Bagaimana Cara Memperbanyak ASI Kembali?

Posting Komentar
Sebagai seorang ibu dengan 2 anak, saya pasti memiliki pengalaman tentang cara memperbanyak asi. Yang memang kebetulan, kedua anak saya juga hanya mengkonsumsi ASI saat awal masa pertumbuhannya. Kita semua tahu, bahwa 6 bulan pertama kehidupan buah hati memerlukan asi eksklusif karena ASI adalah makanan terbaik untu bayi.

cara memperbanyak asi

Namun, bagaimana jika pasca melahirkan ASI bunda tidak lancar bahkan ada yang sampai ASI tidak keluar? Tentu kita sebagai seorang ibu mencari banyak cara untuk mengatasi masalah ini dengan mencari cara memperbanyak ASI secara alami maupun dengan menggunakan suplemen ASI.

Namun sebelum itu, izinkan saya berbagi pengalaman tentang penyebab asi tidak keluar setelah melahirkan  dari beberapa teman yang mengalami masalah ASI ini. Penyebab asi berkurang tiba-tiba inilah yang kadang tidak semua ibu sadari. Padahal, lingkungan dan kondisi kejiwaan sang ibu sangat berpengaruh terhadap kelancaran ASI saat masa menyusui.

Ibu stress bisa mengurangi jumlah ASI


Beberapa waktu lalu saya membicarakan ini kepada adek saya yang baru memiliki anak. Sebagai orang yang lebih dulu memiliki pengalaman tentang ASI, saya menyarankan untuk dia agar menjaga kondisi kejiwaannya. Kebanyakan ibu rumah tangga baru memiiki banyak masalah bahkan sebelum melahirkan. Dari diri sendiri bahkan tuntutan orang lain termasuk kakek nenek sang bayi.

"Jangan sampai kamu ngerasa stres, jadilah ibu yang bahagia meskipun mungkin keuangan tidak sedang baik-baik saja ataupun kondisi didalam rumah sedang tidak kondusif. Makan apapun yang kamu inginkan, dan mintalah bantuan suamimu untuk mewujudkan jiwa bahagiamu"

Saya katakan kembali, kalau stres bisa mengurangi jumlah ASI bahkan ASI bisa gak keluar. Ini saya katakan karena beberapa teman mengalaminya. Jadi.. inilah cara pertama untuk mempertahankan jumlah ASI yang sudah banyak sejak melahirkan.

Cara memperbanyak ASI dengan rajin menyusui


Bukan hanya adek saya saja, beberapa waktu lalu tante saya juga melahirkan dan hanya menyusui anaknya tidak sampai 6 bulan. Saya sedikit heran, mengapa dia tidak menyusui anaknya hingga umur 2 tahun padahal sejak awal ASI yang ia miliki sudah banyak. 

Setelah saya amati kebiasaannya, ternyata tante saya jarang memberikan ASI kepada anaknya, bahkan sang ibu juga jarang sekali saya lihat makan makanan yang memperbanyak asi. Jangankan makan makanan tersebut, untuk memenuhi gizinya sendiri saja sepertinya kurang. Bukan karena ia nggak punya uang nih ya.. namun karena kebiasaan jarang makan yang ia miliki. Padahal, saat asi sudah berkurang, cara memperbanyak asi kembali bukanlah hal yang mudah, perlu usaha lebih bahkan biaya lebih untuk melakukannya.

Nah dari sini saya menyimpulkan, semakin sering kita memberikan ASI kepada anak, maka semakin banyak juga jumlah asi yang akan keluar. Begitulah juga cara saya mempertahankan asi untuk kedua anak saya. 

Memperbanyak ASI dengan Makanan Pelancar ASI


Ada banyak sekali makanan pelancar asi yang bisa kita dapatkan dengan mudah dan gak perlu biaya yang mahal. Dan saya pikir, inilah cara memperbanyak asi secara alami yang bisa semua ibu lakukan, diantaranya adalah

Menjaga pola makan


Sebenarnya, sudah sejak masa kehamilan, sebagai seorang calon ibu, kita harus menjaga pola makan dengan makanan yang sehat. Bukan hanya asi saja yang lancar, tapi kesehatan dan tumbuh kembang bayi juga bisa maksimal. Setidaknya, makan 3 kali sehari dengan mengkonsumsi gizi seimbang akan memperbanyak jumlah asi dan mempertahannya tetap lancar.

Beberapa makanan untuk menambah dan memperbanyak asi diantaranya adalah sayur-sayuran hijau seperti bayam, daun kelor, brokoli, daun katuk, dan sayuran hijau lainnya. Selain itu, ibu juga bisa menggunakan lauk seperti ayam, daging, telur dan juga kacang-kacangan yang dipercaya bisa menambah dan memperbanyak ASI. Oh ya... jangan lupa juga untuk mengkonsumsi tahu dan tempe ya bund.. 

Memperbanyak ASI dengan mengkonsumsi suplemen penambah ASI


Suplemen penambah asi adalah salah satu cara diantara cara-cara memperbanyak asi yang paling mudah dilakukan seperti makan makanan penjunjang ASI. Mengkonsumsi suplemen penambah asi seperti herba Asimor bisa membuat jumlah ASI tetap terjaga bahkan bisa lebih banyak. Dengan kombinasi dua herbal pelancar asi yaitu daun katuk dan daun torbangun, yang secara turun temurun dipercaya dapat membantu melancarkan produksi ASI.

Semoga artikel tentang cara untuk memperbanyak asi ini bisa bermanfaat untuk bunda yang sedang galau dengan masalah asi-nya ya...


Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar