Cuma 1,5 Jutaan! Advan G9 Pro 6/64GB Release Hari Ini

Cuma 1,5 Jutaan! Advan G9 Pro 6/64GB Release Hari Ini

Baru beberapa hari yang lalu saya memposting hp Advan G9 versi reguler, yang merupakan salah satu gaming phone termurah saat ini, karena dibanderol dengan harga sekitar 1,3 jutaan saja. Padahal hp ini membawa spesifikasi memory 4/32GB. Belum habis kekagetan saya tersebut, hari ini Advan kembali memberikan kejutan dengan menghadirkan seri G9 Pro yang dilengkapi RAM 6/64 GB. Lagi-lagi, harganya membuat saya geleng-geleng kepala.

Saat mengulas G9 reguler beberapa hari yang lalu, saya benar-benar dibuat kaget dengan harganya. Betapa tidak, selama ini saya selalu menjumpai smartphone dengan kombinasi RAM dan ROM 4/32 GB yang rata-rata dibanderol dengan harga tidak kurang dari 1,5 jutaan.

Belum habis kekagetan saya itu, hari ini Advan kembali membuat kejutan dengan meluncurkan seri Pro dengan RAM 6/64 GB. Yang membuat saya terkejut adalah harga Advan G9 Pro ini yang tidak kalah murah dibandingkan dengan versi G9 reguler, yakni hanya 1,5 jutaan saja.


Advan G9 Pro 6/64GB

Kalau dibandingkan dengan smartphone dari vendor lain yang sama-sama menawarkan RAM 6GB, harga yang ditawarkan oleh Advan mungkin 40% jauh lebih murah.

Saya jadi tambah penasaran dan pengen tahu seperti apa spesifikasi jeroan dari hp yang saya rasa sangat cocok untuk para gamer ini.

Nah, buat kamu yang sama penasarannya dengan saya, mari kita lihat sama-sama sejauh apa kemampuan kamera, performa hardware, dan baterai G9 versi Pro.

Spesifikasi Advan G9 Pro


Desain


Mari kita mulai dari desainnya terlebih dahulu. Sepintas, tampang hp ini mengingatkan saya pada smartphone sejuta umat yang juga menggunakan water drop notch serta dagu yang sedikit agak lebar di bagian bawah.

Tampangnya memang tidak jauh berbeda dengan smartphone entry level atau mid range. Bezel di kiri dan kanan juga terlihat masih lumayan tebal.

Tapi yang paling penting, hp ini tetap bisa nyaman digenggam dengan satu tangan. Meskipun untuk mengoperasikannya, kita tetap akan kesulitan jika hanya mengandalkan satu tangan. Mengingat ukuran layarnya yang cukup luas.

Bagian bodinya dilapisi dengan plastik polikarbonat yang tetap terlihat mewah meskipun tidak menggunakan kaca.

Di bagian belakang, kita akan menemukan set up 4 kamera dengan 1 LED Flash yang dikemas dalam sebuah bingkai persegi panjang yang berdiri secara vertikal. Letak kamera belakang smartphone ini berada di sisi sebelah kanan. 

Layar



Smartphone Android dengan layar luas cukup diminati karena, dengan display yang lebar, kita bisa melihat detail gambar yang lebih jelas. Terutama saat bermain game, membaca, atau menonton film.

Advan G9 Pro dibekali dengan layar tipe IPS berukuran 6,6 inci dengan resolusi HD+. Yang saya kira, cukup wajar mengingat harganya yang terjangkau.

Harga Advan G9 Pro yang hanya 1,5 jutaan membuat saya tidak bisa komplain apapun soal layar. Sebaliknya, layar lebar yang ditawarkan Advan (menurut saya) sudah sangat tepat. Apalagi jika smartphone ini ditujukan untuk para gamer yang ingin memainkan game dengan nyaman dan leluasa.

Hardware


Sekarang saatnya kita masuk sedikit agak ke dalam untuk menggali sejauh mana performa smartphone ini apabila diajak untuk seru-seruan bermain game atau multitasking.

