dan bahan yang begitu mudah didapatkan. berikut adalah resep pisang keju yang biasa saya buat untuk anak-anak dan keluarga.


  • Kulit lumpia
  • Pisang kepok
  • Susu kental manis
  • Keju parut
  • Milo sachet untuk taburan
  • Minyak goreng


Cara membuat pisang keju ini sangat mudah. Kita hanya perlu memasukkan pisang kedalam kulit lumpia kemudian taburkan bubuk Milo. Rekatkan dengan air kemudian masukkan kedalam minyak panas. Seletah berwarna kecoklatan, Bunda bisa angkat kemudian bubuhkan susu kental manis diatasnya sebelum diberi taburan parutan keju. Sudah bisa dibayangkan bukan?

Cara dan Resep Membuat Tahu Crispy


Olahan tahu adalah salah satu olahan yang paling disukai oleh Kinza. Biasanya saya membuat tahu fantasi kesukaannya. Tak jarang juga Kinza hanya minta tahu crispy untuk dijadikan cemilan. Cara membuat tahu crispy ini juga gampang banget, kamu hanya butuh tahu yang dipootong dadu, sekitar 2x2cm, kemudian tahu dilumuri oleh tepung bumbu tanpa air. Diamkan sejenak kemudian langsung digoreng.

Selanjutnya.. Nanti akan saya tambahkan lagi resep-resep yang sudah saya uji cobakan ya.. Semoga ramadhan kali ini kita jalani dengan baik dan maksimal. 

No comments