Keunggulan Interior All New Avanza

Posting Komentar

Meskipun banyak pelanggan yang masih sulit move on dari Avanza lama yang menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD) ke Avanza baru yang menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD). Tapi buat saya, ini adalah keunggulan tersendiri dan sebuah keniscayaan yang cepat atau lambat pasti akan diterapkan. Karena kita tahu, sistem penggerak roda depan jauh lebih efisien dan hemat BBM serta punya banyak keunggulan.

interior All New Avanza 2022

Sebagai seorang auto enthusiast "ala-ala" yang lumayan getol mengikuti perkembangan mobil-mobil di dalam negeri, saya merasa kehadiran All New Avanza 2022 ibarat oase bagi penggemar otomotif dan merk Toyota pada khususnya.

Perubahan besar-besaran, baik dari sisi eksterior maupun interior-nya benar-benar membuat level design serta fitur All New Avanza ini berada satu tingkat di atas semua pendahulunya.

Perubahan total yang terjadi pada All New Avanza sudah terlihat jelas di bagian eksterior-nya yang bisa kita saksikan melalui foto-foto di situs Auto2000 ataupun maupun foto-foto yang di-upload warganet di sosial media serta blog.

Karena itulah, saya justru jadi lebih penasaran dengan interiornya. Dan bertanya-tanya, apakah ubahan pada bagian interior juga bakal se-ekstrim ubahan pada eksteriornya?

Keunggulan Interior All New Avanza

Perubahan-perubahan pada interior All New Avanza sebenarnya sudah bisa kita rasakan sejak melihat handle pintunya di bagian eksterior yang tidak lagi menyediakan lubang kunci.

Dari sini, kita sudah bisa menebak kalau mobil ini pasti mengusung teknologi keyless dan pasti menggunakan start/stop button.

teknologi keyless start/stop button

Selain ubahan tersebut, berikut adalah berbagai keunggulan Interior all new Avanza.

1. Pengaturan Spion Kini Ada di Door Trim (Panel Pintu)

Keunggulan Interior All New Avanza

Jika pada varian Avanza sebelum, pengaturan spion diletakkan di depan dengkul kanan. Kini, tombol untuk mengatur spion tersebut dialihkan ke bagian panel pintu.

Jadi, selain tombol-tombol yang biasa kita temukan seperti tombol Auto up/down untuk kaca jendela, tombol window lock, serta tombol untuk menaikkan dan menurunkan kaca jendela penumpang, kita juga akan menemukan tombol untuk mengatur spion.

2. High Ajuster Seat

Seperti yang kita tahu, Driver seat Toyota Avanza 2020 facelift hanya menyediakan fitur sliding dan reclining, untuk melipat sandaran dan memajukan atau memundurkan jok pengemudi.

Di All New Avanza 2022, selain kedua fitur tersebut, sekarang sudah ada fitur high adjustment yang bisa digunakan untuk mengatur tinggi/rendah jok pengemudi.

Keberadaan fitur ini membuat pengalaman duduk di balik kemudi Avanza terbaru ini benar-benar jauh lebih menyenangkan.

3. Speedometer Baru yang Lebih Elegan

Tampilan speedometer All New Avanza

Tampilan speedometer All New Avanza terlihat jauh lebih fresh dan full color. Kehadiran animasi saat kita baru menyalakan mesin pada speedometer mampu menciptakan kesan yang lebih modern dan elegan. Animasi pada bagian speedometer terasa lebih hidup berkat kehadiran layar MID full color di bagian tengah.

Selain bisa menampilkan animasi, layar MID di bagian tengah speedometer ini juga bisa digunakan untuk mengatur berbagai fungsi. Seperti, mengatur suara lampu sein yang tersedia dalam 3 pilihan, mengatur fungsi Toyota Safety Sense (TSS), dan lain sebagainya.

Berbagai fungsi pada speedometer baru ini bisa diatur langsung dari tombol-tombol yang sudah dibenamkan di bagian setir, yang akan saya bahas lebih detail pada poin di bawah ini.

