Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

 Masa paling menegangkan ketika menjalani tes seleksi penerimaan karyawaan adalah saat wawancara kerja. Banyak orang gagal diterima sebagai karyawan akibat tidak sukse menjalani tes wawancara. Masalah utama biasanya karena mereka tidak menguasai pertanyaan yang diajukan oleh penguji.

Nah, kalau kita pengin sukses menghadapi tes wawancara kerja, ada baiknya kita kuasai jawaban dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan berikut ini.

Tentang Perusahaan

Kita akan ditanyakan mengenai seberapa jauh pengetahuan kita tentang perusahaan. Mungkin kita akan mengira hal ini sebatas basa-basi, tapi sebenarnya tidak.

Ada poin tambah bagi calon karyawan yang mengetahui seluk beluk perusahaan. Pengetahuan ini menunjukkan bahwa calon karyawan tersebut punya minat yang kuat untuk bergabung dengan perusahaan. Bisa juga diartikan sebagai adanya perhatian si calon karyawan terhadap perusahaan.

Motivasi Melamar Kerja

Sering juga dalam tes wawancara kita ditanya mengenai motivasi melamar kerja di perusahaan tersebut. Pertanyaan ini untuk mengukur seberapa kuat keinginan si calon pelamar untuk bergabung di perusahaan.

Meskipun kadang setelah beberapa tahun kerja masih saja ada karyawan yang resign, mengetahui motivasi pelamar kerja bisa memberi gambaran tentang minatnya untuk serius kerja.

Hal yang Bisa Diberikan untuk Perusahaan

Penguji juga akan bertanya mengenai kontribusi pelamar kerja yang nantinya akan diberikan untuk perusahaan. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa loyal si calon karyawan terhadap perusahaan. 

Pertanyaan ini juga untuk mengetahui visi ke depan si pelamar kerja terkait jabatan yang akan ditempati. 

Besaran Gaji yang Diinginkan

Biasanya tim penguji juga akan menanyakan besaran gaji yang kita minta. Ini untuk mengukur kemampuan penggajian perusahaan terhadap permintaan calon karyawan. 

Kadang ketika calon karyawan meminta gaji tinggi, tapi kemampuan memadai, biasanya perusahaan akan mempertimbangkan untuk merekrut. Tetapi bisa juga sebaliknya, meski skill memadai jika calon karyawan meminta gaji di luar kemampuan perusahaan, ya akan sulit untuk diterima.

Itulah beberapa hal yang sering ditanyakan ketika tes wawancara kerja. Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi lowongan kerja bisa akses situs id.jooble.org yang menyediakan inforasi lowongan kerja dari seluruh dunia.

Sekian, semoga bermanfaat dan silakan share artikel ini.

Tidak ada komentar