Pintar dan Kreatif! Yuk Main Ke Planet Saturnus Bersama Paddle Pop Mochi

17 komentar

 Kinza adalah anak yang aktif bermain dimana saja, di ruang terbuka adalah tempat bermain yang paling Kinza sukai karena banyak teman-teman yang bisa ia temui. Namun, saat libur sekolah dan dalam kondisi pandemi seperti sekarang membuat ruang gerak Kinza dibatasi oleh keadaan. 

Bermain ke Planet Mochi

Hal inilah yang membuat anak-anak mudah bosan ketika berada dirumah aja. Kadang, saya juga kehabisan ide bermain dengannya.

Namun, beberapa waktu lalu, ketika Kinza minta izin saya untuk keluar main, saya melihat baju yang digunakan oleh Kinza tentang planet mengingatkan saya dengan acaranya Paddle Pop, Main Yuk!

Ya.. beberapa waktu lalu, saya melihat di Instagram bahwa akan ada Liburan ke Planet Mochi bareng Paddle Pop dan Rumah Dandelion. Saya merasa senang sekali. Karena, akan ada satu permainan pengganti kegiatan main diluar yang akan membuat Kinza juga adeknya Zayn akan merasa senang saat mengikuti acaranya.

Apalagi, acara ini diikuti oleh banyak teman-teman melalui Zoom Meeting yang juga bisa Kinza lihat. Wahh.. pasti sangat menyenangkan.

Hari itu Sabtu, 3 Juli 2021 saya dan Kinza sudah nggak sabar nunggu di depan laptop buat ikutan main bareng temen Paddle Pop yang lain. Meskipun kami tidak mendapatkan set permainan, namun Kinza masih tetap antusias mengikutinya.

“Ummi.. nanti Kinza bikin sendiri aja ya sama Ummi gambar dan TV Kardusnya”

Begitu kata mas Kinza.. Dan saya pun mengiyakan dengan antusias.

Selain kreatif, orang tua juga harus menyisipkan nilai edukasi saat bermain dengan anak. Bukan hanya membuat anak senang, namun juga menambah ilmu pengetahuan mereka dengan cara yang membahagiakan.

Bermain Ke Planet Saturnus

Ditemani oleh Tante Mei dan Tante Tari dari Rumah Dandelion, acara Zoom Meeting sangat menyenangkan. Apalagi saat itu juga ada Abi dan Mama Enno Lerian yang ikut bermain bersama kami. 

Kinza mengikuti acara dengan banyak gerak, gak bisa diam tentu saja. Namun saat Tante Mei memutar video tentang planet Saturnus, Kinza langsung antusias. Katanya.. 

“Ummi.. ternyata planet Saturnus itu meskipun besar nggak berat ya.. Yang cincin itu ternyata terbuat dari Es Batu”

Ah namanya anak-anak, kata-katanya sungguh polos hihi.

Jadi teman-teman, Planet Saturnus adalah planet ke 6 dari Matahari. Planet Saturnus memiliki cincin yang terbentuk dari miliaran partikel es dan batu. Dan ukurannya itu bermacam macam teman-teman. Ada yang sekecil gula bahkan ada yang sebesar rumah. Luar biasa sekali ya..

Berbeda dengan bumi yang hanya butuh 1 tahun untuk mengitari matahari, di Planet Saturnus, untuk mengitari matahari memerlukan waktu 29,5 tahun. Sedangkan periode rotasinya, jika bumi membutuhkan waktu 24 jam, Planet Saturnus memakan waktu hanya 10,6 jam saja.

Dan ini Ummi juga baru tahu lho.. Selain anak-anak, Liburan Bareng Paddle Pop ke Planet Mochi ternyata juga menambah wawasan Ummi tentang tata surya. 

Setelah bercerita tentang Planet Saturnus yang bikin mas Kinza juga kayak nggak percaya karena dari pagi ke pagi lagi cuma butuh 10 jam. Tante Mei dan Tante Tari mengajak teman-teman Paddle Pop semua untuk mulai merakit Cardboard TV yang sudah dikirimkan. 

Karena Mas Kinza nggak kebagian saking banyaknya temen-temen yang mau ikutan main bareng, dan di rumah kebetulan belum ada printer. Akhirnya mas Kinza hari itu hanya menggambar sebuah Roket di buku tulisnya sambil melihat teman-teman yang lain merakit Cardboard mereka. Oh yaa.. Mas Kinza juga antusias banget nunjukin hasil karyanya ke kamera saat Tante Mei ingin melihat hasil karya teman-teman semua.

Praktek Membuat Cardboard TV

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, Mas Kinza kini akhirnya punya kesempatan untuk membuat TV Kardusnya sendiri. MasyaAllah.. Betapa antusiasnya dia ingin menggambar planet, roket dan mewarnainya kemudian menceritakan gambar tersebut.

Bagi temen-temen yang ingin membuat sendiri Cardboard TV sederhana ini, gampang banget lhoo temen-temen. Yuk siapkan bahan-bahannya:

Membuat TV kardus

Untuk link unduhan Workshetnya.. Teman-teman bisa langsung klik (https://bit.ly/PaddlePopMochi) ini ya..  Atau langsung bikin sendiri seperti Kinza, gak kalah menarik kok..

Nah.. ada beberapa manfaat bermain dengan Cardboard TV nih teman-teman yang udah Kinza rasain, diantaranya adalah:

  • Bisa mengembangkan motorik halus anak dengan memasukkan selongsong kedalam lubang-lobang TV-nya
  • Melatih Imajinasi Anak dengan menceritakan gambar yang terlihat di layar televisinya
  • Serta Meningkatkan fokus dan kesabaran anak karena didalam mengerjakan ini anak-anak perlu menempel dan menggunting. 

Dan ini adalah hasil Video yang sudah Ummi bikin saat mas Kinza, Adek Zayn dan Ummi membuat Cardboard TV.

Menghias Es krim Mochi

Ini adalah bagian yang paling ditunggu oleh anak-anak, dan terdengar suara riuh dari temen-temen Zoom saat diminta untuk mengambil Es Krim Paddle Pop yang mereka miliki.

Tak beda dengan mereka semua, Mas Kinza juga ingin menghias dan menikmati Paddle Pop Mochi. Kali ini mas Kinza hanya menambahkan bubuk coklat di sekitar Es Krim Mochi membentuk lingkaran menyerupai Planet Saturnus.

Nggak butuh waktu lama, es Krim pun langsung habis di nikmati oleh anak-anak. Kalau temen-temen ingin berkreasi dengan cara yang lain, boleh banget lho.. Es Krim Mochi juga rasanya enak banget.

Kesimpulan

Bermain dengan anak adalah hal yang menyenangkan. Namun, tidak semua orang tua bisa melakukannya karena waktu yang terbatas. Disaat pandemi seperti sekarang, selain memberikan cemilan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anak seperti Paddle Pop, memanfaatkan teknologi yang ada untuk bermain sekaligus menambah pengetahuan bukanlah hal yang sulit.

Semoga kedepannya, Paddle Pop akan membuat acara-acara seru lainnya agar Kinza dan anak-anak lain bisa ikut bermain dan belajar. Karena selalu ada hal baik saat bermain. Jangan lupa untuk nonton Video Kinza ya...

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

17 komentar

  1. Aku jadi keingetan dulu kepo cincinnya saturnus itu apaan aja. Ga sempet nyari tau sih hehehehe. Tapi baca tulisanmu ini jadi amaze sama macam-macam ukuran partikel cincinnya. Itu kalau bisa kelihat dari deket kayak gimana, ya?

    BalasHapus
  2. Seru banget main ke planet Saturnus, jadi kepo nih ada apa aja ya di planet Saturnus...ajak bocil main juga ah

    BalasHapus
  3. Seru ya mbak, Aisha juga ikutan tapi yang Planet Uranus, ternyata menjelajah luar angkasa bersama Paddle Pop Mochi bikin Aisha jadi suka pelajaran sains terutama tentang planet-planet dan juga untuk mengisi liburan semester lalu biar ngak bete karena belum bisa kemana-mana. Aku juga baru tahu pas ikutan acara ini, ternyata Planet Pluto udah ngak ada...hahaha.

    BalasHapus
  4. Saat pengenalan ttg planet-planet, planet Saturnus yg paling menarik karena ada cincinya, terus ngebayangi tuh cincinya kok gak lepas ya? kalau lepas, apa yg akan terjadi, dan bla..bla...bla...fantasi ala-ala anak imut .

    mau dong Mochi-nya kak Kinza....hehehe

    BalasHapus
  5. planetnya seru pisaaan. Aku jadi ingetnya sama mochie yang enak dan kenyal - kenyaal hehehe. Seruu ya main dengan anak -anak

    BalasHapus
  6. Seru banget lihat Kinza bikin cardboard planet Saturnus. Jadi tahu lebih banyak tentang benda langit dan membuat karya.

    BalasHapus
  7. Jalan jalan ke planet uranusnya seru banget mbak
    ini bisa jadi aktivitas yang menyenangkan ya mbak.
    anak bisa tetap hepi meski bermain di rumah saja

    BalasHapus
  8. Wah kemarin kak Kinza bareng anak saya juga nih main ke saturnus. Seru banget emang acara paddlepop ya mbak, bermanfaat banget buat nambah pengetahuan anak-anak

    BalasHapus
  9. eh aku juga ikutan iniii.. super seru bebikinannya yaaa.. apalagi pas mneghias es mochinya, doyan banget anak-anak makan es krim yang udah dihias sendiriii.. hihihii

    BalasHapus
  10. Wah, seru sekali ya bermain ke planet Saturnus, planet yang bercincin. Kemarin saya n anak saya juga ikutan yang liburan ke planet Uranus. Seneng banget. karena bisa menghias ice cream Mochi juga trus langsung dimakan deh. Ludes dalam sekejap hehe..

    BalasHapus
  11. Selain anak-anak yang bertambah wawasannya, Bunda juga ikut tambah wawasan tentang tata surya, ya. Seru juga bisa main sambil belajar.

    BalasHapus
  12. Aku rindu sekali melihat anak-anak bermain bersama.
    Dengan acara Paddle Pop ke Planet Mochi ini, aku merasakan vibes anak-anak riang berceloteh dan aktif berkarya sesuai dengan imajinasi mereka.

    BalasHapus
  13. Seru banget sih bisa main sama Paddle Pop. Kebayang ngga sih mam, jaman kita dulu pengen main sama Paddle Pop cuma bisa baca di Bobo aja. Sekarang jaman anak kita impian itu bisa tercapai.

    BalasHapus
  14. Nah, ini baru namanya belajar sambil main yang seru, idenya paddle pop emang tokcer Mak, ada ikutan kreatif juga

    BalasHapus
  15. seruuu ke saturnusss aku ke jupiter waktu itu
    seneng anak-anak dapat banyak ilmu tentang planetrt dan tentunya bermain secara dah lama banget ini anak-anak di rumah aja ppkm pas banget bikin mainan ya mak

    BalasHapus
  16. Yihaaa keseruannya bikin hepi menjalar mbak. Anak dan bunda sama sama belajar tata surya nih. Allhamdulilah paddle pop mochi memberikan pengalaman berharga

    BalasHapus
  17. Belajar sambil bermain itu dunia anak, Kinza cara mainnya sangat edukatif dan bisa mengenal dan belajar berbagai planet mars

    #ainhy Edelweiss

    BalasHapus

Posting Komentar