Telah saya sebutkan bahwa G9 Pro dilengkapi dengan RAM 6GB dan memori internal 64GB. Sebuah kombinasi yang sangat menarik menurut saya.

Tapi, RAM besar saja tidak cukup untuk mendongkrak performa hp apabila tidak didukung prosesor yang kencang dan grafis yang memadai.

Untungnya, Advan G9 Pro telah dilengkapi prosesor Octa Core dengan kombinasi speed 1.6 GHz + 1.2 GHz. Saya percaya, kecepatan prosesor yang ditawarkan--meskipun tidak istimewa namun cukup memuaskan untuk hp sekelasnya. Mengingat, harganya yang juga relatif sangat terjangkau. 

Kamera


Kamera Advan seri G9 Pro sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan versi reguler. Kamera utamanya mengandalkan sensor Sony berukuran 16 MP.

Disamping kamera utama tersebut, terdapat 3 kamera sekunder yang masing-masing berfungsi untuk mengambil foto portrait dengan latar belakang bokeh, pemotretan cerdas yang dilengkapi dengan lensa Ai, dan sebuah kamera yang bertugas untuk menghasilkan beauty effect.

Dengan set up kamera di atas, saya rasa hp Advan ini cocok sekali untuk kegiatan home fotography. Pasalnya, dengan kombinasi kamera tersebut, kita bisa mengambil foto sederhana dengan hasil yang terlihat lebih indah dan menarik.

Sayangnya, tidak terdapat wide kamera yang kadang-kadang sangat kita butuhkan untuk mengambil foto atau video dengan sudut pandang yang lebih luas.

Beralih ke bagian depan, G9 Pro dilengkapi dengan kamera berukuran 8 MP yang dapat menghasilkan foto selfie yang menurut saya lumayan bagus untuk hp sekelasnya.

Kamera depan G9 bisa memberikan fokus yang sangat tajam dengan latar belakang blur saat digunakan untuk mengambil foto close up.

Baterai


Bukan sesuatu yang terlalu mengejutkan apabila smartphone modern saat ini dilengkapi dengan baterai berukuran besar. Begitu juga dengan G9 Pro yang dilengkapi baterai berkapasitas 5200 mAh.

Penyematan baterai jumbo ini menurut saya sudah sangat tepat. Apalagi hp ini difokuskan untuk menyasar pengguna yang gemar bermain game, menonton film, atau membaca ebook.

Dengan baterai berukuran 5200mAh, smartphone ini bisa stand by selama 375 jam atau setara dengan 16 hari (kurleb setengah bulan).

Apabila digunakan untuk menonton video resolusi HD terus menerus, baterai sebesar ini tidak akan kesulitan untuk bertahan hingga lebih dari 6 jam. Untuk penggunaan sederhana, saya rasa baterai hp ini juga akan mampu bertahan dari pagi hingga malam. 

Kelengkapan dan fitur


Salah satu kelebihan Advan G9 Pro yang sangat menonjol selain RAM dan memori internalnya yang cukup besar adalah, speakernya yang menggunakan teknologi K Power Amplifier.

Kehadiran teknologi tersebut membuat speaker hp gaming ini terasa semakin sempurna saat digunakan untuk bermain game ataupun menonton video dan mendengarkan musik.

Untuk fitur, Advan telah melengkapi smartphone mereka ini dengan Face ID smart unlock yang bisa membuka kunci pengaman hanya dalam waktu sekitar 1,5 detik saja.

Sistem operasinya sendiri menggunakan Android 10.0 yang didukung konektivitas bluetooth 4.2, double nano SIM card yang dapat terhubung ke jaringan 4G atau LTE, serta jaringan Wi-Fi. Buat kamu yang ingin merasakan serunya bermain game dengan smartphone layar lebar yang ngebut, kamu bisa langsung membeli hp ini di Tokopedia. Dimana, kamu bisa menjumpai official online store Advan yang menyediakan G9 Pro dengan garansi resmi.