Mengenal Flu Tulang dan Cara Mengatasinya

Posting Komentar

 Pernahkah Anda mendengar tentang flu tulang?

 Apa itu flu tulang ? flu tulang adalah salah satu istilah yang sebenarnya tidak ada di dunia medis. Hanya saja disebut flu tulang adalah sebuah kondisi ketika sendi-sendi kita terasa sangat nyeri. 

Bahkan ada beberapa orang yang menyebut flu tulang disebabkan oleh virus chikungunya yaitu suatu virus yang didapatkan melalui gigitan nyamuk.

Penyebab nyeri tulang

Sebelum melanjutkan pembahasan berikutnya, ada baiknya anda mengenal beberapa penyebab nyeri pada tulang.

 Seperti anggota tubuh yang lain tulang memerlukan asupan mineral dan vitamin termasuk kalsium dan vitamin D. Tulang yang kekurangan mineral ditandai dengan nyeri otot dan jaringan, gangguan tidur, kram, serta sering merasa kelelahan.

Selain itu, Cedera yang dialami saat terjadi kecelakaan, terjatuh atau beberapa bentuk trauma lainnya pada umumnya menyebabkan nyeri tulang. Gejala yang bisa terlihat adalah pembengkakan di area tulang yang cedera.

Dari 2 sebab ini, dilansir dari website anlene.com, flu tulang memiliki beberapa gejala diantaranya adalah sendi membengkak, demam tinggi, tubuh terasa lelah, demam hingga 40 derajat. 

Bagaimana Cara Mengatasi Flu Tulang

Menjaga kesehatan tulang adalah salah satu ikhtiar kita sebagai makhluk hidup. Dengan tulang yang sehat kita dapat melakukan apapun tanpa hambatan dan rasa tidak nyaman.

 Meskipun menjadi bagian tubuh yang tidak terlihat kadang kala nyeri di tulang menjadi penyebab kurang maksimalnya saat melakukan kegiatan sehari-hari.

Untuk mengatasi atau mengurangi sakit karena flu tulang, anda bisa melakukan hal-hal seperti berikut.

  • Istirahat yang cukup
  • Minum asupan nutrisi yang bergizi
  • Memenuhi kebutuhan mineral agar tubuh terhidrasi dengan baik
  • Menggunakan obat pereda nyeri seperti paracetamol.
  • Serta sebisa mungkin menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan pakaian yang tertutup atau sebisa mungkin menghindari memakai pakaian yang berwarna gelap.
  • Dan yang terakhir adalah banyak beristirahat dengan mengurangi kegiatan berat yang memungkinkan bertambahnya nyeri pada tulang. 
Selain itu, pastikan juga untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang ya.. Semoga membantu.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

Posting Komentar