Keuntungan Menggunakan Hosting Berbayar

15 komentar

Lebih dari 10 tahun yang lalu. Saya mengenal blog sebagai media untuk berekspresi. Pada awalnya, saya hanya menggunakannya untuk menulis unek-unek. Lama-kelamaan, semakin banyak keuntungan memiliki blog yang saya tahu. Misalnya, kita bisa menggunakannya untuk sharing pengalaman, cari sahabat yang sama-sama suka nulis apa membaca atau punya hobi sama, bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis, bisnis afiliasi, bisa digunakan untuk membangun personal branding, hingga bisa juga menghasilkan uang.

Karena itu, blog yang tadinya hanya saya gunakan untuk curhat atau menyalurkan uneg-uneg, perlahan mulai saya bangun dan kembangkan. Hingga saat ini, blog menjadi salah satu sumber penghasilan saya.

Ketika membangun blog, ada banyak hal yang saya lakukan. Misalnya, mengedit template atau membeli jika belum bisa. Tujuannya, agar blog terlihat lebih menarik. Saya juga masih sering blogwalking untuk mencari pengalaman baru dan juga teman serta untuk meningkatkan traffic dan membeli hosting agar,

  • Lebih leluasa ngoprek blog
  • Lebih leluasa melakukan optimasi SEO, dan
  • Agar lebih mudah menginstal berbagai macam plugin yang saya butuhkan

Di samping 3 manfaat tersebut, sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh kalau kita membeli hosting atau menggunakan hosting yang berbayar. 

Keuntungan Menggunakan Hosting Berbayar

Dulu ketika masih jadi bloger pemula. Saya sering membanding-bandingkan blog gratisan yang saya buat dengan beberapa blog yang saya kunjungi saat blogwalking.

Dari sekian blog yang saya kunjungi, beberapa diantaranya terlihat sangat unik dan tampak profesional.

Seiring waktu, rasa penasaran saya terjawab. Ternyata, berbagai blog yang saya kunjungi, yang terlihat berbeda dari blog-blog gratisan tersebut, rata-rata menggunakan hostingan sendiri. Atau dengan kata lain, mereka menggunakan hosting berbayar.

Pada dasarnya, ada banyak manfaat menempatkan blog atau website di hosting berbayar seperti DomaiNesia jika dibandingkan dengan hosting gratisan yang disediakan oleh blogger atau worpress.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah keuntungan jika kita menggunakan hosting berbayar.

1. Nama domain akan lebih pendek dan profesional

Salah satu keuntungan paling signifikan yang akan kita dapatkan jika menempatkan blog di hosting berbayar adalah, nama domain-nya bisa kita perpendek. Atau, bisa disesuaikan dengan keinginan selaman nama domain tersebut belum digunakan oleh orang lain.

Contohnya, ketika kita menggunakan hosting dari blogger atau wordpress yang gratisan, blog atau website kita akan memiliki domain dengan nama "blogku.blogspot.com" atau "blogku.wordpress.com."

Jika menggunakan hosting berbayar, kemungkinan besar domain atau nama blog kita bisa dipersingkat menjadi, "blogku.com" saja. Domain atau pilihan URL yang lebih singkat akan membuat web blog kita terlihat lebih profesional dan lebih mudah diingat serta lebih mudah diketik.

2. Peringkat yang lebih baik di mesin pencarian

Peringkat di mesin pencarian sangat penting. Pasalnya, sebagus apapun tulisan kita atau seberapapun besarnya manfaat konten yang kita publish. Tidak akan berarti apa-apa jika sulit ditemukan oleh orang yang mencarinya melalui mesin pencarian seperti Google, Bing, Yandex, Yahoo, dan berbagai mesin pencari yang lainnya.

Dengan mengandalkan hosting mandiri, mengoptimalkan SEO terkesan lebih mudah. Karena, kita bisa dengan gampang menyesuaikan judul (meta), mengubah permalink, menambahkan tag, menambahkan kata kunci (keywords) tertentu, menggunakan berbagai macam plugin, dsb.

3. Bisa punya alamat email pribadi

Saat ini, sebagian besar kita memang sangat bergantung pada penyedia email gratisan seperti Google dengan gmail-nya atau Yahoo dengan Yahoo-Mail-nya.

Sama seperti domain, menggunakan email gratisan meskipun sudah jamak, tetapi tetap saja terlihat kurang profesional.

Bandingkan, jika kita menggunakan email gratisan, email kita akan terlihat seperti ini, "namaku@gmail.com." Bandingkan jika kita menggunakan hosting berbayar, di mana kita bisa memiliki email dengan alamat yang terlihat lebih profesional seperti, "namaku.blogku.com."

4. Lebih leluasa dalam mengontrol web

Ini adalah keuntungan yang paling esensial menurut saya. Dengan keleluasaan yang kita peroleh untuk mengontrol website atau blog. Kita bisa melakukan apapun yang kita mau. Sehingga, desain blog kita tidak akan terlihat pasaran, kita bisa menjalankan situs sesuai dengan kebutuhan, dan lain sebagainya.

5. Plugin

Ada banyak plugin blog yang umumnya tidak tersedia jika kita menggunakan hosting gratisan. Sebaliknya, apabila menggunakan hosting berbayar, kita bisa dengan mudah menginstal berbagai macam plug in untuk membuat tombol social media sharing, sliding banner, animasi, dan berbagai hal menarik lainnya yang akan membuat website kita tampil berbeda.

Disamping itu, hosting berbayar juga biasanya menyediakan kemudahan bagi kita untuk mengakses ratusan pelatihan yang bisa membantu meningkatkan keamanan situs atau membuatnya menjadi lebih SEO friendly.

6. Lebih mudah di Index oleh search engine seperti Google

Tidak dipungkiri apabila Google adalah salah satu mesin pencari yang paling populer di dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan Google untuk mencari informasi dari website, blog, atau berbagai platform lainnya termasuk YouTube.

Mempublish postingan terbaru di blog yang ditempatkan pada hosting berbayar berarti membuat sebuah halaman (page) baru.

Kehadiran halaman baru tersebut adalah tanda bagi mesin pencarian seperti Google yang mengindikasikan bahwa situs Ada hal baru di situs kita.

Sehingga, mesin pencarian seperti Google akan segera mengindeks artikel baru tersebut untuk ditampilkan di mesin pencarian.

Keuntungannya, hal ini akan meningkatkan peluang artikel atau postingan yang baru kita publish tersebut muncul di mesin pencarian seperti Google. Dampaknya, ini bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke blog, bisa meningkatkan peringkat blog, dan bisa meningkatkan blog dari sisi marketing.

7. Ruang penyimpanan yang lebih banyak

Bukan rahasia apabila penyedia web hosting gratisan memberikan ruang penyimpanan yang terbatas. Keterbatasan ini kerap kali menyulitkan kita saat ingin mengupload video atau gambar-gambar dengan pixel yang tinggi.

Disamping itu, jika kita aktif mengunggah konten yang berisi gambar maupun video setiap hari, tentu akan semakin banyak ruang yang dibutuhkan.

Dengan menggunakan layanan hosting berbayar, kita bisa memilih berbagai paket penyimpanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Blog tidak hanya bisa kita gunakan untuk menulis unek-unek atau mengekspresikan diri dalam bentuk tulisan dan cerita. Tapi, lebih dari itu, blog juga bisa digunakan untuk sharing pengalaman, menghasilkan uang, membangun personal branding, memperkenalkan merek, sebagai alat pemasaran (marketing), dan lain sebagainya.

Di era modern ini, membuat sebuah blog atau website sudah semakin mudah. Website terkenal seperti DomaiNesia juga menyediakan tutorial cara membuat blog paling mudah. Bagi seorang pemula, satu artikel tutorial bikin blog dari DomaiNesia tersebut rasanya sudah lebih dari cukup jika ingin membangun blog pribadi atau blog profesional sekalipun.

Setelah belajar dan sudah mulai bikin blog, kita bahkan bisa langsung memasang hosting di DomaiNesia yang menyediakan berbagai pilihan paket, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau kamu penasaran dan ingin tahu paket apa saja yang tersedia, kamu bisa cari hosting DomaiNesia yang sesuai dengan kebutuhanmu, yaitu dengan mengklik link yang telah saya cantumkan tadi.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

15 komentar

  1. Banyak kelebihannya ya kalau memakai domain. Asik sih, blog jadi dilirik brands dan perokeh job. Alhamdulillah.

    BalasHapus
  2. Iya ya benar punya self hosting itu leluasa banget mau ngoprek blognya. Kendali ada di kita secara penuh dan sekarang udah ada banyak banget penyedia hosting bagus-bagus, termasuk Domainesia.

    BalasHapus
  3. Blog bagi saya seperti buku diary, berisi tentang suka duka perjalanan saya bersama keluarga.
    Baru satu tahun memiliki blog ternyata seruu memudahkan teman2 saya terutama kalau tanya2 tentang traveling. Alhamdulillah begitu membuat blog langsung pakai domain berbayar (gusti yeni)

    BalasHapus
  4. Kalau saya masih pake hosting gratisan meski domainnya berbayar, sementara cukup buat saya, entah kalo suatu hari nanti, hehe

    BalasHapus
  5. Aku nggak rajin nguprek blog tapi memang beneran sih lebih enak pakai yang hosting berbayar karena bisa pakai domain. Dan sekarang banyak job yang minta blog dengan domain dibanding yang biasa juga kan ya. Jadi peluang job semakin besar.

    BalasHapus
  6. Kalau mau ngeblog beneran emang sebaiknya pilih-pilih banget soal hosting ya. Jangan sampai yang suka trouble. Berabe ntar kalau pas ngejob atau ngelomba, eh blognya gangguan. Dimainesia ini kebetulan aku belum pernah pakai. Semoga bener-bener bisa memfasilitasi kebutuhan teman-teman blogger akan hosting yang andal.

    BalasHapus
  7. Memiliki blog dengan hosting berbayar memang lebih enak ya mbak
    Selain terlihat lebih profesional juga bisa mudah dioptimasi

    BalasHapus
  8. Whoaaa para blogger kudu paham nihh. Benefit yg didapatkan banyaakkk
    Jadinya kudu pakai hosting b'bayar yg mumpuni ya Mak.

    BalasHapus
  9. Blog dengan hosting berbayar punya nilai lebih ya mbak. Keuntungannya lebih banyak. Semoga cuan terus lewat blognya ya mbak :D

    BalasHapus
  10. Dulu nulis unek-unek apa sih hihihi, dri unekunek jadi asyik2 ya sekarang karena blog. Aku juga punya alamat emai pribadi sampai sekarang, dulu sih buat gaya-gayaan tapi malah keterusan deh. Hosting bernayar memang banyak manfaatnya dibanding hosting gratisan ya

    BalasHapus
  11. Aku pake domain Domainesia juga tapi belum pake hostingnya nih. Masih numpang di blogspot wkwwk. Ga tau deh masih nyantai aja ngeblognya.

    BalasHapus
  12. Penting banget memiliki domain yang berbayar.
    Karena selain bisa dilirik sama klien, juga bisa mengeksplorasi lebih banyak mengenai blog. Bener banget, kudu di web hosting yang terpercaya seperti DomaiNesia.

    BalasHapus
  13. Berbayar memang lebih banyak keuntungannya ya Mba. Semoga berkah dan bermanfaat, klien juga lebih tertarik yang berbayar biasanya

    BalasHapus
  14. setujuuu, hosting berbayar emang banyak keunggulannya ya maaaak.. tapi tetep jangan lupa nabungin buat bayar hostingnya tiap tahun.. hihihihii. Makanya kalo inget mesti bayar hosting, langsung semangat nulis.. hihihii

    BalasHapus
  15. Iya kalau sudah domain berbayar url lebih singkat dan mudah diingat ya jadi bisa nyantol di otak pembaca dan bisa balik lagi untuk kunjungan berikutnya

    BalasHapus

Posting Komentar