Usahaku Mengempeskan Perut Buncit yang Mengganggu

22 komentar

“Kok perutku makin buncit ya?”

Pertanyaan yang sering saya ajukan pada suami ini sebenarnya lebih ditujukan buat diri sendiri.

Padahal, dulu sebelum nikah perut saya langsing banget. Hik..hik...hik… jadi kangen punya badan langsing.

Dulu, saya bisa langsing, mungkin karena rajin jalan kaki dan nggak makan terlalu banyak.

Tapi sekarang, jangankan waktu untuk jalan kaki, waktu untuk bersantai saja hampir tidak ada.

Ya, begitulah ibu rumah tangga (IRT) yang sekaligus berprofesi sebagai seorang blogger.

Selain harus ngurus rumah, anak dan suami, saya juga harus meluangkan waktu untuk mengurus blog-blog yang menjadi salah satu sumber penghasilan kami.

Ditambah lagi dengan pandemi yang memaksa saya untuk lebih banyak berdiam diri di dalam rumah. Pada akhirnya, rutinitas ini membuat saya tambah jarang punya waktu untuk olahraga, meski hanya sekedar jalan kaki.

Tapi walau bagaimanapun, saya masih bersyukur karena baju-baju yang saya miliki dari semenjak belum menikah, sekarang masih muat meskipun sedikit agak sempit. Itu artinya, badan saya nggak melar-melar amat.

Tapi perut ini! Ah... begitu mengganggu pemandangan.

Setiap kali saya bertanya soal perut yang makin buncit ini kepada suami. Pasti dijawab, “olahraga dong! Peregangan kek paling nggak.”

Meski rasanya berat dan malas untuk memaksa badan bergerak sampai ngos-ngosan, akhirnya saya tetap berusaha untuk mencoba meluangkan waktu buat berolahraga.

Tapi ternyata. Apa yang saya rasakan jauh dari apa yang saya bayangkan.

Nyatanya, melakukan peregangan dan berolahraga setelah sekian lama saya tidak pernah melakukannya, membuat semua organ tubuh saya “serba salah.”

Mulai dari paru-paru yang empas-empis, jantung seperti digedor-gedor, perut mulas, otot sakit, sampai sendi-sendi yang seperti mau copot.

Singkatnya, stamina dan kekuatan saya sudah jauh menurun dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Saya yakin, penyebabnya adalah karena saya terlalu malas untuk berolahraga selama ini.

Mencoba Kratingdaeng Buat Naikin Stamina dan Tambah Tenaga

Saya benar-benar bersyukur punya profesi sebagai seorang blogger. Selain bisa dapat uang dari profesi ini, saya juga bisa dapat banyak tambahan ilmu.

Karena untuk bisa menulis artikel yang bagus dan berbobot, saya dituntut untuk terus membaca setiap hari. Hasilnya, saya jadi tahu apa saja yang harus saya lakukan dan butuhkan pada saat kesulitan. Atau paling tidak, saya tahu di mana harus mencari referensi.

Seperti saat ini misalnya, ketika stamina dan tenaga saya mulai loyo ketika diajak berolahraga, saya tahu apa yang harus saya lakukan agar kembali berstamina dan bertenaga.

Saya langsung teringat pada sebuah artikel di klikdokter.com yang membahas mengenai manfaat kafein dan taurin, yang katanya bisa meningkatkan stamina dan tenaga.

Buat kalian yang masih merasa asing dengan taurin. Saya akan mencoba memberikan sedikit penjelasan agar kalian bisa lebih paham, mengapa saya mengatakan bahwa, saya membutuhkan taurin untuk meningkatkan stamina?

Apa Itu Taurin dan Manfaatnya?

Taurin yang kerap disebut sebagai molekul ajaib (wonder molecule) adalah sejenis kimia yang dikenal dengan sebutan asam amino sulfonat dan memiliki peranan penting dalam tubuh kita.

Tubuh kita sejatinya bisa memproduksi taurin sendiri. Di tubuh kita, taurin ditemukan di otak, jantung, pada trombosit, serta retina.

Meski demikian, ada juga tubuh yang kesulitan memproduksi taurin sehingga perlu diasup dari luar. Misalnya dengan mengkonsumsi suplemen makanan atau makanan-makanan yang mengandung taurin seperti, daging, telur, hingga kerang.

Diantara manfaat taurin adalah,

  • Meningkatkan kinerja atletik
  • Mempertahankan keseimbangan elektrolit di dalam sel
  • Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi
  • Membantu meningkatkan fungsi pencernaan
  • Mengatur mineral seperti kalsium di dalam sel
  • Mendukung fungsi sistem saraf pusat
  • Mengatur kesehatan sistem kekebalan tubuh dan fungsi antioksidan
  • Meningkatkan energi
  • Menjaga kesehatan retina mata
  • Memperbaiki kerusakan sel, dan
  • Mengurangi peradangan di seluruh tubuh

Setelah mengetahui apa itu taurin dan manfaatnya. Sekarang mari kita bahas secara singkat mengenai kafein dan juga manfaatnya.

Mengenal kafein dan manfaatnya?

Kafein, pasti sudah sangat familiar di antara penggemar kopi. Karena memang, kopi merupakan salah satu sumber kafein yang paling populer.

Tapi, tidak banyak yang bisa mendefinisikan apa itu kafein? Dan, apa pula manfaatnya?

Kafein sendiri adalah sejenis stimulan yang bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan konsentrasi, serta fokus kita.

Itulah sebabnya mengapa kalau minum kopi, kita akan jadi lebih waspada, bisa berkonsentrasi lebih lama, bersemangat, dan kreatif dalam berpikir.

Konsumsi taurin dan kafein bisa tingkatkan stamina? Bener nggak sih?

Saya tahu bahwa ada banyak makanan yang menjadi sumber taurin dan kafein. Tapi tentu saja, konsentrasinya tidak terlalu tinggi.

Jadi, alih-alih dapat banyak asupan taurin dan kafein, kita pasti akan keburu kenyang sebelum dapat jumlah taurin dan kafein yang dibutuhkan. Mengingat makanan dan minuman sumber taurin dan kafein ini rata-rata porsinya tidak sedikit.

Padahal, saya sendiri nggak pengen makan terlalu banyak. Yang sudah pasti akan membuat perut saya makin melembung.

Setelah cari info sana-sini, saya menemukan Kratingdaeng Red Bull sebagai salah satu minuman energi yang di dalamnya terkandung taurin dan kafein.

Di keesokan harinya, suami langsung membelikan saya 2 botol dan 2 kaleng Kratingdaeng di minimarket dekat rumah. Katanya sih, untuk membandingkan perbedaan rasa dan efek dari beberapa jenis Kratingdaeng yang dibeli tersebut.

Saya sengaja meminta suami untuk membeli di minimarket karena pengen cepat-cepat membuktikan khasiatnya. Tapi kalau kamu lagi malas keluar atau takut Corona, beli saja di Official Store Kratingdaeng Red Bull yang ada di beberapa toko online terkemuka seperti, Tokopedia, Shopee, Lazada, hingga Blibli. Mereka juga jual kok!

FYI, pada Kratingdaeng Red Bull kemasan botol terkandung 1000 mg taurin. Jumlahnya masih berada dalam batas aman. Menurut beberapa penelitian, jumlah maksimal konsumsi taurin yang dapat ditoleransi dengan dengan baik oleh tubuh sekitar 6000 mg per hari.

Disamping itu, pada sebotol Kratingdaeng Red Bull Juga terkandung kafein yang jumlahnya tidak lebih dari kandungan secangkir kopi. Lalu ada juga vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk mengubah glukosa menjadi energi, serta inositol yang dapat membantu meningkatkan daya pikir.

Apa yang saya rasakan setelah minum Kratingdaeng Red Bull?

Yang jelas ada perbedaan signifikan pada tubuh saat saya “paksa” lagi untuk berolahraga setelah mengkonsumsi minuman energi ini.

Otot-otot di tubuh jadi lebih enak diajak buat latihan, durasi latihan saya meningkat pesat, begitu pula dengan kemampuan berkonsentrasi--yang terasa lebih baik.

Saya sendiri nggak pernah menyangka jika Kratingdaeng Red Bull bisa memberikan pengaruh pada stamina dan energi sebegitu instant.

Namun, mengingat minuman energi ini memang mengandung taurin, kafein, vitamin B kompleks, serta beberapa bahan lainnya seperti inositol, saya pun jadi maklum.

Saran Minum Kratingdaeng Red Bull

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga dengan minuman energi. Meskipun memberikan banyak manfaat, terutama untuk booster stamina dan energi, tapi tetap harus diminum dalam jumlah yang moderat. Saran saya,

  • Jangan minum lebih dari satu atau dua botol per hari
  • Jangan diminum saat melakukan aktivitas berat, tapi minumlah sebelum atau sesudahnya
  • Jangan campur dengan alkohol. Karena kandungan taurin bisa berbahaya apabila dicampur alkohol
  • Pastikan kamu mengkonsumsi minuman berenergi seperti Kratingdaeng Red Bull yang sudah masuk ke dalam regulasi BPOM
  • Selalu pertimbangkan kondisi kesehatan

Kesimpulan

Meski tinggal #DiRumahAja, tapi jangan sampai ruangan yang sempit membuat kita enggan bergerak. Karena jarang bergerak (berolahraga) berpotensi bikin tubuh kita gampang obesitas.

Obesitas sendiri adalah pemicu berbagai penyakit serius seperti, diabetes tipe 2, jantung koroner dan stroke, tekanan darah tinggi, penyakit kandung empedu, hingga osteoartritis (kerusakan tulang rawan dan tulang di dalam sendi).

Kalau merasa lemas karena gampang capek dan kurang stamina serta tenaga, kamu bisa mencoba boost stamina pakai Kratingdaeng Red Bull yang dikenal sebagai salah satu minuman energi terbaik.

Selain bisa meningkatkan energi dan stamina serta konsentrasi karena mengandung taurin dan kafein serta inositol, Kratingdaeng Red Bull juga bisa membantu menjaga kesehatan sistem imun tubuh, meningkatkan kewaspadaan, mengurangi nyeri pada otot ketika berolahraga, melindungi tubuh dari peradangan, dan mencegah inflamasi berlebihan.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

22 komentar

  1. Stamina booster sekarang emang penting banget sih ya.. Biar makin sehat dan fit.. Olahraga, makan makanan bergizi dan cukup istirahat tetap perlu juga diterapkan. Semangat sehat...

    BalasHapus
  2. part ini > Jangan campur dengan alkohol. Karena kandungan taurin bisa berbahaya apabila dicampur alkohol harus banget dipahami ya.. karena bahaya

    BalasHapus
  3. Perut saya nih, mulai membucit lagi huhuhu. Padahal beberapa bulan kemarin sempat rata karena rajin olahraga. Ealah balik lagi, efek mager dan makan asal-asalan (tengah malam pun masih makan, sambilan kerja). Besok besok mesti rutin olahraga lagi nih, plus coba minum Kratingdaeng.. karena gak hanya segar, tapi juga gak mengandung pemanis buatan.

    BalasHapus
  4. Aku memang belum pernah sih mencoba produk Kratingdaeng Red Bull ini :) Tapi setelah membaca ulasan mbak, aku jadi tertarik ingin beli dan mengonsumsinya. Manfaatnya banyak buat kesehatan dan meningkatkan mood dalam melakukan aktivitas kita karena da kandungan taurin dan kafeinnya.

    BalasHapus
  5. mbaa, aku mupeng coba kratingdaeng ini.
    sering lihat di kulkas indomaret
    ternyata banyak banget faedahnya ya

    BalasHapus
  6. ya ampun ,perut buncit tuh memang bikin kezel..ku naik BB seama pandemi, banyakan di perut dan pinggul ini.hiks. Memang mesti konsisten berolahraga dan saat stamina turun bisa minum Kratingdaeng Red Bull saja

    BalasHapus
  7. Ayahku suka minum kratingdaeng kalau habis aktivitas yang berat. Suami juga sesekali minum. Emang katanya bikin tambah berenergi.

    BalasHapus
  8. Asik nih ada minuman yang bisa menambah metabolisme tubuh. Aku mau coba juga. Makasih saran juga ya mba agar tak konsumsi lebih dari satu atu dua botol sehari

    BalasHapus
  9. Ternyata minum kratingdaeng itu jangan sedang melakukan aktivitas berat, ya. Sebaiknya sebelum atau setelahnya

    BalasHapus
  10. Wah kubaru tahu manfaat Krating daeng sedahsyat ini
    tapi ya teteeeeup ya kalo capek ga boleh dipaksaain nanti malah keseleo hahaha

    BalasHapus
  11. Cieee yang kangen, kalo gitu rajinin lagi jalan kaki kak. Kalau deket aku geret deh hihihi. Biar stamina ga turun jangan lupa konsumsi taurin & kafein

    BalasHapus
  12. Manfaat kafein, saya sudah sering mendengar dan membaca infonya, tapi taurin ini pengetahuan baru buat saya.

    Taurin dan kafein dipadukan dalam satu minuman suplemen, pasti bagus nih hasilnya

    BalasHapus
  13. Kratingdaeng Red Bull ini legenda minuman berenergi. Dulu Tetanggaku ada yang suka banget minum ini sampai aku hapal. Minuman berenergi itu oke, tapi kudu tetap mengkonsumsi sesuai cara dan batas ya

    Btw, aku pun kangen perut kempesku yang dulu

    BalasHapus
  14. wah, benaran bisa begitu, aku mau dong nyobainnya ,mana tahu bisa hempaskan perut buncit juga, hahaha

    BalasHapus
  15. Minuman ini tuh identik sama bapak2 mba makanya aku jujur ga pernah mi um ternyata boleh juga dikonsumsi apalagi kandungan taurinnya ya menarik nih

    BalasHapus
  16. Aku dan suami penggemar kopi mba, baru tau kalau kandungan Kratingdaeng ada kafeinnya juga. Ntar aku mau beliin buat suami buat nyobain Kratingdaeng Red Bull ini ah :)

    BalasHapus
  17. Hiyah hiyaah masalah perut membuncit selama pandemi nih kyknya problem tiap org haha, aku jg soalnya :P
    Aku sering lihat produk kratingdaeng red bull ini di minimarket tapi terus terang blm pernah nyobain
    Kyknya enak diminum dingin2 spy nambah energi nih kalau kerja ya walau sementara ini dari rumah mulu kerjanya hehe

    BalasHapus
  18. wahh pas banget aku baca artikel ini
    soalnya aku jug lagi berusaha untuk mengecilkan perut buncitku ini mbak
    minum minuman berenergi seperti kratingdaeng ini bantu semangat berolahraga ya mbak

    BalasHapus
  19. redbull ini aku selalu sedia di kulkas mba hehee, soalnya memang nambah stamina banget buat aku. Sehat bersama yuk, makasih ya mba udah ngingetin nih reminder juga.

    BalasHapus
  20. aku juga mak selalu berusaha biar ga buncit hehehe. kok suami istri jadi sama2 buncit ini hehehehe. makanya olahraga dikit-dikit yang penting rutin. kalau dipikir-pikir, aku ini termasuk yang dulu seneng sama kratingdaeng buat sewaktu2 semisal di perjalanan. cespleng di jalan

    BalasHapus
  21. aku juga selama pandemi ini badanku melar banget mbak sampai baju jadi hampir nggak muat semua. huhu. kemarin nyoba ngegym aduh baru beberapa menit sudah ngos-ngosan. mungkin perlu minum minuman kayak kratingdaeng juga kali ya bisa olahraganya kuat

    BalasHapus
  22. Aku nih mbak badan ga begitu besar tapi perutnya kok ga bisa rata ya hahaha. Butuh olahraga nih. Sudah sebulanan lebih nih aku rutin yoga plus plank juga. Ya Lord itu kalo udah plank berasa kram seharian perutku. Butuh suplement tambahan nih hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar