Penyebab Jerawat pada Orang Dewasa dan Cara Ampuh Mengatasinya

Posting Komentar

Dulu, ketika saya masih remaja saya sering dengar dari teman-teman yang bilang, kalau kita sudah dewasa atau sudah menikah, kita nggak akan jerawatan lagi.

Tapi nyatanya, pernyataan yang saya dengar tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena sekarang, ketika usia saya sudah menikah dan memasuki kepala 3 sekalipun, sesekali saya masih mengalami jerawat di wajah.


Hal ini membuat saya bertanya-tanya, kenapa sih orang dewasa masih bisa jerawatan?

Dulu, waktu masih remaja, saya juga menyangka bahwa jerawat yang saya alami hanya disebabkan karena hormon pubertas.

Setelah mencari tahu sana-sini, ternyata penyebab jerawat pada orang dewasa relatif banyak. Tapi yang jelas, bukan karena makan coklat atau makan makanan berminyak.

Penyebab jerawat pada pria dan wanita dewasa sedikit berbeda. Jika pada pria faktornya kurang lebih sama seperti jerawat pada remaja, tapi pada wanita penyebabnya ternyata lebih kompleks.

Beberapa penyebab jerawat pada orang dewasa terutama pada wanita diantaranya adalah:

  • Karena faktor hormon, seperti hormon estrogen dan progesteron yang fluktuatif. Jerawat akibat hormon pada wanita juga disebabkan oleh hormon kehamilan dan menopause
  • Kalau kamu pakai pil KB atau Pakai IUD, kemungkinan besar pil KB serta IUD juga bisa menyebabkan jerawat. Tidak selalu muncul ketika kita menggunakannya, jerawat bisa saja muncul beberapa bulan setelah menggunakan atau menghentikan penggunaannya
  • Stres adalah faktor lain yang menyebabkan orang dewasa bisa berjerawat. Karena stres juga bisa mempengaruhi tingkat hormon di tubuh kita. Secara khusus, stres akan meningkatkan jumlah hormon androgen serta merangsang kelenjar minyak serta folikel rambut yang berkontribusi terhadap jerawat
  • Skincare. Meskipun pada dasarnya semua jenis skin care aman digunakan. Karena di dalamnya terkandung sari tetumbuhan, namun ada beberapa diantaranya yang dibuat untuk jenis kulit tertentu. Dan, penggunaan produk secara berlebihan juga berpotensi menyebabkan pori-pori tersumbat atau ada juga produk yang merangsang produksi minyak berlebihan sehingga menyebabkan jerawat. Seperti tabir surya atau pelembab contohnya
  • Faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan jerawat pada wanita adalah, kondisi medis seperti Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS), faktor genetik, dan penggunaan obat-obatan karena beberapa jenis obat ada yang memberikan efek samping dengan memunculkan jerawat seperti obat inhaler steroid, obat pengendali kehamilan (pil KB), serta testosteron

Nah, kalau kamu sudah merasa cukup dewasa tapi masih juga mengalami jerawat, kamu nggak perlu heran. Karena berbagai faktor yang telah saya sebutkan di atas (mungkin) adalah penyebabnya.

1. Atasi Jerawat dengan N'PURE CICA Acne Spot

Saya sudah beberapa kali mengulas (review) produk N'PURE, karena ini adalah salah satu produk yang saya rasa cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit saya yang merupakan kulit kombinasi.

Buat teman-teman yang belum tahu, kulit kombinasi itu adalah kulit wajah yang di beberapa area cukup kering atau cenderung normal tapi di beberapa area yang lainnya terkadang berminyak.

Meski tidak sering berjerawat, sekali waktu di wajah saya juga muncul jerawat. Seperti yang baru-baru ini saya alami, di mana jerawat tiba-tiba muncul.

Meskipun tidak menyebabkan rasa percaya diri saya menurun, tapi adanya jerawat di wajah membuat saya sedikit banyak jadi agak kurang nyaman. Karena setiap kali menggerakan wajah, mimik saya akan sedikit aneh karena menahan rasa nyeri.

Untungnya, di rumah saya sudah ada N'PURE CICA Acne Spot. Ini adalah salah satu produk dari N'PURE yang diformulasikan secara khusus untuk menenangkan dan mengatasi jerawat serta membersihkan pori-pori dari kotoran.

Produk ini sendiri dilengkapi dengan bahan-bahan seperti:

  • Natural Centella Asiatica Extract
  • Granactive Acne Peptide
  • Oryza Sativa (Rice) Bran Extract
  • Boswellia Serrata Resin Extract
  • Honey Extract
  • Zinc PCA
  • Niacinamide
  • Calamine
  • Salicylic Acid, dan
  • Sulfur

Bahan-bahan seperti Granactive Acne Peptide, Oryza Sativa (Rice) Bran Extract, Boswellia Serrata Resin Extract, Honey Extract berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat tanpa bikin kulit iritasi.

Sedangkan Salicylic Acid dan Sulfur memiliki beberapa fungsi seperti merawat jerawat dan memberikan efek yang menenangkan serta membantu mengurangi kemerahan pada kulit yang berjerawat.

Ketika saya pakai, saya langsung merasakan sensasi adem di kulit yang berjerawat. Dengan beberapa kali pemakaian, jerawat tidak lagi mengganggu dan perlahan menghilang.

Wadah N'PURE Cica Acne Spot dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan kita menerapkan produk ini langsung ke jerawat di wajah.

Untuk kemasan 20 gram seperti yang saya miliki, bentuk fisiknya relatif mungil, sehingga mudah diselipkan di tas dan gampang dibawa kemana-mana.

Kemasan produk ini juga dilengkapi dengan tutup berbentuk ulir yang transparan. Jika tutupnya dibuka, kita akan menjumpai moncong botol yang tidak terlalu besar. Pas banget untuk mengeluarkan isi Cica Acne Spot yang dapat langsung diaplikasikan ke jerawat.

Dengan moncong berbentuk pipa ini kita tak perlu lagi menyentuh jerawat untuk mengobatinya. Jadi, kalau kita mengalami jerawat akibat bakteri, akan lebih aman kalau diobati langsung tanpa disentuh.

BTW, produk ini sudah dilengkapi dengan label Halal, mengantongi sertifikasi BPOM, sudah diuji secara dermatologi, bebas paraben, bebas sulfate, tidak mengandung mineral oil, alkohol, silikon, EU Allergen, dan juga bebas Fragrance.

Karena menggunakan bahan-bahan yang aman dan cukup minimalis maka, produk ini bisa juga digunakan oleh busui (ibu menyusui).

2. Hilangkan Bekas Jerawat N'PURE Cica Dark Spot

Dulu sebelum menggunakan produk N'PURE Cica Acne Spot untuk mengatasi jerawat di wajah, saya masih sering terpancing untuk memencet jerawat.

Meskipun kebiasaan ini saya tahu nggak baik, tapi saya tetap saja melakukannya. Akibat kebiasaan buruk tersebut, di wajah saya banyak dark spot atau flek hitam bekas jerawat.

Sungguh menyesal, karena flek hitam bekas jerawat atau bekas luka tidak mudah hilang begitu saja.

Untuk menghilangkan bekas luka jerawat, saya mencoba menggunakan N'PURE Cica Dark Spot yang memang diformulasikan untuk menyamarkan bekas jerawat.

Produk ini sendiri dilengkapi dengan Natural Centella Asiatica Leaf Water, Ferulic Acid, 10% Stabilized Vitamin C, dan Vitamin E. Bahan-bahan tersebut secara khusus bisa membantu meminimalisir noda hitam di wajah atau bekas luka jerawat.

Jadi, bisa dibilang, antara Cica Dark Spot dan Cica Acne Spot adalah kombinasi dua produk yang pas banget buat dimiliki oleh siapapun yang merasa sering berjerawat dan ingin mukanya bebas jerawat, mulus, dan terlihat lebih cerah.

Sama seperti Cica Acne Spot, Cica Dark Spot juga telah mengantongi label Halal, lolos BPOM, teruji secara dermatologi, serta bebas paraben, mineral oil, sulfate, alkohol, silikon, EU Allergen, dan Fragrance.

Kalau kalian penasaran dan pengen tahu lebih jauh mengenai kedua produk ini, jangan ragu untuk mengunjungi official sosial media N'Pure @npureofficial. Atau, kalian juga bisa meninggalkan pertanyaan dan tanggapan di kolom komentar di bawah seputar produk N'PURE.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar