Service Motor: Ini 8 Bagian yang Wajib Dicek

23 komentar

Servis motor secara rutin menurut saya penting banget. Karena motor yang diservis secara rutin bakal punya performa yang lebih baik. Saya sendiri sudah membuktikannya. Motor Vario 125 yang saya beli tahun 2013 lalu, tarikannya masih lebih enak daripada motor Vario Om dan Bapak saya. Padahal umur sepeda motor mereka 5 tahun lebih muda daripada motor saya.

Ada 8 bagian yang menurut saya wajib diservis kalau kita mau menjaga performa motor dan agar motor jadi awet. Sejumlah bagian tersebut diantaranya adalah, oli mesin, oli gardan dan CVT, filter udara, hingga aki. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai fungsi dan manfaat dari kedelapan bagian motor yang perlu diservis tersebut.

1. Oli Mesin

Mesin pada motor bisa diibaratkan seperti jantung pada manusia, karena mesin lah yang menggerakkan sepeda motor.

Mesin akan mengubah bahan bakar menjadi energi mekanis yang menggerakkan roda dan memungkinkan kendaraan bergerak.

Singkatnya, kinerja mesin yang baik dan efisien serta andal akan menentukan performa sepeda motor, konsumsi bahan bakar, dan kenyamanan pengendara.

Untuk menjaga mesin agar tetap awet dan tetap dalam performa terbaiknya selama bertahun-tahun, mesin harus dirawat secara berkala. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengganti oli mesin.

Pertanyaannya, “Seberapa sering oli mesin motor harus diganti?”

Penggantian oli mesin motor sebaiknya dilakukan sesuai dengan rekomendasi yang tercantum dalam buku panduan atau sesuai jenis oli yang digunakan.

Saya akan contohkan dengan Honda Vario 125 yang saya miliki di rumah. Menurut Buku panduannya, oli mesin harus diganti setiap 2 bulan sekali atau apabila motor sudah menempuh jarak antara 2000 hingga 4000 km.

Selain harus rutin ganti oli, kita juga harus menggunakan oli dengan kualitas yang bagus. Karena kualitas oli yang kita gunakan tidak hanya bisa menentukan performa mesin, tapi juga bisa menjaga mesin dan melindunginya dari kerusakan.

Oli yang bagus juga memungkinkan kita menempuh jarak yang lebih jauh sebelum kemudian mengganti oli. Jika menggunakan oli berkualitas standar, umumnya kita akan disarankan untuk menggantinya setiap 2000 hingga 4000 km. Tapi jika kita menggunakan oli yang berkualitas tinggi, biasanya kita akan disarankan menggantinya setiap 5000 km sekali.

Salah satu contoh oli berkualitas tinggi yang saya maksud adalah oli yang menggunakan teknologi Ester. Oli dengan teknologi Ester dikenal sebagai base oil terbaik untuk oli mesin kendaraan.

Apabila kita menggunakan oli dengan teknologi Ester seperti ini, retailer atau pabrikan otomotif umumnya berani merekomendasikan penggantian oli setiap 5000 km. Itu artinya, penggantian oli ini 2 kali lebih lama dibandingkan dengan oli biasa.

2. Filter Udara

Kalau kita pakai motor matic, komponen kedua yang wajib dikontrol secara rutin adalah filter udara. Filter udara motor matic perlu diganti secara rutin karena, filter berfungsi menyaring udara yang masuk ke mesin.

Jika tidak diganti secara rutin, filter tidak akan berfungsi maksimal dalam mencegah masuknya debu, kotoran, dan partikel lain yang dapat mengganggu aliran udara ke mesin.

Jika tidak diganti secara rutin, filter udara yang tersumbat dapat mengurangi kinerja mesin, mengurangi efisiensi bahan bakar, dan bahkan bisa merusak mesin.

3. Ban

Ada dua hal yang paling penting untuk diperhatikan pada ban motor. Yang pertama adalah tekanan angin, dan yang kedua adalah kondisi fisik ban.

Tekanan ban motor bisa mempengaruhi performa keamanan dan kenyamanan berkendaraan. Tekanan ban yang tepat bisa meningkatkan traksi dan stabilitas serta meminimalkan resiko motor tergelincir atau kehilangan kendali. Bahkan, ban dengan tekanan yang tidak tepat bisa menyebabkan motor boros bahan bakar dan bisa menyebabkan ban lebih cepat aus atau bocor.

Begitu juga dengan kondisi ban. Ban yang sudah mulai gundul harus segera diganti. Ban juga memiliki masa expired sehingga perlu diganti meskipun motifnya masih bagus dan tebal (belum gundul).

4. Kampas Rem

Kita sering melihat motor yang mengalami rem blong. Kasus rem blong tidak hanya disebabkan oleh pengereman yang dilakukan terus-menerus tanpa jeda. Tapi, bisa juga disebabkan karena kampas rem yang sudah terlalu tipis. Kampas rem yang sudah tipis akan menyebabkan rem jadi cepat panas hingga mengalami overheating yang pada akhirnya akan menyebabkan rem kehilangan cengkraman.

Tidak hanya kampas rem belakang, kita juga perlu memeriksa kampas rem depan. Penggantian kampas rem sebaiknya jangan menunggu sampai kampas benar-benar habis. Atau, rem mengeluarkan bunyi seperti bunyi mencicit.

5. Aki motor

Pada motor injeksi, peranan aki sangat vital. Jika aki habis, motor tidak akan bisa dihidupkan meskipun bensinnya masih banyak.

Untuk mencegah agar aki motor tidak mati atau habis ketika di perjalanan, kita harus mengetahui ciri-ciri aki motor yang lemah, agar bisa mengantisipasi atau menggantinya sebelum benar-benar mati.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri aki motor yang lemah dan perlu diganti.

  • Lampu motor redup
  • Bunyi klakson melemah
  • Starter elektrik motor sulit menyala
  • Tarikan motor lemah dan berat

6. Busi

Busi adalah bagian lain dari motor yang wajib dicek saat servis. Untuk untuk penggantian busi, sebaiknya dilakukan secara rutin saat motor sudah mencapai jarak tempuh 8000 km atau kelipatannya.

7. Oli Gardan

Oli gardan memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga performa transmisi atau gear dan bearing. Oli gardan yang tidak pernah diganti biasanya akan menyebabkan munculnya suara bising pada box CVT motor.

Penggantian oli gardan motor sebaiknya dilakukan setelah motor digunakan untuk menempuh jarak antara 8.000 hingga 10.000 km.

8. Tune up (Servis Besar)

Istilah tune up motor jarang kita dengar digunakan oleh mekanik di bengkel-bengkel. Sebagai gantinya, kita akan lebih sering mendengar istilah “servis besar.”

Namun kedua istilah itu sebenarnya sama saja. Servis besar maupun tune up motor merujuk pada servis motor secara menyeluruh yang meliputi:

  • Penggantian oli mesin maupun oli gardan
  • Penggantian komponen seperti klep, dll
  • Pengecekan lampu karburator untuk motor yang menggunakan karburator, pemeriksaan rantai atau van belt (motor matic), rem, dan juga klakson

Ketika melakukan tune up motor, kondisi motor akan diperiksa secara menyeluruh terlebih dahulu oleh mekanik. Terutama pada bagian-bagian yang kamu keluhkan.

Setelah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, mekanik akan menginformasikan atau memberikan saran apabila ada komponen-komponen yang perlu diganti atau diperbaiki. Jadi, jangan khawatir! Mekanik akan melakukan perbaikan atau penggantian sparepart hanya apabila kamu menyetujuinya.

Rekomendasi Bengkel Service Motor yang Bagus dan Murah

Di sekitar kita sudah pasti ada banyak pilihan bengkel atau tempat service motor yang bagus dan murah. Tapi kalau kamu pengen servis motor dengan biaya murah dan hasilnya bagus, saran saya, service aja motormu di Planet Ban.

Tempat service Planet Ban punya motto “service motor rasa mesin baru.” Maksudnya, tempat service ini menawarkan jasa service yang mengutamakan kepuasan pelanggan karena motor service di Planet Ban akan terasa seperti sebuah motor baru.

Selain servis untuk upgrade (meningkatkan) performa serta keawetan motor, fokus utama Planet Ban adalah memberikan pelayanan yang cepat dan efisien serta hemat.

