Tips Anti Bosan saat #DiRumahAja

Tinggal #dirumahaja itu pasti membosankan buat siapapun yang terbiasa keluar rumah dan setiap hari bersosialisasi dengan cara bertatap muka langsung. Tapi buat saya yang memang sudah terbiasa kerja dari rumah dan tinggal di rumah selama bertahun-tahun, hal ini bukanlah sebuah masalah besar.

Pada awalnya, dulu saya juga pasti merasa pengalaman yang sama seperti yang teman-teman rasakan saat ini. Mulai dari rasa bosan, bingung mau ngapain, kadang-kadang ada juga stres, rasa kangen ingin ketemu teman-teman, pengen berkunjung ke tempat-tempat wisata, dan keinginan-keinginan lainnya yang kadang-kadang tak tertahankan.



Supaya nggak gampang bosan saat berada di rumah selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu, saya punya beberapa tips untuk mengisi waktu atau menyibukkan diri--sehingga tinggal #dirumahaja tak lagi terasa membosankan.

1.Mencoba Gaya Fashion Baru


Buat yang cewek-cewek, ini adalah kesempatan terbaik untuk mencoba menciptakan penampilan baru yang akan membuat kita terlihat berbeda atau tampil lebih menarik--saat nanti kembali ngantor atau ketika social distancing tak lagi berlaku.

Misal, kalau dulu terbiasa tampil minim, saat berada di rumah kamu bisa mencoba pakai gamis atau syar’i style yang terlihat lebih Islami. Atau, kamu juga bisa mencoba berbagai fashion style yang belum pernah kamu terapkan sebelumnya. Seperti Vintage Fashion Style, Bohemian, Artsy, Sophisticated, hingga Rocker Fashion Style yang mungkin nggak pernah terlintas dibenakmu sama sekali.

Karena emang, sebelum mencob, kadang kita merasa tidak cocok dengan gaya fashion tertentu, tapi setelah mencoba, ternyata gaya tersebut bisa bikin kita terlihat makin cantik dan menarik serta bisa memunculkan karakter kita yang sebenarnya.

2.Belajar Dandan Sambil Mencoba Baju Baru atau Padanan Baru


Meskipun bagi beberapa orang, belajar dandan itu simpel dan gampang. Tapi buat saya pribadi, dandan itu lumayan ribet dan nggak gampang. Mungkin karena saya tidak punya bakat seni. Mungkin, karena nggak punya bakat seni, saya juga kerap kesulitan memadupadankan pakaian.

Nah, kalau kebetulan kamu sama kayak saya, nggak pintar dandan dan kurang pandai memadupadankan pakaian, kamu bisa memanfaatkan waktu selama di rumah untuk mencoba pakaian-pakaian baru seperti kebaya modern, mencoba nyontek gaya pakaian selebgram, atau mungkin belajar dandan.

Nggak hanya buat kamu yang baru mau belajar makeup, buat kamu yang sudah mulai merasa bosan dengan dandanan yang itu-itu aja dan ingin mencoba gaya makeup baru, bentuk alis baru, warna lipstick baru, hingga gaya potongan rambut baru, juga bisa memanfaatkannya untuk mengatasi rasa bosan.

3.Shopping dan Hunting Pakaian atau Hijab buat Ramadhan dan Lebaran


Buat kita para wanita, shopping adalah kegiatan yang pasti tidak ingin kita lewatkan. Mumpung di rumah aja dan banyak waktu luang, kenapa nggak, kalau kita menyibukkan diri dengan hunting pakaian atau hijab terbaru yang kekinian di toko online populer seperti Hijabenka hingga Tokopedia.

Saya merasa, kegiatan seperti ini (shopping) selalu bisa membuat siapapun lupa waktu. Apalagi kalau lagi ada diskon atau promo. Yei...!

Kalau untuk urusan promo dan diskon, saya yakin banyak diantara kamu yang pasti sudah menebak, kalau toko online biasanya sering memberi diskon, cash back, atau berbagai penawaran menarik di moment-moment khusus, seperti momen Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba.

Di momen seperti bulan Ramadan, biasanya toko online seperti Tokopedia, sering banget memberi penawaran menarik seperti bebas ongkir, Crazy Deal yang berisi promo menarik dari berbagai kategori, Brand Deal yang pasti kamu tunggu-tunggu kalau pengen beli produk branded dengan harga miring, flash sale spesial yang di Tokopedia dikenal dengan sebutan “Kejar Diskon,” termasuk yang menjadi favorit saya adalah Flash Coupon, yaitu semacam kupon promo yang bisa kita gunakan untuk menghemat budget belanja.

Sedikit info, kalau temen-temen pengen belanja gamis, hijab, atau pengen nyari produk branded yang harganya murah, jangan lewatkan promo di olshop Tokopedia yang sudah dimulai sejak 1 April kemarin, dan masih akan berlangsung sampai akhir bulan (27-29 April), dimana Tokopedia menawarkan promo Gajian Extra. Jangan sampai kelewatan gais...

4.Mencoba Berbagai DIY atau Tips Perawatan


Karena social distancing sudah mulai diterapkan di sejumlah kota-kota besar, maka kegiatan seperti nyalon, spa, hingga pedicure dan manicure tak lagi leluasa kita lakukan. Tapi kita nggak boleh kehabisan akal, mumpung di rumah aja kamu bisa mencoba berbagai perawatan tubuh, rambut, maupun kulit serta kuku sendiri.

Melakukan perawatan tubuh di rumah sendiri sebenarnya banyak untungnya lho. Misalnya, dengan merawat tubuh sendiri kita bisa mengecek secara keseluruhan kondisi tubuh yang mungkin selama ini tidak sempat kita lakukan. Kita bisa mencoba menerapkan masker wajah dari bahan-bahan alami yang mungkin selama ini hanya sempat kita baca-baca saja tanpa sempat mempraktekannya. Dan, tentu saja bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran, bukan?

5.Mempraktekkan Diet dan Olahraga


Tinggal berhari-hari di rumah juga sangat menguntungkan buat siapapun yang ingin mencoba mempraktekkan diet serta ingin berolahraga untuk menurunkan berat badan demi mendapatkan berat badan ideal atau body goal. Mengapa saya katakan ini adalah sebuah keuntungan?

Dengan berada di rumah, kita bisa mencoba menahan rasa lapar tanpa takut kehilangan konsentrasi atau kekurangan tenaga untuk bekerja--yang kerap dibutuhkan ketika kita berada di kantor atau di tempat kerja. Karena ketika berada di rumah saja, kita tidak perlu takut kehilangan konsentrasi atau kekurangan tenaga saat mempraktekkan diet baru.

Selama berada di rumah, ini juga menjadi kesempatan paling baik untuk berolahraga dan mengeluarkan keringat. Bahkan, kegiatan ini bisa lebih seru kalau anggota keluarga (pasangan dan buah hati) mau ikut.

Itulah beberapa tips anti bosan saat berada #dirumahaja yang sudah pernah saya praktekkan. Buat temen-temen yang merasa pengalaman "di rumah aja" sebagai sebuah pengalaman baru yang membosankan, beberapa tips di atas bisa kamu praktekkan. Atau, kalau kamu kebetulan punya tips dan kiat tertentu untuk melawan rasa bosan, kamu bisa sharing dengan meninggalkan komentar di bawah.

1 comment

  1. sebetulnya memang banyak hal yg bisa dilakukan ya selama di rumah utk mengusir rasa bosan itu

    ReplyDelete