4 Tempat Makan Legendaris yang Berada di Sekitaran Alun-Alun Bandung

Siapa yang tidak jatuh hati dengan Bandung. Kota metropolitan terbesar di Jawa Barat ini menyuguhkan berbagai pesona wisata. Salah satunya adalah kuliner yang khas dan bercita rasa tinggi. Kuliner yang terkenal di Bandung, sebut saja seblak, mie kocok, dan baru-baru ini yang viral adalah odading atau roti goreng.


Dengan banyaknya jenis kuliner yang ada di Bandung, tidak salah jika wilayah yang mendapat julukan sebagai Kota Kembang ini menyimpan sejumlah destinasi kuliner legendaris. Tempatnya tersebar di berbagai wilayah. Nah, kali ini akan diberikan rekomendasi tempat kuliner legendaris di sekitaran alun-alun Kota Bandung.

1. Rasa Bakery and Cafe

Berlokasi di Jl. Tamblong Dalam, No.15, Braga, tempat nongkrong ini telah ada sejak tahun 1910-an. Jalan kaki dari alun-alun lewat Jl. Tambling atau JL. Asia Afrika hanya 10 menit saja. Awalnya, tempat ini memiliki nama Hazel namun berganti menjadi Rasa Bakery and Cafe pada tahun 1960-an.

Salah satu menu yang cukup populer di sini adalah es krim dengan rasa coconut royale. Selain aneka es krim, di tempat ini juga menyediakan berbagai makanan berat tradisional khas Indonesia seperti halnya soto betawi, sop buntut, garang asem, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Warung Kopi Purnama

Kepopuleran Warung Kopi Purnama sudah tidak perlu diragukan lagi bagi para penikmat kuliner. Tempat makan yang sudah ada sejak tahun 1930 ini kerap kali diliput media nasional. Tidak jarang pula masuk menjadi lokasi pengambilan gambar para food vlogger atau acara kuliner lainnya. Memang tempat ini menyuguhkan kuliner yang enak, tidak salah jika telah bertahan puluhan tahun lamanya.

Menu paling kondang di antara yang lainnya adalah roti selai srikaya homemade yang dipadukan dengan kopi susunya. Menjadikannya hidangan sarapan pagi yang banyak dipilih. Tempatnya bisa dibilang cukup klasik, meski begitu hampir tidak pernah sepi dari pembeli. Alamat tepatnya berada di Jl. Alkateri, No. 22.

3. Bakmi Parahyangan

Telah berdiri sejak 1975, Bakmi Parahyangan ini juga memiliki pelanggan yang terus berdatangan. Bagi kamu yang gemar dengan berbagai olahan mie, tempat ini bisa banget untuk disinggahi. Salah satu hidangan yang paling populer adalah mie yamin dengan cita rasa cenderung manis. Keunikan di tempat ini adalah penggunaan kecap cap anggur yang bikin mie yamin lebih legit namun tidak hilang rasa gurihnya.

Bakmi Parahyangan ini berlokasi di Jl. Dalem Kaum, No. 12, sekitar 5 menit saja dari Alun-Alun Bandung. Untuk menambah kenikmatan, kamu juga bisa pesan es campur atau es teler yang menyegarkan.

4. . Warung Ronde Alkateri

Bandung cenderung memiliki udara yang sejuk. Terlebih lagi, saat masuk musim penghujan, udaranya bisa cukup dingin. Maka dari itulah, suasana dingin paling enak dikombinasikan dengan yang hangat-hangat seperti halnya ronde. Di sekitaran alun-alun ada warung ronde yang sangat legendaris yang berdiri sejak 1984. Namanya adalah Warung Ronde Alkateri, beralamat di Jl. Alkateri No. 01, Braga, dan buka mulai pukul 6 sore hingga malam hari.

Jelajah Bandung memang kurang lengkap jika tidak mencicipi berbagai kulinernya, ya. Nah, bagi yang tertarik traveling ke Bandung, sudah banyak moda transportasi yang bisa dipilih. Salah satunya adalah travel Jackal Holidays. Ini merupakan salah satu penyedia jasa layanan bus dan juga shuttle travel yang populer seantero Bandung.

Kepopuleran dan pelayanan dari Jackal Holidays ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena telah mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan angkutan umum pariwisata terbaik se-Indonesia pada 2010 dan 2012.

Mudahnya lagi, sekarang Jackal Holidays bisa dipesan secara online melalui Traveloka. Kamu bisa cobain travel Jackal Holidays pesan lewat Traveloka sekarang juga untuk bepergian saat ini maupun di kemudian hari.

Lebih asyik lagi karena Traveloka telah meluncurkan Clean Trip yang membuat perjalanan kamu menjadi lebih aman dan nyaman. Saat bepergian nanti, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, ya!


Tidak ada komentar