Ini Dia 4 Tips Mengatasi Anak Malas Makan ala Nikita Willy

36 komentar

Ada kalanya anak akan melewati fase malas makan dan hal ini sangat umum terjadi. Meskipun begitu banyak orang tua yang frustasi dengan kondisi tersebut. Apalagi jika kondisi malas makan tersebut berlangsung cukup lama. 

Memasuki usia 7 bulan ke atas, anak-anak memang cenderung pilih-pilih makanan. Mereka sudah bisa mengenali makanan mana yang disukai dan tidak. Bahkan pada satu waktu bisa saja mereka sama sekali tidak mau makan. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi semacam ini?

Mengatasi Anak Malas Makan ala Nikita Willy

Sebagai seorang ibu, Nikita Willy juga pernah mengalami momen dimana sang anak malas makan. Namun kondisi ini dia hadapi dengan tetap tenang tanpa harus stres atau frustasi. Berikut ada beberapa cara yang dilakukan Nikita saat menghadapi anaknya yang malas makan. 

  1. Tidak Perlu panik

Saat anak tidak mau makan, orang tua sebaiknya tidak perlu panik. Nikita mengatakan bahwa bayi di usia 6-9 bulan memang mengalami perubahan karakter. Bisa saja tiba-tiba mereka tidak mau makan dan hal ini tidak perlu dihadapi secara berlebihan. 

Biasanya Nikita membiarkan anaknya Issa untuk makan sendiri tanpa bantuan. Namun jika Issa mulai malas makan maka Nikita akan turun tangan membantu. Jadi coba saja cara ini, berikan bantuan kepada si kecil untuk makan dengan cara yang menyenangkan dan tetaplah tenang. 

  1. Jangan Langsung Mengganti Menu

Sebenarnya tidak masalah jika ingin mengganti menu makanan untuk si kecil. Namun tidak perlu terburu-buru melakukannya. Orang tua tidak perlu langsung mengubah menu ketika anak menunjukkan reaksi malas makan. 

Terlalu sering mengganti menu justru akan membuat anak menjadi pribadi yang picky eater. Dia akan lebih pilih-pilih makanan dan ini bisa menyusahkan orang tua ke depannya. Sajikan dulu makanan-makanan yang biasa dikonsumsi oleh anak, kemudian jika tidak berhasil cobalah untuk memberi makanan baru. 

  1. Biarkan Anak Duduk saat Makan

Sangat direkomendasikan untuk membiasakan anak duduk ketika makan. Hindari menggendong anak meskipun anak sedang dalam fase susah makan. Cara seperti ini hanya akan membuat anak malas dan semakin tidak mau makan. 

Biarkan anak duduk di tempat makan kemudian berkenalan dengan makanan yang akan ia konsumsi. Jika bosan, pindahkan saja tempat duduk anak ke tempat lain yang jauh lebih menyenangkan. Misalnya saja makan di teras, halaman, dan lain sebagainya. 

  1. Jangan Memaksa

Sebaiknya jangan memaksa anak untuk memasukkan makanan ke mulut saat ia tidak punya nafsu makan. Memaksa anak untuk makan hanya akan membuatnya trauma. Kondisi seperti ini justru membuat anak semakin malas makan di kemudian hari. 

Daripada memaksa, lebih baik orang tua fokus membuat makanan yang lebih kreatif. Nikita Willy pakai Miyako untuk mempersiapkan aneka jenis makanan yang lezat dan kreatif agar Issa lebih bersemangat makan. 

Rice Cooker Miyako yang dipakai Nikita memiliki Panci Nanoal yang berkualitas tinggi dan punya anti lengket 10 kali lebih tahan lama. Adanya Panci Miyako Nanoal pilihan Nikita menjadikannya tidak ragu lagi memasak beragam jenis makanan untuk buah hati menggunakan rice cooker tersebut. Untuk mendapatkan produk ini, kalian bisa beli di miyakoofficial.id - Link in Bio & Creator Tools | Beacons

Miyako Indonesia menghadirkan produk rice cooker berkualitas yang awet untuk digunakan. Lewat rice cooker ini, siapa saja bisa membuat beragam jenis makanan. Tidak hanya dipakai untuk masak nasi, rice cooker ini juga memungkinkan untuk masak telur, membuat agar-agar, dan masih banyak lagi.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

36 komentar

  1. Ibu-ibu masa kini makin keren aja ya masak nasi dan sebagainya pakai rice cooker Miyako. AKu juga kok di rumah pakai Miyako. Tapi belum punya tipe terbaru sih. Mantap nih Nikita Willy bebikinan menu enak supaya anaknya ga malas makan lagi, patut dicontoh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang kayaknya memasak jadi lebih mudah ya. Pakai rice cooker terbaru bisa multi fungsi. Aku jg belum punya mbak . Sama...hehe

      Hapus
  2. Jadi kuncinya emang nggak boleh panik ya kalau anak susah makan tuh, dan jangan di gendong terus diajak jalan keluar rumah dengan bawa sepiring makanan pula.

    BalasHapus
  3. Siapa sih yang ngga pernah melalui fase GTM, yang ad amah emak2 yang stresss. Tapi beneran deh jangan panik dan tentu saja jangan memaksaaa. Kek mba nikita ituhhh. Solusi banget pake Miyako bisa bikin kreasi menu2 yang bikin anak demen makan.

    BalasHapus
  4. Miyako memang merk rice cooker yang sejak dulu kualitasnya engga perlu diragukan lagi ya...

    BalasHapus
  5. Rice cooker zaman sekarang makin canggih dan bagus ya mbak, bukan cuma bisa masak nasih aja ternyata.. enak banget kalau bisa nyoba masak menu baru di rice cooker, jadi penasaran gimana hasilnya heheh...

    BalasHapus
  6. Salut sama Nikita yang kayanya anak mami banget, tapi begitu punya bayi, mashaAllaa~
    Semua dilakukan secara mandiri dari melahirkan hingga kini parentingnya banyak diikuti para mommies di seluruh Indonesia.

    Termasuk gaya hidup sehat menggunakan Rice Cooker Miyako.
    Pilihan tepat, ibu Indonesia yang cermat.

    BalasHapus
  7. Aku senang deh lihat cara si Nikita Willy handle anaknya, apalagi kalau pas lagi malas makan gini ya. Salut juga sama dia dalam membersamai Isa, bisa jadi contoh juga untuk para ibu yang anaknya sama usianya sama Isa. Ternyata dia pakai Miyako juga, salah satu rice cooker kebanggaan ibu-ibu.

    BalasHapus
  8. Anak kalau makan bareng sama orang tua, efeknya tuh jadi lahap. Aku sebisa mungkin gak biarin anak makan sambil pergi jalan-jalan. Kata orang Jawa, kulino. Kalau duduk makan bareng bakalan PR lagi

    BalasHapus
  9. Aaakkk suka bgt akuu sama Nikita Willy. Mommy kece ini Profilnya sejuukk, ngga intimidating sama sekaliii. dan super hepi karena doi mau berbagi tips parenting yg mantab jiwaaaaa

    BalasHapus
  10. Gaya parenting Nikita Willy ini luar biasa sih. Tergolong santai tapi tepat dan ngena. Anak susah makan, ya woles dulu dong, kagak usah panik.

    Dan biasakan anak harus duduk krtika makan/minum.

    BalasHapus
  11. Kalau pakai rice cooker Miyako pasti empuk tuh nasinya
    Kata mamaku yang sekarang pakai di kampung
    Aku juga mau pakai nunggu suami dapat uang dulu

    BalasHapus
  12. Nah iyaa tuh, kadang2 klo pas anak ga mau maem, malah dipaksa2. Yang ada mereka malah jadi trauma dan makin tidak mau makan yaa.. Tipsnya Nikita Willy bisa diterapkan tuh.

    BalasHapus
  13. Dengan Rice Cooker Miyako Nanoal ini, ibu bisa masak beragam jenis masakan kesukaan anak ya

    BalasHapus
  14. Wah tips nya patut dicoba nih.. harus bekal stok sabar jangan lupa kalau mulai anak GTM.. tarik nafas buaaanggg

    BalasHapus
  15. Noted nih tipsnya. Aku dulu kalau anak mulai males makan, langsung panik dan buru2 mengganti menu.

    BalasHapus
  16. Kalau anak mulai GTM, musti kulakan stok yang unlimited, haha. Terimakasih tulisannya, Mak. Tipsnya bisa kupraktekkan.

    BalasHapus
  17. Auuu iya juga ya, barangkali mengubah cara masak nasi bisa mengubah GTM anak juga yaa.. gak kepikiran nih aku. jadi selain stok lauk, stok sabar juga dibanyakin yaaahh buebo.

    BalasHapus
  18. Kalau anak lagi susah makan itu membuat emak panik berujung stres ya, seharusnya lebih santai aja ga perlu panik ya

    BalasHapus
  19. Setuju banget ada kalanya anak nggak mau makan dan itu bikin pusing banget tapi kita harus tetap tenang ya. Aku nggak pernah maksa anak kalau nggak mau makan, tapi tentu cari cara biar dia tetep mau makan terus dengan berkreasi di dapur. Miyako jadi salah satu cara biar nasi tetep enak ya. Aku juga pakai di rumah 🤗

    BalasHapus
  20. Oh My God!! Rice cookernya bisa dipakai buat masak telur, bikin agar-agar? Daebak!
    Anyways, emangnya para jagoan di rumah suka malas makan?

    BalasHapus
  21. Bila anak rewel makan, jangan dipaksa ternyata, perlu tips khusus agar anak bersemangat untuk bersantap,tapi tenang ada Miyako nih

    BalasHapus
  22. Kayaknya aku nggak bakal bisa sesabar itu ngadepin anak malas makan. Eh tapi anakku kebalikan sih, terlalu senang makan sampai gembul banget. Jadinya malah nasinya kusembunyikan wkwkwk

    BalasHapus
  23. Nikita Willy sebagai ikon ibu muda yang memberikan pola pengasuhan yang bisa jadi contoh ya, kreatif juga ternyata rice cooker bisa dijadikan alat masak berbagai menu makanan untuk anak sehingga anak tidak malas makan

    BalasHapus
  24. Susah makan dialami juga ya oleh anaknya Nikita Willy. Tipsnya oke-oke nih. Cuma membuat anak bisa duduk di meja kayaknya akal jadi tantangan terberat. Jarang sih aku lihat anak yang duduk manis saat makan

    BalasHapus
  25. setuju nih, kalau anak lagi malas makan atau GTM sih santai aja, jangan langsung panik mending cari ide buat makanan anak jadi lebih menarik tanpa mengurangi rasa dan nutrisinya dong.
    mungkin anak lagi bosan, kalau disuguhkan dengan makanan yang bentuknya menarik atau teksturnya yang lebih lembut dari biasanya kan bisa jadi anak doyan makan lagi, seperti Nikita Willy yang selalu memasak tuk baby Issa ya :)

    BalasHapus
  26. Biasa itu ... anak sedang bosan dengan menu atau suasananya aja jadi malas makan. Memang ibu perlu sabar kemudian cari cara supaya anak mau makan lagi. Tips di atas cocok dipraktikkan. Btw, rice cookernya Nikita Willy sama dengan punyaku.

    BalasHapus
  27. Menyenangkan punya rice cooker yang bisa diandalkan sehingga urusan dapur rumah tangga beres dan pada lahap makannya

    BalasHapus
  28. Sebagai orang tua meang harus sabar dalam membersama tumbuh kembang anak. Selain sabar juga harus kreatif dalam membuat kreasi menu masakan agar anak semangat untuk makan

    BalasHapus
  29. dari satu alat masak dari miyako ini bisa dikreasikan aneka makanan yaa. mempermudah tugas jdi ibu sekaligus istri.
    termasuk ketika aak malas makan.

    BalasHapus
  30. Wah, terima kasih tips nya mba.
    Hmm Nikita Willy emang Ibu panutan. Maa shaa Allah.

    Mengatasi anak susah makan tak hanya berkreasi membuat menu yang disukai anak tapi juga wajib tepat memilih rice cooker yang memudahkan Ibu memasak. Miyako memang andalan Ibu di rumah.

    BalasHapus
  31. Zaman anak-anakku kecil dulu, kalau mau bikin MPASI selalu kerepotan, karena harus nrithil. Btw, saya setuju kalau ingin anakdoyan makan, nggak usah dipaksa. Apalagi kalau masih bisa kasih ASI atau masih masa ASI, kasih aja yang dia suka selama itu sehat, maka anak akan makan dengan lahap. Dulu anak saya yang pertama suka banget dengan tahu goreng, tapi yang bagian puthnya itu saja yang dimakan. Ya saya kasih, tapi waktu itu masih ASI. Setelah ASI selesai justru makan dia banyak dan nggak pilih2.

    BalasHapus
  32. pola asuh nikita willy dalm menghadapi anak malas makan cakep banget yaa

    BalasHapus
  33. Anak malas makan jadi PR banyak ibu. Ternyata Nikita pun bisa mengalami, ya..
    Tapi memang anak itu fase ketika emosi paling fluktuatif dan masa ketika ia paling eksploratif. jadi memang ganti menu tak selalu jadi solusinya. Bisa jadi si anak sedang marah sehingga apapun tak mau.

    BalasHapus
  34. Untung mommy'a pakai rice cooker dari Miyako ya jadi bisa sat set buat olah bahan makanan apa saja untuk anak yang kureng nafsu makan. Kadang suka gemas kalau keponakanku juga gak mau makan makanan berat, malah lebih suka camilan atau jajan.

    BalasHapus
  35. Rice cooker yang sangat serba bisa

    BalasHapus

Posting Komentar