UMKM Makin Maju dengan Ikut Goll…Aborasi Bisnis Online 2022

12 komentar

Sejak pandemi, kebiasaan berbelanja masyarakat Indonesia mulai berubah. Banyak orang yang memilih untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan berbelanja secara online karena merasa lebih aman, lebih mudah dan tidak perlu melakukan interaksi langsung.

Tidak jauh-jauh, saya sendiri adalah satu dari sekian banyak ibu rumah tangga yang senang berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan saya pribadi dan keluarga.

Bukan hanya membeli barang-barang yang kebutuhan yang sifatnya tidak terlalu mendesak atau tidak tersedia di warung-warung di sekitar tempat tinggal saya. Saya juga kadang membeli barang-barang untuk memenuhi kebutuhan yang khususnya, barang-barang yang selalu dibutuhkan setiap hari seperti sabun mandi, bumbu dapur, alat tulis, hingga deterjen.

Karena adanya orang-orang seperti saya inilah, maka tidak heran jika banyak pelaku usaha dan UMKM yang mulai mengembangkan bisnis mereka secara online. Bahkan, kini semakin banyak individu, mulai dari pelajaran sampai ibu rumah tangga yang mencoba ikutan berjualan online.

Entah itu, untuk menjual barang kebutuhan sehari-hari atau berbagai macam produk yang mereka hasilkan secara handmade.

Apalagi kondisi pandemi yang memaksa orang untuk tetap tinggal di rumah, maka berbelanja online adalah pilihan yang sangat tepat dan paling banyak dipilih.

Dari Offline menjadi Go Digital

Sebagian besar pelaku usaha atau pedagang online yang ada saat ini, pada awalnya tidak terlalu mengerti bagaimana caranya jualan online. Namun, perlahan mereka mulai belajar dan mengerti bagaimana caranya memanfaatkan setiap instrumen yang ada. Baik e-commerce tempat mereka bernaung, ataupun penyedia layanan pengiriman seperti JNE.

Dengan memahami proses jual beli online yang pasti melibatkan jasa pengiriman seperti JNE yang bisa mendukung jalannya usaha agar bisa berkembang bersama, maka kesuksesan akan lebih mudah menghampiri para pelaku usaha tersebut.

Efeknya, ekonomi nasional yang didominasi oleh bisnis UKM ataupun UMKM yang pada awal pandemi menurun karena berkurangnya daya beli masyarakat, kini perlahan namun pasti mulai bergerak kembali dengan adanya kolaborasi ini.

Dan sekarang, berbagai macam kelas-kelas online yang dibuka untuk mengembangkan kemampuan SDM bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional dan global, semakin gencar diberlakukan demi terciptanya masyarakat yang berdaya. 

Goll…Aborasi Bisnis Online 2022

Berbicara tentang kelas-kelas online yang digalakkan untuk mengembangkan kemampuan SDM di dunia digital. Beberapa waktu lalu, JNE mengadakan gelaran webinar online 2022 dengan tema "Goll…Aborasi bisnis online 2022 kota Pasuruan."

Meski acara tersebut secara khusus diadakan untuk pelaku bisnis di Pasuruan, namun pesertanya bisa berasal dari daerah manapun.

Dalam webinar tersebut, JNE menghadirkan dua orang narasumber yang sukses menjalankan bisnisnya dengan memanfaatkan digital. Dua pelaku UMKM tersebut diantaranya adalah Muhammad Taufiqi selaku Co-Founder Kelana Scarves dan Haris Prasetyo selaku Owner Qrani Hijab.

Kedua pelaku UMKM sukses ini banyak berbicara tentang bagaimana mereka memulai perjalanan bisnis online. Menurut Muhammad Taufiqi, memahami sosial media marketing dan juga tren fashion yang ada di masyarakat adalah modal yang sangat penting. Karena, sekarang setiap orang yang tinggal di daerah-daerah memiliki akses langsung untuk mencari apa yang mereka butuhkan melalui media digital.

Sedangkan menurut Haris Prasetyo selaku owner Qrani hijab, memanfaatkan media sosial dan semua marketplace adalah cara terbaik memasarkan produk. Tak heran jika dalam jangka waktu dua bulan saja, Qrani hijab dapat menjual lebih dari 1000 pcs produk mereka.

Kota Pasuruan sendiri adalah kota ke-10 tempat diadakannya webinar JNE Goll..Aborasi Bisnis Online. Beberapa Kota lain yang sudah terlebih dahulu ke bagian diantaranya adalah Cilegon, Semarang, Kendari, Yogyakarta, Pangkalpinang Bandung, Bontang dan Tegal. 

Selain di kota-kota tersebut, masih ada banyak kota-kota di Indonesia yang akan kebagian giliran. Pasalnya, Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Pasuruan, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Jember pada 20 Mei 2022 kemarin.

Jadi, bagi para pelaku usaha di wilayah Jember, Anda wajib bersiap-siap untuk menyambut event ini. Karena ada banyak ilmu dan pengalaman yang akan kita peroleh dari para narasumber yang siap membagikan ilmu dan pengalaman mereka dalam dunia bisnis.

Semoga, dengan adanya serangkaian gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 akan membuat UMKM Indonesia menjadi lebih baik.

Husnul Khotimah
Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Related Posts

12 komentar

  1. Jaman now rasanya jauh lebih mudah berbelanja online ya, Mbak. Banyak juga UMKM yang sudah go online, apalagi dengan peran JNE yang selalu memotivasi seperti Goll...Aborasi ini.

    BalasHapus
  2. Tren belanja online sekarang ini memang semakin meluas, ya. Apalagi sejak ada pandemi. Ini jadi peluang untuk UMKM berkembang. Tapi memang harus tahu ilmunya juga. Acara Goll...Aborasi Bisnis Online ini bagus banget pastinya..

    BalasHapus
  3. wow dengan memanfaatkan digital marketing, dalam jangka waktu dua bulan saja, Qrani hijab dapat menjual lebih dari 1000 produknya. Semoga makin maju ya usahanya.

    BalasHapus
  4. Senangnya kini ada kolaborasi antara JNE dan para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan terutama pasca pandemi ya. Program2 yang sedang dijalankan bagus2 sekali. Semoga berkesinambungan saat nanti hingga sehingga tujuan tercapai. Media sosial, kanal digital tentu sangat diperlukan.

    BalasHapus
  5. Di era digital seperti ini, semuanya harus bisa beradaptasi ya mbak, termasuk UMKM
    Salut dengan yang dilakukan JNE ini
    Membantu UMKM untuk bangkit

    BalasHapus
  6. Sudah nyaman banget kalau kirim-kirim paket pakai JNE.
    Selalu tepat waktu dan bisa diandalkan.
    Dan kini programnya bikin kagum karena menggandeng UMKM daerah untuk berkolaborasi. Semoga geliat perekeonomian Indonesia semakin membaik.

    BalasHapus
  7. Sekarang apa2 memang merambah dunia digital ya, tak terkecuali pemasaran utk bisnis UMKM.
    Wah asyik banget bisa ikutan pelatihan yang diselenggarakan JNE, narasumbernya juga org yang sudah sukses di bidangnya ya mbak.
    Semoga UMKM Indonesia khususnya Jember bisa bangkit lagi.

    BalasHapus
  8. Selamat JNE atas gelaran webinarnya. Semoga hasilnya dapat membuat UMKM Indonesia menjadi lebih baik, seperti harapan banyak orang.

    BalasHapus
  9. JNE niihh terus-terusan ngasih dukungan buat UMKM, tambah bangga jadinyaaa... Semoga perekonomian daerah juga makin terangkat yaa dengan bantuan pelaku usaha besar seperti JNE ini.

    BalasHapus
  10. Makin banyak kota yang teredukasi maka umkm makin bersayap lewat e-commerce dan JNE bantu menyampaikan paket dengan amanah dan aman

    BalasHapus
  11. Semoga ya banyak UMKM yg terbantukan berkat adanya JNE bisa berkembang Dan terkenal setelah mengikuti goll aborasi bisnis online

    BalasHapus
  12. Aamiin, semoga semakin banyak UMKM yang bangkit dan bersemangat lagi setelah melewati era pandemi ini. Yang penting memang kolaborasi ya, jangan jalan sendiri-sendiri.

    BalasHapus

Posting Komentar