Salah satu keuntungan yang bisa kita dapatkan jika memilih servis motor di Planet Ban adalah, kita bisa menggunakan oli kelas 1 yang bisa meningkatkan performa mesin sekaligus melindungi mesin sehingga lebih awet.

Oli motor matic terbaik seperti yang ditawarkan oleh bengkel Planet Ban akan membuat mesin tidak mudah mengalami overheat (panas), lebih tahan lama, dan membuat tarikan jadi lebih enteng sehingga kita akan lebih nyaman saat berkendara.

Oli yang mereka merekomendasikan juga tidak perlu sering-sering diganti. Karena oli tersebut bisa diganti setiap 4 s/d 6 bulan sekali atau setelah motor menempuh jarak sekitar 5000 km.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan Tempat Lain

Servis motor di Planet Ban menurut saya lebih memuaskan karena totalitas mereka dalam menservis motor patut dianjurkan jempol. Betapa tidak, saat melakukan servis, para mekanik akan memastikan tidak ada sisa pembakaran, debu, ataupun kotoran pada mesin motor.

Tidak mengherankan, mengingat mekanik selalu membersihkan mesin hingga ke bagian-bagian terdalam seperti, kepala silinder, klep mesin, blok CVT, piston, dan throttle body.

Service seperti ini tentu saja tidak mudah kita temukan di bengkel lain. Jasa servis motor yang dilakukan secara total dan menyeluruh seperti inilah yang menjadi andalan Planet Ban, sehingga motor-motor yang diservis di bengkel ini akan terasa seperti baru lagi.

Dengan servis yang lebih menyeluruh, selain bikin tarikan motor jadi lebih enteng, motor juga akan jadi lebih hemat BBM, mesinnya jadi lebih awet, dan emisinya bisa turun hingga 70% lebih.

Perbedaan lain kalau kita service motor di Planet Ban dengan di tempat lain, terletak pada biayanya yang lebih ramah kantong. Kalau kita servis di Planet Ban, biaya service motor injeksi hanya Rp 20.000 saja. Kalau mau servis CVT, kita hanya perlu merogoh kocek Rp 19.500. Untuk service throttle body harga service-nya cuma Rp 20.000. Murah banget kan?

Mulai sekarang, kalau kamu mau servis motor dengan hasil yang lebih memuaskan. Supaya mesin motormu jadi lebih awet, tarikannya lebih enteng, lebih hemat BBM, dan gak bikin kantong jebol, service aja motormu di Planet Ban yang menawarkan pelayanan “service motor rasa baru.”

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

23 komentar

  1. aku malah pahamnya istilah tune up daripada servis besar hihihi, dan servis besar ini perlu banget dilakukan secara berkala supata motor tetap prima

    BalasHapus
  2. Wah, urusan servis motot matic aku biasanya rutin dilakukan setiap bulan. Cek kampas rem, ganti oli gearbox, ban dan lainnya memang jangan sampai terlewatkan. Bisa panjang ntar ke mana2 hihihi. Asyiknya serbis motor di Planet Ban ini montirnya bagus, selalu tanya pelanggan mau diganti priduknya atau ga. Sparepartnya berkulitas baik, harga juga terjangkau.

    BalasHapus
  3. Sama Mba, saya juga punya Vario 125 tahun 2013, masih enak dipakai karena terawat. Memang ya servis untuk jaga performa serta keawetan motor, yang jadi fokus utama Planet Ban bisa jadi pilihan

    BalasHapus
  4. aku ga paham servis motor (dan ga bisa make motor juga). biasanya suami yg rajin servis motor meskipun jarang dipakai. alhamdulillah motornya jadi awet dan kalo dijual banyak yg naksir karena kondisi mesinnya bagus berkat perawatan yg rutin :)

    BalasHapus
  5. Perempuan juga wajib tau ini ya mbak, jadi gak hanya asal tau pakainya saja. Apalagi sekarang juga sudah banyak bengkel yang bagus-bagus untuk service kendaraan bermotor ya.

    BalasHapus
  6. Pokoknya kalau rajin perawatan maka enteng tarikan dan awet . Planet ban bikin semua jadi mudah terutama pengendara motor cewek yang hanya tahu Makai aja tapi minim pengetahuan soal perawatan motor

    BalasHapus
  7. Planet Ban mah langganan suamiku kalau urusan servis motor, alasannya simpel selain dekat rumah bisa beli berbagai aksesoris sekaligus service motor di sini, tapi memang tarif service-nya terjangkau banget.

    BalasHapus
  8. Sejak sering baca edukasi perawatan motor dari planet ban aku tuh jadi makin aware ama motor aku sendiri hahaha dan kabar baiknya juga jadi betah aja ke bengkel, hehehe

    BalasHapus
  9. Kalau servisnya maksimal dan bener-bener dicek secara menyeluruh seperti yang planet ban lakukan, kita jadi seneng ya dan motor juga insyaAllah jadi awet. Servis sebulan sekali efeknya jangka panjang banget.

    BalasHapus
  10. Selama ini, saya taunya tinggal pakai saja. Kalau terasa nggak enak, entah tarikan gasnya, remnya, atau kerasa oleng karena ban kurang angin, tinggal lapor saja pada pak suami. Ternyata ada 8 bagian penting yang wajib di cek ya kalau pas servis.

    BalasHapus
  11. Kalau bingung cari tempat servis motor yang terpercaya, ke planet ban aja ya... Di dekat rumah saya juga ada dua...

    BalasHapus
  12. aku seriiingg ketemu Planet Ban di surabaya

    daann memang banyak yg puas bgt , karena service nya sebaguus itu🤩💪
    keren khanmaen yahhh

    BalasHapus
  13. Wah murah ya biaya servis di Planet Ban?
    Deket rumahku juga ada nih bengkel ini.
    Memang kalau punya kendaraan kudu rajin servisnya jadi kendaraan yang kita miliki bisa awet dan punya usia panjang, gak jarang ngadat pula kalau dipakai. Apalagi yang sering kita pakai beraktivitas sehari2 yaa.

    BalasHapus
  14. hihi aku suka bgt dicengin suami nih kalo soal service motor, karena dia yg selalu ngeh jika tarikan motor udah berasa ngga enak dan waktunya service

    BalasHapus
  15. Kyaaa jadi ingat motorku bulan ini belum kuservice mba heheheh, siap rekomendasinya ah mau coba ah yang hemat kantong.

    BalasHapus
  16. Wah makasih tipsnya yaa kebetulan suami mau servis motor juga karena bermasalah dengan setir. Bisa sekaligus cek 8 bagian di atas. Semoga sih harganya masih affordable. Eh apa ku cari Planet Ban terdekat aja yah.

    BalasHapus
  17. penting banget ya kita melakukan perawatan rutin buat motor biar motornya kondisi oke terus. aku termasuk yang suka lupa nih service motor tapi untungnya suami ngerti motor dikit jadi kalau waktunya ganti oli pasti dibilangin

    BalasHapus
  18. Murah ya biaya servis di Planet Ban. Bengkelnya juga deket rumahku dan cabangnya banyak di mana-mana. Motor harus rajin diservis supaya gak cepet rusak.

    BalasHapus
  19. Kalau service pasti cek filter udara, kampas rem, busi, dan komponen lainnya. Karena, bawa kendaraan itu harus utamakan kesalamatan

    BalasHapus
  20. Servis motor ini sangat penting untuk dilakukan ya mbak
    Saat servis, ada banyak bagian yang perlu di cek ya

    BalasHapus
  21. Udah langganan juga mba di planet ban service nya memuaskan banget kmrin habis ganti oli disana, udah gitu deket dari rumah

    BalasHapus
  22. Biasanya, kalau mau service motor aku request servis besar dan emang benar mekanik akan menginformasikan kondisi motor termasuk komponen yang semisalnya harus diganti. Untuk tempat service motor nggak pernah ganti sejak pertama kali beli motor, tapi boleh dicoba nih rekomendasi bengkel lainnya, thank you, Mak ~

    BalasHapus
  23. Sy pengguna motor tp kurang paham soal motor jd kalau service biasanya minta service lengkap aja. Di dekat rumah juga ada nih Planet Ban

    BalasHapus

Posting Komentar