4. Setir Model Fortuner dan Fitur Tilt serta Telescopic

Setir Fortuner Avanza baru

Setir pada Avanza baru ini identik dengan desain stir Fortuner. Di sebelah kanan setir terdapat tombol-tombol yang bisa digunakan untuk mengatur audio pada head unit yang kini berukuran 9 inch pada type G. Dan, tombol untuk mengatur menu-menu pada speedometer. Sedangkan di sebelah kiri, hanya terdapat 1 buah tombol, yaitu tombol untuk mengatur TRIP meter.

Selain tampil lebih elegan, feel berkendara dengan setir baru ini juga jauh lebih menyenangkan, karena tinggi/rendah maupun panjang/pendeknya bisa diatur berkat kehadiran teknologi tilt dan telescopic.

5. Pengaturan AC Digital

Pengaturan AC Digital

Kesan modern juga begitu terasa pada bagian pengaturan AC. Dimana, saat ini, All New Avanza mengadopsi pengaturan AC digital yang bisa digunakan untuk mengatur temperatur maupun kecepatan kipas.

6. Jok Bisa dilipat Sejajar Lantai dan Direbahkan Ala Sofa

Jok Sofa All New Avanza

Keunggulan interior All New Avanza ini menurut saya sangat unik. Karena jarang-jarang ada mobil MPV yang joknya bisa direbahkan 180 derajat untuk membentuk sofa bed yang bisa digunakan untuk rebahan.

Kemudian, karena kini sudah menggunakan penggerak roda depan, maka lantai kabin di kursi baris kedua dan ketiga jadi lebih lega. Kondisi tersebut memungkinkan kita untuk melipat jok baris ke-3 dan ke-2 sejajar lantai untuk menciptakan ruang bagasi yang lebih luas.

Entertainment All New Avanza 2022

Kenyamanan pada kursi baris kedua dan ketiga juga terasa lebih baik karena headroom dan legroom yang lebih luas. Khusus untuk kursi baris kedua, selain bisa rebahkan juga bisa di maju-mundurkan (sliding) untuk mendapatkan ruang kaki yang lebih lega bagi penumpang di baris bagian tengah maupun belakang.

Pada jok baris kedua, pembagian joknya kini 60:40. Dimana jok bagian tengah, selain bisa berfungsi sebagai jok biasa, juga bisa difungsikan sebagai armrest jika kebetulan penumpang hanya 1 atau 2 orang saja.

7. Transmisi CVT

Transmisi pada All New Avanza 2022 menggunakan teknologi CVT yang menyediakan direct gear serta menyediakan mode manual dan mode sport jika pengemudi menginginkan semburan mesin yang lebih responsif pada pilihan transmisi automatic.

Harga OTR ALL NEW AVANZA

Saat artikel ini saya tulis, harga All New Avanza 2022 di Auto2000.co.id ditawarkan mulai Rp. 219.100.000. Sedikit lebih murah dibandingkan harga aslinya yang berada pada angka Rp. 233.100.000.

Karena itu, kalau kalian berniat untuk membeli All New Avanza, kalian bisa langsung membeli lewat website Auto2000. Pasalnya, website Auto2000 kini sudah beralih fungsi menjadi e-commerce yang menyediakan jasa jual-beli mobil Toyota baru maupun second di samping menjual suku cadang dan aksesoris asli Toyota.

Selain bisa dapat harga lebih murah, beli mobil online di Auto2000 Digiroom juga lebih menyenangkan. Karena, banyak promo menarik yang bisa dimanfaatkan untuk berhemat dan meringankan beban pembayaran.

Kesimpulan

All New Avanza 2022 menawarkan perubahan total pada eksterior dan interiornya. Selain perubahan desain yang membuat mobil MPV ini terlihat lebih sporty dan elegan. Perubahan-perubahan yang dihadirkan juga dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang.

Sejumlah keunggulan interior All New Avanza bisa dilihat pada setirnya yang kini serupa dengan setir Pajero dan mengusung teknologi tilt serta telescopic, transmisi CVT, seat pengemudi yang bisa diatur ketinggiannya, jok penumpang yang bisa direbahkan 180° untuk membentuk sofa bed hingga ke baris ketiga, pengaturan AC model digital, tombol Start/Stop, hingga tampilan speedometer yang jauh lebih elegan dengan fungsi yang lebih lengkap.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar