7 Gejala Baterai Mobil Mulai Soak

Posting Komentar

Untuk para pekerja, pebisnis, atau bahkan ibu rumah tangga, mobil city car dan juga jenis mobil hatchback sudah jadi bagian dari rutinitas keseharian. Dari yang berangkat kantor, mengantar anak sekolah, hingga mengurus usaha, kedua jenis mobil tersebut menjadi preferensi utama dikarenakan ukuran kabinnya yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Nah, bayangkan jika saat memulai rutinitas pagi, mobil tidak menyala saat di-starter. Rencana untuk sehari penuh dapat buyar dan terhambat. Umumnya, kesulitan mobil untuk menyala berhubungan dengan keadaan aki atau baterai mobil yang sudah mulai bermasalah. 

Agar terhindar dari situasi tersebut, pastikan untuk memahami ciri-ciri baterai mobil yang mulai soak. Berikut adalah 7 gejala baterai mobil mulai soak yang perlu diketahui:

Starter mobil memakan waktu lebih lama dari biasanya

Untuk keadaan baterai mobil yang normal, mesin mobil akan langsung menyala begitu di-starter. Apabila telah di-starter beberapa kali, mesin baru menyala, ini menjadi salah satu tanda aki mulai soak. Bisa karena kekurangan air aki atau memang kondisinya yang sudah tidak optimal.

Tegangan listrik yang melemah

Kondisi aki atau baterai mobil yang kurang prima akan menyebabkan pengaliran listrik ke seluruh komponen akan melemah. Hal ini bisa diperiksa dengan menggunakan load tester atau cranking. Jika tegangan listrik di bawah angka 10 volt, maka bisa dipastikan ada masalah pada baterai mobil.

Bunyi klakson mulai tidak nyaring

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika aliran listrik ke komponen mobil lainnya tidak maksimal, maka kinerja mobil secara keseluruhan akan berkurang. Ciri-ciri baterai mobil melemah dapat langsung terdengar saat bunyi klakson tidak senyaring biasanya. 

Lampu mobil meredup

Ciri baterai mobil mulai melemah juga dapat dilihat dari meredupnya lampu mobil. Hal ini dapat membahayakan tidak hanya pengendara, namun juga pengemudi kendaraan lainnya saat jalanan gelap dan membutuhkan pencahayaan.

Bau aki yang menyengat

Jika tercium dengan kuat bau khas aki mobil saat mesin menyala, kemungkinan besar aki atau baterai mobil sudah melemah atau rusak. Saat mesin mobil dibuka, kondisi dalam aki akan terlihat seperti layaknya air mendidih.

Aki terlihat menggendut, pecah, atau bocor

Kondisi fisik baterai mobil juga dapat mengindikasikan kerusakan pada aki. Misalnya seperti menggendut, ada keretakan pada badan aki, atau juga terlihat adanya air yang mengalir keluar karena kebocoran. Aki atau baterai mobil perlu segera diganti.

Lampu indikator menyala

Gejala baterai mobil mulai soak atau bermasalah yang paling mudah dilihat adalah ketika lampu indikator aki di dashboard menyala. Tentu hal ini tidak melulu karena kerusakan pada baterai mobil, kabel yang longgar pun dapat menyebabkan lampu indikator ini menyala. Namun, lampu pasti menyala karena ada kejanggalan pada baterai mobil. Sebaiknya jangan diabaikan ketika hal ini terjadi.

Penanganan setiap jenis mobil, baik mobil hatchback maupun mobil city car tentu akan berbeda. Jika Anda mendapati ciri-ciri baterai mobil bermasalah di atas, jangan ragu untuk segera memeriksakan aki di bengkel resmi Suzuki terdekat. 

Anda akan mendapatkan pelayanan lengkap dari mekanik handal Suzuki, dengan suku cadang asli dan harga baterai mobil yang sesuai. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Halo Suzuki di 0800-1100-800.



Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar