Mengenal Berbagai Jenis Pekerjaan yang Memakai Work Permit

Mengenal Berbagai Jenis Pekerjaan yang Memakai Work Permit

Work permit merupakan sebuah sistem untuk perijinan kerja yang tertuang dalam tulisan formal dan digunakan sebagai pengontrol pekerjaan tertentu dengan presentase potensi bahaya cukup tinggi. Akan sangat dianjurkan bagi para pekerja yang terjun langsung melawan segala resiko cedera untuk memiliki surat ini. Sementara itu ijin kerja sendiri sangat dibutuhkan keberadaannya dalam beragam macam industri berikut ini.


Macam-Macam Industri yang Wajib Mempunyai Work Permit

1. Penggalian dan kerja di ketinggian

Seperti yang diketahui bahwa tidak ada resiko bahaya yang paling besar selain diperuntukkan bagi pekerja lapangan. Penggalian dan kerja di ketinggian menjadi salah satu industri yang mesti menyediakan work permit bagi para karyawannya, mengingat tingkat resiko bahaya sangatlah signifikan. Untuk penggalian sendiri merupakan pekerjaan yang melibatkan sejumlah pihak seperti departemen yang akan melakukan pemeriksaan dan persetujuan terhadap segala aspek terkait kinerja. Seperti halnya produksi, mesin, komunikasi, dan lain-lain.


Sedangkan kerja di ketinggian merupakan sebuah mata pencaharian yang mengharuskan semua pekerjanya memanjat tingginya lokasi tanpa menggunakan akses tangga atau ledder. Adanya ijin kerja akan sangat membantu semua tenaga kerja yang terlibat untuk lebih mengendalikan resiko bahaya yang bisa saja terjadi kapan pun itu.


2. Hot dan cold work

Hot work permit merupakan ijin kerja yang diperuntukkan bagi orang-orang yang sering berhubungan dengan api, baik menggunakan maupun menciptakan kobaran ataupun percikan. Biasanya industri yang seperti ini memiliki lokasi yang berdampingan dengan bahan-bahan mudah terbakar. Sementara itu untuk cold work mempunyai pengertian keterbalikannya. Contohnya saja pengecatan, hidro test, pekerjaan sipil, dan masih banyak lagi lainnya.


3. Radiography dan listrik

Radiography adalah pekerjaan yang berhubungan dengan sinar radiasi sinar gamma/X. Sedangkan kerja listrik merupakan mata pencaharian yang mengharuskan tenaga kerjanya untuk melakukan perbaikan atau menghidupkan peralatan-peralatan listrik menggunakan alat-alat tertentu. Kedua bidang tersebut juga sangat dinilai memiliki potensi berbahaya dengan skala besar untuk para pekerjanya, sehingga work permit atau ijin kerja keselamatan selalu diterapkan untuk semua orang yang bersangkutan.


4. Ruang terbatas

Tidak hanya pekerjaan yang berada di luar ruangan saja yang membutuhkan surat perijinan kerja. Namun, ada pula kerjaan masuk di ruang terbatas yang nyatanya tak kalah mempunyai kemungkinan besar berbahaya untuk pegawainya. Biasanya surat ini akan turun dengan catatan beberapa standar pekerjaan. Diantaranya adalah minimnya pencahayaan ruang kerja, adanya resiko keterbatasan oksigen, ruangan pernah menjadi lokasi pembuatan bahan-bahan kimia berbahaya, akses untuk keluar masuk yang cukup sulit, dan masih banyak lagi lainnya.


5. Pengangkatan

Mungkin bagi sebagian orang kerja pengangkatan sudah tidak asing lagi untuk di dengar. Namun, untuk jenis industri yang membutuhkan ijin kerja dalam lingkup ini mengharuskan para pegawainya mengangkat beban-beban sebesar 10 ton lebih menggunakan alat besar. Selain itu ada pula pengangkatan jenis material mahal serta lebar yang dikategorikan dalam zona berbahaya. Oleh karenanya surat perijinan sangat diperlukan bagi industri satu ini.


Itulah tadi informasi menarik mengenai beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan adanya work permit sebagai komponen untuk menjamin resiko bahaya kerja. Untuk dapat mengurus surat ini ada sejumlah layanan yang bisa membantu, contohnya saja adalah permitindo.com yang memang sudah sangat terpercaya dan mempunyai tenaga-tenaga handal untuk memberikan kepuasan layanan berkualitas pada setiap customer yang bekerjasama dengannya.