Suamiku Tak Pernah Romantis, Tapi...

Suamiku Tak Pernah Romantis, Tapi...

Hujan-hujan gini, emang paling pas itu ya ngomongin cinta dan pasangan hidup. Lama banget saya nggak melebay akut karena jarang galau dan baper. Ya.. begitulah, hidup saya penuh dengan cinta yang membuat saya gak pernah lagi mikir banyak diluar rumah (mulai alay).


Tentu, sebagai wanita saya juga pengen gitu istilahnya dipublikasikan di medsos suami. Tapi apalah, medsosnya aja saya yang pegang haha. Suami emang gak pernah main medsos, palingan nengokin FB miliknya, sesekali dan itu bisa dihitung jari. Kadang juga suami update status FB-nya, itupun hanya sesekali, disaat kepengen dan kalau ada postingan blog baru.



Dibandingkan dengan itu semua, doi gak pernah sekalipun update tentang kehidupan dirumah sama sekali bahkan status aktivitas anak di WA. Apakah saya heran? Ya enggak.. sama sekali nggak heran, karena saya tahu kebiasaanya. Update status aja gak pernah, buka story orang apalagi, kadang-kadang juga. Terus gimana dengan membalas pesan WA yang masuk ke smartphone-nya? Of course jarang banget. Mungkin karena itu jarang banget ada yang nge-WA suami. Palingan hanya kakak, adek (gak semuanya), Ayah itupun nggak sering. Kalau mama, ya.. beliau chat atau telponnya selalu ke saya, karena deketnya sama saya, bukan sama anaknya :D.


Kadang, saya heran banget, ini orang gimana sih, dichat temennya tapi balasnya lamaaaa banget. Grup-grup sekolah juga dianggurin. Dan itulah dia, sejak kami masih temenan di dunia maya juga sukanya gitu. Jarang balesin chat.


Dia tak pernah terlihat Romantis




Kalau ada yang temenan sama suami saya, penampakannya emang gak pernah romantis dan ngegombal di sosmed. Sama sekali gak pernah. Udah sering saya minta foto saya dipajang di sosmednya, tapi ya cuma dapet senyuman aja. Mangkel nggak saya? Iyaa.. dulu, awal-awal nikah pas lagi pengen dipublikasikan. Tapi sekarang, saya biasa aja, malah terkesan cuek bebek.


Sampai saya berterimakasih karena suamiku adalah dia dan sampai saat inipun, tulisan saya tentangnya gak prnah berubah, selalu sama mencintai dengan sederhana dan tak pernah menuntut banyak. Sambil menulis, saya membayangkan bagaimana senyumnya saat membaca artikel ini, kecut pasti.


Memang dia tak seromantis orang lain, tetapi dalam rumah.. Abi-nya anak-anak selalu membuat kami dirumah tertawa.

Memang, dia tau pernah menulis kata-kata yang bikin meleleh, tapi sikapnya sungguh membuat saya dan anak-anak nyaman.

Sabarnya yang luar biasa, keputusan-keputusan tegas yang diambil untuk saya dan anak-anak juga membuat tenang. 


Itulah dia, suamiku yang tak pernah romantis di sosial media seperti mereka, tapi selalu menjaga keluarganya dengan baik. Dan saya akan belajar untuk tetap mengimbangi apa yang Mas inginkan. 

Kutemukan Arti Prinsip Hidup dari Daun Pisang

Kutemukan Arti Prinsip Hidup dari Daun Pisang

"Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya."

(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 88)


Sebagai manusia yang memiliki tujuan hidup untuk selalu berusaha berada di jalan kebaikan, saya adalah orang yang  belajar komitmen dengan sebuah prinsip. Mungkin awalnya saya tidak mengerti banyak tentang ilmu agama islam terutama ilmu Fiqih. Namun seiring berjalannya waktu, Imam saya selalu mengingatkan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan yang ia inginkan.



Mungkin, beberapa orang akan menilai kami sebagai orang yang sok suci, tapi biarlah.. Pertanggung jawaban dihadapan Allah adalah yang terpenting dalam kehidupan ini. Dan dari Imam sayalah saya tahu apa itu sesuatu yang baik dan benar-benar baik.


Daun Pisang


Ada satu moment awal-awal saya menikah dengannya yang benar-benar menyentuh hati dan selalu saya ingat sampai saat ini. Saat itu, kami tinggal di Kalimantan Timur, sebuah kontrakan berdinding papan dan beralas geladak kayu khas rumah orang bugis. Saat itu saya sedang hamil anak pertama yang baru beberapa bulan, saat itu saya kepengen banget makan pepesan ikan pindang.



Tahu sendirilah, di kota susah sekali kita mendapatkan daun pisang kalau gak ke pasar ya kan. Nah.. kebetulan, disamping rumah ada pohon pisang tu ya.. Waktu itu suami sedang pergi bekerja seperti kebanyakan orang kantoran lainnya. Gak kayak sekarang yang kerjanya ya cuma dirumah aja. Karena orang baru, saya coba keluar rumah, yang kebetulan ada tetangga Sasak dan tetangga Bugis sedang  ngobrol disana.


Mbak.. kok gak pernah muncul, betah dirumah aja?" begitu sapanya.

Oh.. iya bu.. saya tersenyum biasa, dan kemudian saya secara tidak langsung bertanya.. 

"Ibu punya pohon pisang? " 

"Buat apa mbak, jawab sang Tetangga Bugis"

"Buat pepes ikan" jawab saya jujur

"Oh itu lo mbak.. ada daun pisang disebelah rumah (kontrakan yang saya tempatin), itu punyanya paman saya, ambil aja, gak papa kok"


Nah disanalah saya ambil kan itu daun pisangnya, namanya orang hamil kalo dah kepengen sesuatu ya harus ada haha. Tentu saja saya mengucapkan terimakasih kan. Oke.. sampai sini gak ada masalah, karena saya "sudah izin" sama orangnya.


Nah.. Masalahnya, pas suami sampe rumah, biasalah.. kita ngobrolin kegiatan pas nggak ketemu tadi ngapain aja. Sampailah di obrolan daun pisang punya pamannya tetangga Bugis kan.


"Dapat daun pisang dari mana dek?"

"Dari sebelah rumah, mas.."

"Udah Izin sama orangnya?"

"Udah, sama ibuk sebelah katanya punya pamannya"

"Udah bilang sama pamannya?"

"Ya belum, kan sama aja" jawab saya sekenanya kan.. emang bener hahhaa

"Lain kali jangan lagi ya.. Adek belum bilang sama orangnya, iya kalau pamannya mengizinkan, kalau nggak, gimana dong?"


Awalnya, saya sakit ati dong digituin, meskipun ngomongnya halus, saya ngerasa tersinggung, ngerasa jadi pencuri. Masak masalah daun pisang aja gak boleh sih, apalagi posisi lagi hamil nih, lagi sensi-sensinya kan. Itu daun pisang lo, nggak dimakan, nggak ikut masuk perut hahaha. Disanalah garis besarnya, bahwa "Segala hal yang akan masuk kedalam perut, harus jelas asal-usulnya. Bukan hanya halal, tapi juga berasal dari hal yang baik" Begitulah kira-kira maksud suami saya yang ingin ia sampaikan kepada istrinya yang masih berusaha ini. Dari sana juga saya mulai mempelajari prinsip hidup yang suami saya inginkan.


Menikah tanpa mengenal satu sama lain memang berbeda rasanya, tahun pertama.. kita jalanin dengan banyak penyesuaian. Saling memahami dan memaklumi satu sama lain. 


Menikah tanpa pernah bertemu untuk saling melihat dan mempelajari kebiasaan dia sehari-hari memang berbeda, butuh lebih banyak kesabaran untuk bisa saling melengkapi. Hingga saat ini, saya sudah tahu lebih banyak dan tahu mengarah kemana kami nanti. Deskripsi rezeki yang kami miliki sama, prinsip hidup, jalan pikiran kami tentang uang sudah sama persis.


Itulah mengapa, kepada pasangan hidup kita harus saling terbuka dan berbagi rahasia sekecil apapun. Kalau bukan dengannya, mau berbagi dengan siapa lagi?


Sebagai Couple Blogger, Bagaimana Prinsip ini diaplikasikan?



Peertanyaan bagus! Kami memutuskan menulis artikel karena tidak ingin menggunakan barang bajakan. Meskipun suami lebih ke desian grafis, karena software-softwarenya pada mahal semua, akhirnya si Mas nggak lagi bikin animasi. Jikapun harus bikin, Mas bikin dengan aplikasi yang gratis ataupun hanya trial. Menulis artikel adalah jalan yang paling aman dan gampang dilakukan oleh kami. Semuanya jelas.


Kemudian, kami sepakat dalam diam untuk tidak menulis tentang Asuransi, Bank, Pinjaman Online, Kredit dan kawan-kawannya yang meragukan. Kami selalu berdiskusi tentang tawaran kerjasama yang masuk, apakah boleh ataukah tidak boleh. Dan itu udah jadi kebiasaan. Kadang saya juga ada perasaan ragu gitu kan, karena bayaran gede saya tanya sama si Mas, bisa gak nih? Tapi dalam hati kecil saya juga udah tau, jawabannya gak bisa haha. Jadiiii..meskipun bayarannya mahal, kami relakan. Awalnya sulit sekali untuk membiasakan hal seperti ini, namun kembali lagi kepada prinsip hidup kami "Kita hidup untuk kehidupan selanjutnya, bukan hanya untuk punya banyak uang dengan cara apapun. Bukan hanya dunia tujuan kita". 


Kalau temen-temen gimana? Semoga kita semua dimudahkan dalam menjalankan kebaikan ya.. ^_^

Tips Sukses Belajar Bareng Anak di Rumah

Tips Sukses Belajar Bareng Anak di Rumah

Mengatur dan menyesuaikan waktu belajar bersama anak sepertinya saat ini paling diperjuangkan oleh semua orang tua yang memiliki anak usia sekolah. Pasalnya, sudah pasti semua sekolah mematuhi peraturan pemerintah dengan menyesuaikan dengan keadaan ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang. Yaitu, kegiatan belajar mengajar hampir tidak ada di sekolah dan berganti tempat dilakukan dirumah masing-masing. 


Saya sendiri memiliki anak yang tengah sekolah di jenjang awal, TK B. Dan sepertinya, moment seperti ini akan benar-benar terasa buat kita semua para orang tua. Seperti seleksi alam, yang sungguh-sungguh belajar ya akan pandai, yang kurang belajarnya atau bahkan tidak sama sekali ya kebalikannya. Bisa dibilang, sekarang semua orang dipaksa untuk bisa homeschooling Asal asalan sendiri.


Nah keadaan ini membuat saya berpikir, bahwa memang benar, pada akhirya pendidikan anak-anak dan bagaimana mereka kelak ya berawal dari rumah. Sekarang, semua orang tua harus bisa meluangkan waktu untuk anak. Tapi ada yang sedikit menggelitik buat saya tentang banyaknya status dan meme yang ada disosial media yang sepertinya banyak orang tua merasa terbebani dengan tugas mereka sesungguhnya, mendidik anak. 


Saya sendiri awal-awal melakukan tugas ini juga agak berantakan, kebiasaan libur karena pandemi Corona membuat saya terlena dan asyik melakukan apa saja tanpa mengenal waktu.  Ada beberapa hal yang saya catat agar belajar dirumah bisa disiplin seperti halnya ketika anak mulai masuk ke sekolah.


Bangun lebih pagi dan memulai kegiatan rumah tangga


Biasanya saya memang sudah terbiasa bangun pagi untuk melaksanakan salat subuh namun saya tidak terbiasa dengan melakukan kegiatan di pagi hari seperti memasak dan mengerjakan kebutuhan lainnya untuk anak-anak. Karena biasa kebiasaan libur membuat saya terlena dan menyepelekan waktu begitu saja. Pada akhirnya, saya sendiri yang merasakan bahwa hal tersebut kurang efektif dan tidak membawa banyak manfaat untuk anak saya.  


Akhirnya saya memutuskan untuk memulai segala sesuatu seperti memasak, membersihkan rumah, mencuci baju sejak pagi hari seperti layaknya Kinza akan masuk sekolah. Begitu selesai saya bisa menemani Kinza untuk belajar, mengerjakan tugasnya yang diambil setiap hari senin. Nah ternyata, bangun lebih pagi memang sangat efektif untuk melakukan segalanya. 


Menyempatkan waktu untuk anak


Saya tahu semua orang tua memiliki pekerjaan yang banyak sekali menyita waktu. Ayah dan Ibu yang bekerja dikantoran pun pasti menyesuaikan waktunya dengan pekerjaan monitoring mereka. Apalagi saya yang hanya sebagai Ibu rumah tangga biasa, yaa.. ib-ibu pasti tahu lah, kalau pekerjaan kita tu 7/24 jam, gak ada abisnya.  Tapi, kabar baiknya.. semua pekerjaan tersebut dilakukan di rumah yang membuat kita dekat dengan anak. Bagi yang biasanya gak pernah dirumah, tentu akan mengatur ulang waktu untuk anak-anak mereka.


Saya sendiri kurang pengalaman sih gimana rasanya gak pernah bareng anak terus tiba-tiba dirumah aja sama mereka. Karena saya dan suami adalah orang yang bekerja di rumah aja, jadi kami memiliki waktu yang lebih dari cukup untuk mengajak anak-anak belajar di rumah. Meskipun tidak diberi tugas dari sekolah, kami sudah terbiasa membaca menulis, dan hafalan. Dan itu membuat kami tidak kesulitan untuk menyempatkan diri meluangkan waktu untuk mengajak anak-anak belajar bersama. Ya.. tentu aja dengan segala keramaian yang mereka ciptakan, kami sudah biasa.


Harus super sabar


Ya benar sekali ibu-ibu...  bapak-bapak semua yang ada disini (kok malah nyanyi sih), kita harus sabar saat ngajarin anak kita apalagi sekarang masanya homeschooling.  Bisa dibilang.. kali ini kita akan lebih tahu dan sadar  bahwa dari rumah lah sikap dan kepandaian anak-anak itu terbentuk bukan dari mana-mana.  Jika biasanya kita mengandalkan ibu guru atau Ustadzah, Ustazd untuk mengajari anak kita, sekarang peran guru mau tidak mau kita yang mengambil alih.  Dan tentu saja kita harus jauh lebih sabar dari biasanya karena bukan hanya keberadaan mereka yang ada di rumah seperti biasanya, ini sekolah dari rumah. 


Memperkuat niat dalam hati, demi mereka


Kita tidak boleh egois dengan terus menerus menyalahkan keadaan saat ini, Corona datang karena kehendak Allah dan menjadi salah satu takdirnya. Dari pada capek mikirin sisi negatifnya, lebih baik kita mensyukuri nilai postif dari adanya wabah ini. Kita, bisa lebih dekat dengan keluarga, lebih mengerti mereka dan tahu bagaimana anak-anak tumbuh. Kita juga dituntut untuk terus menjadi lebih baik agar bisa menjadi teladan untuk anak-anak.


Mengajari anak-anak belajar sebenarnya bukanlah tugas guru disekolah, kitalah sebagai orang tua yang sebenarnya memiliki peran penting dalam hal ini. Dari rumah lah mereka akan terbentuk. Jika kita sudah mulai lelah, perkuat niat kita, perbaiki niat dalam hati, bahwa mereka harus menjadi lebih baik dengan keadaan apapun. Semga apa yang kita jalani sekarang, tercatat sebagai amal jariyah dan akan menjadi kenangan indah untuk mereka. Semangat terus ibu dan bapak :D. Pokoknya... Niat lillahita'ala, insyaAllah jadi pahala untuk kita ya.. Aamiin..


Cuma 1,5 Jutaan! Advan G9 Pro 6/64GB Release Hari Ini

Cuma 1,5 Jutaan! Advan G9 Pro 6/64GB Release Hari Ini

Baru beberapa hari yang lalu saya memposting hp Advan G9 versi reguler, yang merupakan salah satu gaming phone termurah saat ini, karena dibanderol dengan harga sekitar 1,3 jutaan saja. Padahal hp ini membawa spesifikasi memory 4/32GB. Belum habis kekagetan saya tersebut, hari ini Advan kembali memberikan kejutan dengan menghadirkan seri G9 Pro yang dilengkapi RAM 6/64 GB. Lagi-lagi, harganya membuat saya geleng-geleng kepala.

Saat mengulas G9 reguler beberapa hari yang lalu, saya benar-benar dibuat kaget dengan harganya. Betapa tidak, selama ini saya selalu menjumpai smartphone dengan kombinasi RAM dan ROM 4/32 GB yang rata-rata dibanderol dengan harga tidak kurang dari 1,5 jutaan.

Belum habis kekagetan saya itu, hari ini Advan kembali membuat kejutan dengan meluncurkan seri Pro dengan RAM 6/64 GB. Yang membuat saya terkejut adalah harga Advan G9 Pro ini yang tidak kalah murah dibandingkan dengan versi G9 reguler, yakni hanya 1,5 jutaan saja.


Advan G9 Pro 6/64GB

Advan G9 Alternatif Gaming Phone Murah Terbaik

Advan G9 Alternatif Gaming Phone Murah Terbaik

Covid-19 masih menjadi momok bagi setiap orang. Sehingga, tinggal di rumah adalah alternatif terbaik untuk menghindari penularan atau tertular virus Corona. Tapi masalahnya, terus-terusan tinggal di rumah terasa begitu membosankan.



Selain bikin bosan, tinggal di rumah aja bikin kita enggak bisa lagi bebas bersosialisasi atau silaturahmi ke tetangga serta keluarga.
Ikut Marathon Coaching Growthing.id Dapat Apa?

Ikut Marathon Coaching Growthing.id Dapat Apa?

Kemaren, saya sempat menulis caption di Instagram yang isinya tentang banyak hal yang saya dapatkan dari aktivitas ngeblog.  Dari teman-teman yang baik, 2 buku antologi, sampai jodohpun jalannya juga dari blog. Saya selalu bersyukur karena bisa mengenal blog dalam hidup saya. Dengan blog, saya bisa mengenal internet lebih baik dan bisa mendapatkan penghasilan dari sana. Memang sih, keinginan saya sejak masih sendiri itu cuma tinggal dirumah aja, dan tentu saja ada saluran internetnya hehe. 


Saya yang memang punya bakat jadi orang rumahan karena emang sedikit pemalu malu-maluin, jadi blog adalah tempat yang cocok buat nulis segala hal tentang saya dan kehidupan ini. Bahkan, sepertinya masih ada sisa-sisa sikap minder dan jejak kebodohan saya dalam blog ini, mungkin sangat banyak. Jadi.. bisa dibilang itu kayak tempat sampah paling menyenangkan, tempat pembuangan akhir yang indah, tanpa bau busuk, tanpa rasa menjijikkan.


Ada banyak hal menyenangkan selama kurang lebih 11 tahun saya ngeblog. Dari yang nggak ngerti sama sekali kemudian ketemu sama temen blogger melalui blogwalking lalu sempat ikutan nimbrung di forum tempatnya ngumpul para master internet markting Indonesia sampai bisa menimba ilmu dari ahlinya langsung. Memang sih, saya gak pernah ikutan kopdar secara langsung kecuali pas Blogger Nasional dulu yang diadain di Sidoarjo, saya sampai lupa tahunnya. Dan kopdar itupun nggak menyisakan banyak kenangan manis buat saya, yang artinya saya gak dapat apapun haha. Ya karena ngikutnya cuma bentar aja sih, cuma beberapa jam aja sedangkan acaranya 3 hari. Wajar lah..


Tapi yang kemaren dan baru kali ini saya ikutan Marathon Coaching selama 3 hari yang diadain sama BRT Network bener-bener berbeda banget. Saya bisa mendapatkan ilmu baru tentang blog dari orang yang berpengalaman. Apa aja sih?


Cara Menaikan Pageview Blog


Hari pertama, yang dimoderatorin sama mas Ari Getas ini dihadiri oleh sekitar 160 orang dan itu saya lihat bisa bertahan sampai akhir acara. Selain mengomentarin suara mas Ari yang kayak penyiar radio, empuk kayak macaron, tentu aja yang nyampein materi juga gak kalah empuk dong. Materi pertama dari mbak Rini pemilik blog celoteh dini hari yang membahas topik gimana cara kita naikin pageview blog tentu saja.  



Saya setuju dengan penyampaian mbak Rini bahwa ada banyak cara untuk menaikkan Pageview blog kita. Dan point penting yang saya catat adalah memperhatikan artikel yang kita buat baik yang udah lama dan yang akan kita tulis. Meskipun saya sendiri adalah seorang penulis artikel, tapi tetap saja saya harus tetap belajar lagi dan lagi untuk membuat artikel dengan baik dan SEO Friendly. Tapi tetap saja, yang terpenting adalah artikel yang bermanfaat dan artikel yang bisa dibaca dan dimengerti oleh manusia. Secara teknis bagaimana-bagaimananya, saya juga masih belajar dan baru praktek. Semoga kedepan, usaha saya bisa membuahkan hasil.


Hal lain yang juga menjadi catatan saya adalah gimana cara menambah pageview melalui Google analytics dan Googe Search Console. 2 alat ini baru-baru ini saya agak ngerti fungsinya, belum sepenuhnya. Memang benar, saya udah masukin jombloku ke kedua situs ini, tapi ya cuma dimaskin aja, nggak ngerti fungsinya sama sekali haha. Meskipun ngeblog sejak 2009, tetap saja kalau nulis cuma buat curhat doang ya ilmunya banyakan curhat. Tapi MasyaAllah.. meskipun isinya cuma curhat, saya bahagia. Makanya.. saya ingin menularkan kebahagiaan itu dengan belajar SEO, agar lebih banyak yang membaca tulisan saya dan menularkan motivasi kepada yang lain.


Pemateri lainnya ada mas Bahrul Ilmu atau yang sering dipanggil mas Baim. Beliau menyampaikan beberapa bahasan tentang Google Analytics. Yang yaaaa.. saya sejujurnya belum terlalu paham karena baru kali ini saya belajar membaca Google Analytics selain dari pencarian di google. Materi ini yang saya garis bawahin adalah memahami audiens blog kita. 

Cara naikin Pageview blog


Jadi, selama ini tuh saya cuma memahami diri sendiri aja. Ya.. contohnya pas ganti template ini, dulu saya terserah aja mau ganti jam berapa aja, tapi setelah dapet materi dari mas Baim, saya lebih memilih waktu dimana orang pada tidur. Ya gak harus jam malem banget sih sebenernya, tapi karena saya belum tau jam dan kapan aja blog ini rame, atau malah gak pernah rame sama sekali hihi. Jadinya ya saya pilih jalur aman *Cieee.. ada yang mulai perhatian nie sama blognya, :D.


Fotography dan Media Sosial


Di hari ke dua ini, materi akan disampaikan oleh Teh Gilang pemilik gemaulani.com yang berbagi  tentang bagaimana caranya membuat foto yang menarik untuk media sosial kita. Saya, yang biasanya suka cuma asal jepret, jadi sedikit lebih tau kalau ketika kita mau ambil gambar yang bagus ambil foto itu gak harus kamera di depan haha. Kadang, kita juga perlu naruk kamera di atas juga dari bawah objek. Sebenarnya, saya mengharap banyak dari Teh Gilang buat lebih menjelaskan bagaimana kalau udah diaplikasikan ke Instagram gitu. Tapi waktu materi disampaikan, sepertinya cuaca sedang tidak mendukung dan bikin koneksi jelek, jadinya saya ngerasa kurang puas sama penjelasannya.




Untuk pemateri ke dua, ada mas Ilham Sadli yang punya web Blogsadli.com dan juga pemilik akun twitter hits @blogsadli dengan 11K+ Follower ini membagikan gimana caranya mas Ilham bisa bikin followernya begitu banyak.  Mas Ilham yang gak pelit share tentang optimasi sosial media twitter ini membeberkan rahasia gimana bikin twitter kita disukai banyak orang. Jujur sih, ilmu baru buat saya, karena saya make twitter yaa.. cuma buat itu.. ammm.. itu lo, ya itu deh haha.

Kalian tau gak apa rahasianya, yaa.. mirip-mirip kayak mepetin gebetan gitu deh, 


  • SKSD
  • Perhatian
  • Dan Membalas


Tapi.. ada yang lebih oke dari itu, yaitu gimana caranya kita bisa tetep fokus dijalan dan niat yang mau melamar anak orang Eh bukan.. mau ditujukan untuk siapa twitter kita dan bagaimana cara kita menulis setiap twit dan dengan gaya bahasa kayak gimana, itu emang bener-bener harus ditentuin dari awal. Jadi kita tu gak belok kemana-mana, fokus sama tujuan. Saya pikir, cara ini juga bisa diterapkan di Instagram. Bahwa pertama-tama itu kita harus menentukan topik apa dan siapa target kita terlebih dahulu sebelum membuat konten. Kalau gak ada tujuannya, bisa-bisa kita salah sasaran, niatnya mau ngelamar si A, eh yang didatengin rumah si B, bisa gawat kan :D.

Tips menambah follower twitter




Diskusi Santai Tentang Blog dan SEO

Sebenarnya nih ya... saya ngarep banget dari obrolan ini tu saya dapet ilmu baru dari Coach yang terkenal sebagai tukang Kick, Mas Irwin pemilik masirwin.com dan banyak website lainnya. Dan tentu aja dari Mas Pe-We pemilik pe-we.com juga banyak domain lainnya. Tapi namanya obroan santai, jadinya emang beneran yang santai gitu. Gak ada materi seperti yang dikatakan, tapi beberapa blogger beruntung blognya di audit sama master dan dikasih arahan sampai tuntas. Jadi semuanya gak kebagian waktu karena memang ngulik 1 blog itu butuh waktu dan kepusingan tersendiri. Tapi saya sih salutnya, mereka dengan baik dan sabar memberi arahan meski kadang-kadang ya mbanyol juga, bukan kayak belajar :D.


Dimalam terakhir ini pertanyaan saya tentang seberapa banyak maksimal kita bisa nanam backlink setiap hari Alhamdulillah dijawab oleh Mas Pewe, kata beliau, gak ada batasan. Tapi emang gak mungkin kan kita mau nanem backlink sepanjang hari haha.. Baik, saya mengerti. 


Jadi selain melalui Voice, pertanyaan melalui kolom chat juga dijawab dengan sabar. Bukan hanya oleh pemateri aja sih, ada mbak Monic, mbak Amma juga ikut mantengin dan moderatorin. Mungkin ada yang ngerasa gak dapet bagian dan merasa materinya gak nyambung sama blog miliknya, sampai ada beberapa orang yang keluar dari Zoom. Saya sendiri lebih memilih buat stay menunggu pertanyaan temen-temen blogger dijawab, kali aja kan kasusnya sama kayak punya saya.


Cumaaa.. saya itu kepengen gitu ada Coach dari GrowthingID yang ahli di blogspot buat ngajarin blogspot mania, jadi kita terkesan nggak salah kamar gitu karena yang dibahas Wordpress terus. Meskipun saya pernah menggunakan wordpress dulu tapi akhirnya balik lagi karena artikel lebih dari 5K ilang pada jamannya, saya sedikit trauma kalau mau balikan sama Wordpress. Itulah kalo ketemu sama hosting yang gak profesional. Udah bayar, artikel ilang gak ada tanggung jawabnya, nah kan malah curhat to jadinya :D 

Growthing ID


Kalau ada Coaching lagi dari Growthing.ID, mau apa?

Hah.. akhirnya sampai juga dibagian terakhirnya MasyaAllah.. Saya memang udah niat mau nulis tentang Marathon Coaching dari Growthing.id ini pas saya lagi bikin caption di Ig Feed saya. Saya ngerasa nggak cukup karena ruangnya yang sempit, gak ada 300 kata mungkin. Tapi Alhamdulillah.. keinginan saya memang tercapai dengan bonus yang MasyaAllah. Selain ilmu yang saya dapatkan, saya juga dapat 2 doorprize sekaligus.


Entah kenapa, saya udah niatin make smartphone saya buat ikutan Zoom hari ketiga. Karena di laptop sempat ada masalah gak bisa keluar audionya. Tapi namanya takdir mau gimana lagi, ya udah kita emang perlu meng-imani-nya aja kan. Kalau misalnya nih, GrowthingID ngadain lagi webinar kayak kemaren pas menyambut hari blogger, beberapa keinginan saya semoga bisa dijadikan pertimbangan dan sebagai masukan sebagai blogger nyubi kayak saya, yaitu:


  • Ada materi khusus untuk pengguna platform blogger, karena kebanyakan blogger awam yang baru pasti menggunakan blogger sebagai rumah mereka. Ya.. saya tahu, menggunakan platform wordpress memang jauh lebih disarankan karena banyak sekali kelebihannya yang gak blogger miliki. tapi semoga ini bisa dipertimbangkan yaa.. Semoga ada orang baik dari platform ini bisa gabung sama Growhting dan BRT Network.
  • Kemudian yang kedua, kalau ada diskusi santai kayak kemaren, apa nggak sebaiknya waktunya itu dibatasi dan untuk pertanyaan topik yang sekiranya menyita banyak sekali waktu, dijelaskan lebih singkat agar semua kebagian. Peserta yang datang pasti pengen banget jadi blogger yang lebih maju, itu kan buktinya datang, kayak saya yang rela berantem sama anak karena rame terus pas emaknya ikut webinar haha.
  • Yang ketiga, kan media sosial Instagramnya belum ya, boleh dong, mau dong Coach.. ^_^


Kayaknya itu aja sih, saya sendiri sangat berterimakasih dan mengapresiasi acara dan waktu yang diberikan untuk kami. Saya tahu, para Coach dan moderator memiliki waktu yang gak mudah karena pekerjaan mereka yang juga tidak sedikit tapi masih menyempatkan diri dan meluangkan waktunya buat kami. Enggak dibayar, malah kita yang dapat doorprize. Semoga Allah ganti dengan berlipat ganda kebaikan buat yang berkontribusi didalamnya ya. Bukan hanya uang, tapi juga keberkahan hidup dan ilmu yang bermanfaat bisa menjadi amal jariyah. Semoga para Coach ihklas dan ridho akan ilmu yang diberikan untuk kami ya... Berkah untuk kita semua. Menjadikan blogger jauh lebih baik dan bisa menebarkan informasi dengan cara yang muantul hehe. Barokallah semuanya.. Mohon maaf kalau misalnya tulisan saya agak ngelantur gimanaaa gitu :D.

Rekomendasi Obat Untuk Penyembuhan Pasca Operasi

Rekomendasi Obat Untuk Penyembuhan Pasca Operasi

Menjalani operasi tentulah bukan hal yang menyenangkan. Saya sendiri, pernah menjalani operasi saat melahirkan anak kedua karena melintang. Iya sih, pas dioperasi gak ada rasanya karena dibius. Namun, beberapa jam saat operasi telah selesai dan obat bius mulai hilang, rasa sakit, panas dan nyeri amat sangat terasa. Tak heran jika banyak orang yang mencari rekomendasi obat untuk mempercepat penyembuhan masa operasi yang mereka lakukan. 

Obat Pien tze huang asli


Nah, selain obat yang diberikan oleh dokter, tentu saja ada obat lain yang bisa membantu proses penyembuhan ini, salah satunya adalah obat-obatan herbal. Berbicara mengenai obat herbal tentunya bukan hal yang baru lagi, karena jauh sebelum ditemukan alternatif pengobatan secara medis, metode ini sudah ada sejak dahulu kala. Dan kebanyakan, masyarakat masih mengandalkan pengobatan secara alami ini. Ada banyak diantara bahan herbal di tengah-tengah masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengobatan. Dan yang paling terkenal dengan obat-obatan herbal adalah China.

 Mengenal Berbagai Jenis Pekerjaan yang Memakai Work Permit

Mengenal Berbagai Jenis Pekerjaan yang Memakai Work Permit

Work permit merupakan sebuah sistem untuk perijinan kerja yang tertuang dalam tulisan formal dan digunakan sebagai pengontrol pekerjaan tertentu dengan presentase potensi bahaya cukup tinggi. Akan sangat dianjurkan bagi para pekerja yang terjun langsung melawan segala resiko cedera untuk memiliki surat ini. Sementara itu ijin kerja sendiri sangat dibutuhkan keberadaannya dalam beragam macam industri berikut ini.


Macam-Macam Industri yang Wajib Mempunyai Work Permit

1. Penggalian dan kerja di ketinggian

Seperti yang diketahui bahwa tidak ada resiko bahaya yang paling besar selain diperuntukkan bagi pekerja lapangan. Penggalian dan kerja di ketinggian menjadi salah satu industri yang mesti menyediakan work permit bagi para karyawannya, mengingat tingkat resiko bahaya sangatlah signifikan. Untuk penggalian sendiri merupakan pekerjaan yang melibatkan sejumlah pihak seperti departemen yang akan melakukan pemeriksaan dan persetujuan terhadap segala aspek terkait kinerja. Seperti halnya produksi, mesin, komunikasi, dan lain-lain.

   4 Tempat Makan Legendaris yang Berada di Sekitaran Alun-Alun Bandung

4 Tempat Makan Legendaris yang Berada di Sekitaran Alun-Alun Bandung

Siapa yang tidak jatuh hati dengan Bandung. Kota metropolitan terbesar di Jawa Barat ini menyuguhkan berbagai pesona wisata. Salah satunya adalah kuliner yang khas dan bercita rasa tinggi. Kuliner yang terkenal di Bandung, sebut saja seblak, mie kocok, dan baru-baru ini yang viral adalah odading atau roti goreng.


Dengan banyaknya jenis kuliner yang ada di Bandung, tidak salah jika wilayah yang mendapat julukan sebagai Kota Kembang ini menyimpan sejumlah destinasi kuliner legendaris. Tempatnya tersebar di berbagai wilayah. Nah, kali ini akan diberikan rekomendasi tempat kuliner legendaris di sekitaran alun-alun Kota Bandung.

1. Rasa Bakery and Cafe

Berlokasi di Jl. Tamblong Dalam, No.15, Braga, tempat nongkrong ini telah ada sejak tahun 1910-an. Jalan kaki dari alun-alun lewat Jl. Tambling atau JL. Asia Afrika hanya 10 menit saja. Awalnya, tempat ini memiliki nama Hazel namun berganti menjadi Rasa Bakery and Cafe pada tahun 1960-an.

Salah satu menu yang cukup populer di sini adalah es krim dengan rasa coconut royale. Selain aneka es krim, di tempat ini juga menyediakan berbagai makanan berat tradisional khas Indonesia seperti halnya soto betawi, sop buntut, garang asem, dan masih banyak lagi lainnya.
Bloggers, Apa yang Paling Penting dari Sebuah Blog Milikmu?

Bloggers, Apa yang Paling Penting dari Sebuah Blog Milikmu?

Saya adalah seorang blogger yang memilih untuk menulis hal-hal yang mengispirasi untuk saya. Saya tidak bakat menjadi seorang penulis yang menceritakan hal yang lebih serius selain kisah dari pengalaman hidup yang mengandung banyak pelajaran didalamnya. Jiwa mellow yang doyan curhat memang membutuhkan wadah untuk menyalurkan ide-ide dalam kepala. Bukan semata-mata karena saya pandai menulis, lebih tepatnya.. karena saya padai curhat.

Blog dan Kehidupan

Jadi, blog menurut saya adalah media bebas yang akan diakses oleh banyak orang. Kadang, saya menerima email atau WA yang datangnya dari blog saya ini dan blog saya lainnya. Isinya tentu aja menanyakan postingan yang ada di blog. 

Bersyukurnya.. mereka datang ke blog ini dan bisa terinspirasi menjadi seseorang yang lebih baik. Disana saya merasakan kehangatan hati dan semangat untuk terus menulis, seada-adanya dan sesederhana mungkin. Hal positif lain yang akan saya bagi tentang apa yang saya dapatkan dari blog diantaranya adalah:

Memberanikan Diri untuk Istiqomah Behijab karena Blog

Saat itu, saya sedang galau-galaunya untuk memulai kembali menggunakan jilbab saya, selamanya tanpa dilepas lepas lagi. Saya bingung bagaimana caraya saya mengawali semuanya. Saya takut dengan omongan orang yang mungkin akan mencibir saya begini dan begitu. Saya mencari banyak cerita inspiratif tentang perjuangan-perjuangan banyak orang ketika ingin mulai mengenakan jilbab. 

Dan saat itu, saya ingat sekali ketika saya membuka blog milik penulis terkenal HTR tentang mulai berjilbab. Saya seperti menemukan keberanian, meskipun tak langsung saya kerjakan. Saya menunggu waktu yang tepat dan paling pas. Meskipun seharusnya, hal baik itu harus disegerakan, sesegera mungkin. Ya.. maklum saja, posisi saya waktu itu adalah seorang penjaga warnet yang selama kurang lebih 4 tahun tidak berhijab. 

Dan ternyata, semua kebaikan saya memulai untuk berhijab dimudahkan oleh Allah dengan ringannya. Saya menemukan banyak sekali Keajaiban dibalik Jilbab. Yang paling terasa sih, saya ngerasa jauh lebih tenang dan jauh lebih baik. 

Maka dari itu, dalam blog ini, saya ingin menulis banyak hal yang bisa menginspirasi, bukan hanya tentang curhatan yang tidak dibutuhkan orang lain.

Lalu, Apa sih yang Paling penting dari sebuah blog

Saya sendiri sering kesal kalau mendapati sebuah blog itu artikelnya nggak mutu semua. Apalagi artikel yang 100% copas dari blog orang lain, Blogger bukan sih? Bagi saya pribadi, isi dari blog itu sendiri yang paling penting dalam sebuah blog. Bukan hanya untuk kepentingan dunia, melainkan juga kepentingan masa depan kita di alam yang berbeda.

Ya.. contoh kecilnya adalah, tentang apa yang akan kita posting di blog ini. Saya itu seneng banget sama job yang ditawarkan kepada blog ini. Tapi, saya dan suami komitmen untuk tidak menerima job yang berbau riba dan kawan-kawannya. Seperti tema-tema yang meragukan kayak asuransi, pinjaman online, bank, kredit dan sesuatu yang  mengarah kesana. Dan godaannya itu, mereka semua selalu menawarkan bayaran yang besar hahaha. Tunggu.. saya bukan orang yang kebanyakan duit karena nolak job-job kayak gitu ya, enggak. 

ATM saya sering kosong, sering nominalnya itu hanya 3 angka aja. Tapi sungguh, nggak ada sedikitpun rasa sayang dan menyesal karena menolak job dengan tema tema tersebut. Alhamdulillah.. Allah mudahkan semuanya, Allah membuat hati ini tidak berat dengan hal-hal seperti ini. Dan itu memang prinsip yang harus terus kami pegang dan pertahankan.

Bukan kepada siapa, Tapi Apa yang kita tinggalkan

Obrolan blogger-blogger keren selalu membuat saya ingin berkomentar. Ya.. ketika mereka mebicarakan tentang kepada siapa blog ini kita serahkan ketika Allah sudah memberikan batas waktu untuk berada di dunia ini. Bagaimana mereka harus meneruskan bagaimana kerennya blog yang mereka miliki. Tapi, saya justru berpikirnya "apa yang harus saya rubah dari sekarang" dan "apa yang harus saya tinggalkan mulai saat ini" dari blog ini.

Ketika kita meninggal dunia, apakah blog akan membawa kita kepada timbangan yang berat buruknya atau sebaliknya, semuanya dari apa yang kita sebarkan. Orang mati sudah hilang kewajibannya mengurus yang hidup, justru malah sebaliknya, yang hiduplah yang harus terus memberikan doa terbaiknya untuk yang sudah mati.

Jadi, jika saya harus berpesan tentang blog ini kepada anak-anak harus diapakan blognya, saya akan meminta mereka untuk mencari dan menghapus tulisan saya yang tidak bermanfaat, atau menghapus blog ini bila perlu.

Hal yang saya takutkan adalah, ketika harus membawa beban berat dan dosa jariyah dari blog ketika saya mengulas, menyarankan, atau mendukung sesuatu yang tidak diperbolehkan oleh agama dan Allah. Semuanya hanya tentang pilihan dan komitmen. Semoga kita terus berpikir untuk menjadi muslim yang kaffah, dari hal yang paling kecil dan mendasar, urusan perut. 

Rahasia Anak Tumbuh Tinggi, Tangguh, dan Tanggap

Rahasia Anak Tumbuh Tinggi, Tangguh, dan Tanggap

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh tinggi, tangguh, tanggap, dan cerdas. Namun sayang, tidak semua orang tua tahu bagaimana cara mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak mereka agar tinggi secara fisik, tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan, dan tanggap serta cerdas dalam menerima dan menyerap pelajaran.


Demikian pula dengan saya. Saya yang kebetulan punya 2 anak di rumah--juga ingin agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang tangguh, punya otak cerdas, dan punya fisik yang tinggi dan besar. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, saya mencoba untuk mencari tahu segala sesuatu yang bisa membantu pertumbuhan anak, perkembangan otaknya, serta kekuatan fisiknya.

Indomilk Susu Bubuk

Cara Menjadikan Anak Tumbuh Tinggi, Tangguh, dan Tanggap

Menurut seorang Paediatrician bernama Dr. Arti Sharma, gen memang merupakan salah satu faktor pendukung. Akan tetapi, itu bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Ada banyak faktor eksternal yang bisa mempengaruhi tinggi badan anak seperti pola makan atau diet misalnya.


Masih menurut Dr. Arti Sharma, salah satu aspek paling penting yang bisa membantu mencerdaskan dan menambah tinggi badan anak adalah nutrisi. Nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin, hingga omega 3 merupakan faktor penting yang dapat membuat anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap, dan cerdas.


Berbagai sumber nutrisi yang baik dan mudah diserap oleh tubuh anak berupa bahan makanan kadang-kadang harganya agak mahal. Seperti daging yang menjadi salah satu sumber protein terbaik misalnya, berbagai jenis ikan yang bisa menjadi sumber omega 3 seperti ikan salmon yang relatif sulit ditemukan di pasar dan harganya pun belum tentu murah.


Untungnya, saat ini ada sumber sumber nutrisi alternatif yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang mencakup kalsium kromat, asam lemak omega-3, hingga berbagai jenis vitamin. Sumber nutrisi alternatif yang saya maksud, salah satunya adalah susu.


Indomilk susu bubuk adalah salah satu contoh sumber vitamin, kalsium, protein, hingga omega 3 yang mudah dijumpai dan harganya tentu jauh lebih murah dibandingkan apabila kita membeli daging, ikan salmon, dan berbagai sumber nutrisi lainnya.


Susu bubuk untuk anak ini dilengkapi dengan Optinutri yang terdiri atas: Omega-3, sumber protein, dan kalsium yang tinggi. 3 nutrisi tersebut merupakan nutrisi utama yang kita butuhkan untuk mendukung anak menjadi lebih tinggi, tangguh, dan tanggap.

Indomilk Susu Bubuk bikin anak tinggi tangguh tanggap

Kalsium

Kalsium adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh anak agar tulangnya tumbuh dan kuat. Kalsium akan membuat otot dan saraf bekerja dan berkembang maksimal.


Usia anak-anak hingga remaja merupakan kesempatan terbaik yang kita miliki untuk mendukung pertumbuhan tulang mereka agar mereka tumbuh tinggi secara fisik.


Sumber kalsium yang paling mudah kita temukan adalah makanan. Makanan yang mengandung tinggi kalsium diantaranya adalah susu dan olahannya seperti yogurt, hingga keju.


Seperti yang telah saya katakan di atas, susu bubuk untuk anak seperti Indomilk susu bubuk merupakan salah satu contoh sumber kalsium alternatif yang sangat sangat mudah diperoleh dan harganya pun terjangkau.


Di samping susu, kita juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium anak melalui berbagai makanan lain seperti kedelai atau edamame serta olahannya seperti tahu dan tempe, sayur brokoli, bayam atau sayuran berdaun hijau lainnya, biji wijen, kacang almond, kacang merah, buncis, hingga jeruk.

Protein

Protein adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh anak untuk membangun otot yang kuat, membantu pertumbuhan tubuh, memperbaiki luka, serta membantu meningkatkan energi mereka.


Manfaat susu bubuk Indomilk yang telah saya sampaikan di atas, salah satunya adalah sebagai sumber protein. Di samping susu bubuk untuk anak tersebut, sumber protein lainnya yang sangat baik diantaranya adalah: daging merah seperti daging sapi, telur, keju, selai kacang, ikan dan unggas, biji-bijian, serta berbagai jenis kacang-kacangan.


Setelah membaca di sana-sini, saya menemukan fakta bahwa sumber protein hewani seperti daging dianggap jauh lebih baik dibandingkan dengan sumber protein nabati karena, protein hewani asam amino esensial yang strukturnya serupa dengan asam amino yang ada di tubuh kita.  Karena itulah, sumber protein hewani lebih mudah pecah dan diserap oleh tubuh.

Asam lemak omega 3

Otak yang cerdas sangat dibutuhkan oleh anak agar bisa Tanggap dalam menerima pelajaran di sekolah. Untuk mencerdaskan otak anak, kita sebagai orangtua harus memberikan mereka makanan yang menjadi sumber asam lemak omega 3 seperti ikan salmon, ikan herring, tiram, sarden, hingga ikan makarel. 


Lagi-lagi, berbagai jenis ikan tersebut agak sulit kita temukan di Indonesia. Bahkan di beberapa daerah, harga ikan relatif sangat mahal. Karena itulah, saya pribadi lebih memilih memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 pada anak menggunakan susu.


Agar bisa memaksimalkan manfaat susu bubuk Indomilk Seperti yang saya rekomendasikan di atas, pastikan Bunda membaca label Indomilk susu bubuk untuk usia berapa, agar bisa memperoleh manfaat lebih spesifik.


Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak esensial yang bisa disebut sebagai “makanan” otak. Sekaligus bermanfaat untuk menjaga otak agar tetap sehat.


Asam lemak omega-3 dibutuhkan oleh otak untuk membangun sel-sel baru yang menjadi kunci perkembangan sistem saraf dan kardiovaskular pusat serta membantu tubuh menyerap nutrisi. Disamping itu sama asam lemak omega-3 juga sangat penting untuk menjaga agar mata tetap sehat dan bisa melihat dengan jelas.


Tips Memberikan Indomilk Susu Bubuk untuk Anak

Indomilk Susu Bubuk untuk anak usia 5-12 tahun

Usia Anak

Setiap kali akan membeli susu, terutama untuk anak-anak, terlebih dahulu kita harus mengetahui secara pasti usia anak. karena, banyak sekali susu yang diformulasikan secara khusus untuk setiap jenjang usia. Hal tersebut dilakukan agar susu dan berbagai kandungannya dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pertumbuhan atau perkembangan anak.


Untuk susu Indomilk, Saya yakin banyak diantara anda yang pasti bertanya-tanya, “Indomilk susu bubuk untuk usia berapa?”


Susu bubuk untuk anak ini dapat diberikan kepada anak-anak yang sudah berusia 5-12 Tahun. jadi, anak saya yang pertama, yang saat ini masih duduk di bangku sekolah taman kanak-kanak, sangat tepat apabila diberikan seperti merek Indomilk ini.

Sajikan Susu Bubuk dengan Benar

Susu Indomilk Bubuk


Susu Indomilk  mengandung banyak vitamin lho, diantaranya ada Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B5, B6, B12, Vitamin C, Protein, Seng, Kalsium, Mineral, Magnesium, Fosfor, Mangan, Biotin dan Kolin. Indomilk tersedia dalam berbagai ukuran, diantaranya adalah 800gr, 400gr, 37gr dan 27gr. Karena kemaren saya beli yang ukuran 400gr dengan harga Rp. 35.000 udah habis tapi Kinza bilang mau lagi, saya kemudian beli di toko kelontong dekat rumah yang sachet ukuran 37gr dengan harga Rp. 3.000 saja.


Oh yaa Bunda, di samping memperhatikan usia anak, kita juga harus tahu bagaimana cara menyajikan susu yang benar agar kandungan vitaminnya tidak rusak dan bisa diserap lebih baik oleh tubuh anak.

Cara menyajikan susu bubuk yang benar dan tepat adalah sebagai berikut:

  • Seduh susu dengan menggunakan air hangat. Jangan menggunakan air panas karena dapat merusak kandungan vitamin serta mineral yang terdapat pada susu
  • Sebaiknya masukkan terlebih dahulu air hangat wadah sebelum memasukkan Indomilk susu bubuk
  • Kemudian aduk hingga tercampur rata
  • Sajikan 2 kali sehari untuk memenuhi kebutuhan gizi anak

Perhatikan Selera Anak

Ada banyak ibu yang mengklaim bahwa anak mereka tidak begitu menyukai susu. Karena alasan tersebut, banyak ibu yang kemudian berhenti memberikan anak-anak mereka susu sejak mereka menyadari bahwa anak mereka tidak begitu menyukainya.


Dari pengalaman saya membesarkan dua orang anak, faktor rasa memang sangat mempengaruhi selera anak terhadap makanan ataupun minuman. Karena itulah, kita perlu tahu apa yang menjadi kesukaan anak agar bisa membeli susu dengan rasa yang tepat.


Anak saya yang pertama, awalnya lebih menyukai susu plain dibandingkan dengan susu coklat atau susu yang memiliki rasa lain seperti vanila dan lain sebagainya. Karena itulah, setiap kali membeli susu, Saya pasti akan menyertakan Susu Indomilk full cream rasa coklat.

Manfaat Indomilk Susu Bubuk menambah tinggi badan dan mencerdaskan otak

Lain lagi dengan anak yang kedua. Anak kedua kami cenderung lebih minuman yang agak manis. Karena itulah, kami tidak ragu membelikannya susu bubuk rasa coklat atau dengan cita rasa lainnya.


Dari pengalaman, anak-anak ternyata bisa mengalami perubahan selera seiring dengan pertumbuhan mereka. Anak yang tadinya tidak begitu menyukai rasa atau aroma tertentu, bisa jadi di kemudian hari menyukainya.


Berdasarkan pengalaman, ada beberapa faktor yang bisa merubah selera anak terhadap suatu makanan atau minuman. Diantaranya adalah karena faktor sugesti dan kebiasaan.


Menurut saya, faktor sugesti memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap selera anak. Karena itulah, Apabila anak saya tidak menyukai makanan-makanan sehat seperti sayur-sayuran atau susu, Saya akan berusaha untuk mensugesti mereka secara perlahan dan membiasakan keluarga kami untuk minum susu.


Apabila anak-anak melihat kita atau anggota keluarga yang lain menyukai susu serta terbiasa minum susu, lambat laun anak-anak juga akan tertarik untuk mencoba. Selain memberikan contoh, saya juga selalu berusaha untuk menghindari kata-kata atau ucapan yang membuat anak menjadi semakin yakin untuk menghindari makanan-makanan yang tidak mereka sukai.


Misalnya, saya sering berkata, “kalau mas mau punya otot yang kuat, mas harus rajin makan sayur.” Ucapan ini sering saya ucapkan karena anak saya tidak begitu menyukai sayur dan terobsesi dengan otot yang besar. Terbukti, kata-kata saya tersebut kerap kali ditanggapi positif sehingga anak menjadi semangat setiap kali disajikan sayur.

Kesimpulan Indomilk Susu Bubuk untuk Anak

Meskipun susu seperti Susu Bubuk Indomilk bisa memenuhi berbagai kebutuhan anak, namun berbagai sumber makanan seperti sayur mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan berbagai jenis daging, tetap harus diberikan kepada mereka setiap hari. Karena berbagai nutrisi berupa vitamin dan mineral yang terkandung di dalam berbagai jenis makanan tersebut tetap sangat penting untuk mempromosikan tubuh dan jiwa yang sehat.

Melatih Kesadaran Diri - Kita Adalah Orang Tua

Melatih Kesadaran Diri - Kita Adalah Orang Tua

 Oke Baiklah.. sepertinya saya akan mencari dan menemukan kembali kepandaian saya dalam menulis hal remeh seperti ini. Hal yang ammm.. mungkin bagi orang lain tidak penting, curhat. Dari curhatan itu, saya bisa menulis hingga berratus-ratus kata tanpa terasa. 

Oh yaaa... tadi siang saya lihat ada blog yang copas blog jombloku sampe kesalahan komanya. Karena saya orangnya suka ceplas-ceplos, saya nyeletuk sama orang yang selalu ada disebelah saya:

"Ih.. Blogku dicopas rek.. akeh iki"

Dan kalian tau apa responnya?

"Ya... biarin aja, dia belum tau, belum ngerti"

Oh No... ayolah Ghibah bentar Yank... omongin kek, perpanjang kek kata-kataku ini, sambung gitu lah. Katakan sesuatu "yang ingin kudengar" karena udah curhat dengan kekesalan yang memuncak haha. Tapi itulah kamu, yang gak pernah mau nanggepin kalau mulai kupancing dengan obrolan yang sekiranya membicarakan orang lain. Proud to be your wife, mas!

Melatih Kesadaran Diri - Kita Adalah Orang Tua

Ya.. sejak menikah saya berusaha untuk mengerti pemikiran pasangan hidup saya ini, mengerti apa saja yang ia inginkan. Mungkin awalnya hati kecil saya banyak berontak karena pikiran saya tidak sama dengannya. Setelah mungkin kira-kira 4 tahun hidup bareng sama dia, saya jadi tau bagaimana alur kehidupan yang ia inginkan.

Sesuatu yang bisa dibilang --tidak ingin mencampuri urusan orang lain-- barang sedikitpun. Tapi kemudian, kesadaran diri saya akan sesuatu membutuhkan waktu yang lama untuk berproses. Apalagi saya dan suami kini telah menjadi orang tua. Yang harus memberi teladan langsung kepada anak-anak kami.

Apa jadinya kalau yang mereka dengar setiap hari adalah kami yang sedang ghibah, bukan tidak mungkin kelak saat mereka dah gede, mereka punya sesuatu yang disebut "Lambe Wedok" padahal jelas-jelas mereka cowok, kan gak lucu.

Selain itu, perubahan dalam rumah juga harus ada apalagi kita menjadi orang tua, pendidik untuk anak-anak yang baik.

Pokoknya.. kalau sudah jadi orang tua, jangan coba-coba melakukan hal yang kurang bermanfaat dan tidak baik. Karena ada mereka.. penerus-penerus yang akan mencontoh apa yang kita lakukan. Ya.. Kita harus Sadar Diri!
Muhasabah Diri - Kumpulan Status Privat Inspiratif

Muhasabah Diri - Kumpulan Status Privat Inspiratif

Kalau ditanya seberapa sering saya bikin status yang diprivat, jawabannya adalah sangat sering. Gimana dengan teman-teman, apakah masih suka membuat status di facebook? Dan ini beberapa diantaranya.. mungkin akan saya share lainnya di postingan yang lainnya. 

Kesempatan


October 3 at 3:34 PM  · Shared with Only me


Obrolan yang sering saya dan Ayang Mbeb bicarakan ditengah banyak kegiatan. Saat makan, selesai sholat, atau di waktu luang yang lainnya.  Seharusnya.. kesempatan itu diberikan kepada siapa aja. Kesempatan menyelesaikan masalah, kesempatan menjelaskan, kesempatan untuk berpikir. 


Dan seringnya, kita gak mau dan jaraaaanggg banget ngasih kesempatan kepada orang lain, termasuk khususnya kepada anak untuk itu semua. Padahal.. yang kita sadari, dengan kesempatan itu, kita bisa jauh lebih bisa menahan amarah dan emosi, itu yang sudah saya rasakan. Sabar memang berat, tapi memberi kesempatan juga tak kalah beratnya.


***

Ada yang pernah sama seperti saya, sering grusa-grusu dan tidak mau memberi kesempatan untuk orang lain walau hanya untuk sekedar menjelaskan. Padahal, jika saya mencoba untuk memberi kesempatan untuk anak saya Kinza, suasana rumah akan jauh lebih adem dan tenang, Mas Kinza juga akan menurut dengan ikhlas dan sukarela ketika saya meminta sesuatu kepadanya.


Ragu-Ragu


July 12  · Shared with Only me


Kalo ada yang tanya kemana bapaknya, yang bikin gambar ini bapaknya. Note: Bukan Iklan Kong Guan ya ini 🤣


***
Kita pasti pernah mengalami ragu-ragu ketika kita ingin membagikan sesuatu ke sosial media baik itu mengunggah foto ataupun tulisan kita sendiri. Ragu, dengan komentar orang lain, Ragu - takut dibilang pamer, Ragu - Takut menyakiti orang lain dan alasan keragu-raguan lainnya ketika akan mengunggah sesuatu. Dan di status ini, saya ragu-ragu saat akan mengunggah foto kami bertiga (Ummi, Mas Kinza dan Adek Zayn) meskipun itu fotonya bagus, akhirnya saya privat.


Ragu-ragu bagi saya adalah penimbang untuk melakukan sesuatu tapi tidak dalam urusan agama. Jika sikap ragu-ragu bisa membuat kita berpikir sejenak dan mengambil keputusan yang mungkin jauh lebih baik. Tidak ada salahnya untuk memberi "dia" kesempatan untuk menang, silahkan

Empati


July 10  · Shared with Only me

Empati ada dalam setiap orang, hanya saja.. kita memilih untuk membiasakan ia menjadi gaya hidup kita atau memilih untuk menguburnya. Semuanya hanya tentang pilihan.

Status FB Inspiratif


Ya.. saya sering menjumpai orang tanpa empati didalam dirinya. Dikehidupan nyata, kebanyakan orang sungkan untuk mengungkapkan sesuatu, tidak mau menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu untuknya. Karena kita orang dewasa yang seharusnya mengerti dan tahu apa itu empati dan bagaimana mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari, itu yang orang lain inginkan dari kita.


Oleh karenanya, mengasah empati sejak kecil sangat-sangat saya terapkan untuk anak-anak kami. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi banyak orang, ya.. selain membuat saya merasa nyaman dengan diri sendiri dengan segala situasi yang ada hehe. Jadi intinya, Motivasi hidup bisa kita dapatkan dari mana saja termasuk dari status yang batal dipublikasikan haha



Kembali Mencari Tujuan Awal Menulis

Kembali Mencari Tujuan Awal Menulis

 Saya, beberapa bulan terakhir ini, lagi malas malasnya menulis, menulis apapun. Hanya status-status nggak jelas di Facebook dan Instagram milik saya. Seperti kehilangan motivasi buat nulis, nggak ada ide.

Padahal nih, buku antologi ke-2 saya bersama teman blogger juga baru aja dirilis. Saya ingin seperti dulu, senang menulis apapun yang ada di pikiran saya tanpa memikirkan hal lain. 


Karena SEO dan urusan teknis blog lainnya

Meskipun saya tahu, bagi seorang blogger, ilmu SEO itu harus banget dipelajari karena dengannya blog kita akan lebih banyak dibaca oleh orang lain. Dari awal, blog ini sama sekali nggak menggunakan SEO saat menulis artikel. Ada sih beberapa artikel yang saya selipin SEO didalamnya, itu beberapa tahun yang lalu, dan saya getol banget belajar SEO saat itu. 

Tapi.. semakin banyak orang membahas tentang SEO di grup WA, membahas bahwa konten harus begini dan begitu, saya ngerasa makin males nulis karena harus menulis dengan SEO. Itulah yang bikin saya ngadat nulis hingga saat ini. 

Dulu, saya menulis tanpa mikir keyword, mikir DA PA apalagi DR UR. Tapi sekarang, semakin saya pikirkan semakin saya males untuk menulis.Padahal, blog saya gak menuntut untuk itu semua, saya hanya menulis karena saya mau dan saya ingin melepaskan semuanya disini. Sepertinya.. sekaranglah saatnya saya kembali ke titik awal tujuan saya menulis. Untuk kembali menemukan diri sendiri, menemukan kebahagiaan dan berdamai dengan kekurangan.

Baca juga: Sikap yang Harus Dimiliki Influencer

Tuntutan Kriteria Blog yang Menghasilkan 

Jadi.. kriteria blog yang menghasilkan sekarang banyak banget tuntutannya, kadang saya ngerasa iri gitu sama blogger yang blognya itu bagus banget. Bukan hanya dari segi template, tata letak dan tampilannya aja. Dari segi dalamannya juga oke banget, pengunjungnya rame, bounch rate kecil, DA PA bagus, DR UR tinggi, trus backlink juga banyak dan berkualitas. Tapi rata-rata blogger-blogger itu menggunakan Wordpress. 

Saya sering bertanya-tanya, apakah blog dengan platform blogspot nggak bisa se powerfull itu gitu. Ditambah lagi, komunitas komunitas yang saya ikutin juga rata-rata hanya menyediakan tutorial memaksimalkan Wordpress. Saya belum nemu satu grup yang fokus ke blogspot. Palingan saya googling aja sih, nyari sendiri gimana bisa bikin blogspot bisa bagus. Hah.. ini namanya perang sama diri sendiri.

Motivasi untuk diri sendiri

Saya sering bilang ke orang-orang bahwa menulis itu seperti obat. Dan itu emang bener banget sih menurut saya. Saya sendiri merasakan gimana rasanya kehilangan "obat" itu ketika saya berhenti dan kehilangan ide untuk menulis, seperti orang sakit ghaib, tak terlihat tapi ada.

Mungkin, sekarang saya harus mulai membiasakan menulis dulu, apapun, sesuai keinginan dan yang ada dipikiran. Baru setelah itu, udah kembali bersahabat sama blog, kita mulai lagi belajar SEO lagi dari awal. Oh ya satu lagi nih, sebenernya saya juga pengen dong otak-atik WP gitu, tapi dengan ketidak konsistenan dalam menulis ini dan juga kalo WP harus bayar hosting yang nggak murah, kayaknya saya emang harus betah lama-lama blogspot. 

Laaamaaa, bukan lama kali ya.. udah dari dulu juga sih wkwkwkw. 

Jadi, blogger itu tugasnya nulis, bikin konten bermanfaat, menyebarkan hal-hal positif atau membuat mereka lebih terkenal sih. Intinya kembali lagi, SEO! Ya.. tentu saja, kalau pengen nyebarin konten positif yang bisa dijangkau banyak orang ya pake SEO, wes... wes.. ketawa aja dah dulu hahaha. 

Kira-kira.. apa yang bikin kalian males nulis dan sama sekali nggak ada ide buat nulis? Boleh lah dishare yaa.. 



Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja

 Masa paling menegangkan ketika menjalani tes seleksi penerimaan karyawaan adalah saat wawancara kerja. Banyak orang gagal diterima sebagai karyawan akibat tidak sukse menjalani tes wawancara. Masalah utama biasanya karena mereka tidak menguasai pertanyaan yang diajukan oleh penguji.

Nah, kalau kita pengin sukses menghadapi tes wawancara kerja, ada baiknya kita kuasai jawaban dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan berikut ini.

Tentang Perusahaan

Kita akan ditanyakan mengenai seberapa jauh pengetahuan kita tentang perusahaan. Mungkin kita akan mengira hal ini sebatas basa-basi, tapi sebenarnya tidak.

 Lister, Tempat Kursus Speaking Bahasa Inggris Online

Lister, Tempat Kursus Speaking Bahasa Inggris Online

Apakah kamu tertarik untuk belajar bahasa Inggris tapi tidak tahu dimana tempat kursus yang bagus? atau mungkin kamu sudah pernah kursus bahasa asing tapi masih nggak pede berbicara? atau mungkin, saat ini kamu sedang belajar bahasa asing dengan tutor yang pengucapannya tidak fasih dan terkesan ragu-ragu atau kerap salah mengucapkan kata-kata dalam bahasa asing?

Kebetulan sekali, saya punya rekomendasi tempat kursus speaking bahasa Inggris online terbaik dengan tutor yang terdiri atas orang-orang yang memang sehari-hari berbicara menggunakan bahasa yang akan kamu pelajari. mulai dari bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Spanyol, bahasa Rusia, bahasa Prancis, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Korea, hingga bahasa Turki.

Bahasa Inggris misalnya. Ini adalah bahasa internasional yang tidak hanya banyak digunakan untuk berkomunikasi oleh berbagai orang di berbagai negara, tapi juga sering digunakan sebagai bahasa pengantar untuk berbagai hal, khususnya teknologi. Selain itu, bahasa Inggris juga kerap dibutuhkan sebagai syarat kelulusan hingga syarat interview pekerjaan ataupun beasiswa.

Tips Biar Rambut Sehat dan Berkilau, Bisa Dicoba Nih Girls!

Tips Biar Rambut Sehat dan Berkilau, Bisa Dicoba Nih Girls!

Memiliki rambut yang sehat dan berkilau pastinya menjadi keinginan banyak wanita. Tapi, untuk mendapatkannya gak semudah seperti yang dibayangkan. Apalagi banyak faktor-faktor tertentu yang bisa membuat rambut mudah rusak, kering dan rontok. Beberapa penyebabnya adalah faktor lingkungan, pengaruh dari styling rambut, dan lain sebagainya. Untuk memiliki rambut yang sehat dan berkilau, tentunya memerlukan perawatan rambut yang tepat. 

Mungkin kamu mengira, jika menjaga rambut harus memakai produk yang mahal atau perawatan ke salon. Tapi sebenarnya, kamu bisa merawat rambut dengan memperhatikan kebiasaan sehari-hari, seperti menerapkan tips berikut ini!

Tips Tetap Romantis, Setia dan Saling Percaya

Tips Tetap Romantis, Setia dan Saling Percaya

 Bulan September adalah bulan yang istimewa buat saya. Di bulan ini saya dan suami melangsungkan pernikahan dan di bulan ini juga anak kedua kami Zayn lahir. Sebenarnya saya ingin menulis artikel ini saja tanggal 5 September lalu,  Tapi karena sayanya sok sibuk dan kebanyakan mikir konten, akhirnya saya gak jadi nulis. 



Begitulah, kadang saya merasa bingung karena katanya blog harus memiliki ciri khas tersendiri. Saya memikirkan banyak sekali keyword yang ingin saya tulis di blog ini. Kalau mikirin itu saya jadi balik lagi agak sedih, karena tuntutan ngeblog yang mulai bikin saya malah jadi makin malas menulis. ya sudahlah ya.. haha

Jadi ceritanya, tahun ini adalah tahun ke-7 pernikahan kami, Inuel dan Jooizzy! Dan kemaren dihari pernikahan kami, saya cuma nulis status di Facebook begini:

Oh.. sekarang 5 September to.. gak inget tanggal 😅 Selamat 7 Tahun mas bro Muchammad Jauhari. Kayak biasanya.. kita selalu lupa tanggal, inget 3 hari lalu, pas hari H lupa 😂. Buktinya barusan kubilang, Bi tanggal 5 lo sekarang. Eh dijawab, "Maksudnya.." 🤣

Flashback 3 Hari lalu,
❤️ Bi.. udah 7 tahun ternyata ya..
💙 Iya.. cepet banget 😀

Hari ini makan makannya sama sayur bening aja yaa.. (lagi) dan (setiap hari) 😁.

Karena sering lupa dengan tanggal tanggal cantik (kecuali tanggal diskonan e-commerce ya haha) Gak ada yang spesial sama tanggal Pernikahan, tanggal ulang tahun buat kami, yang spesial adalah bahwa kita masih sama-sama untuk saling belajar dan memahami satu dengan yang lainnya. Kita yang selalu belajar untuk saling mengingatkan dalam kebaikan dan selalu berusaha menjadi contoh yang baik buat anak anak.

Saling memberi hadiah ketika kami ingin dan ada tentunya pas butuh. Bukan peringatannya.. tapi perwujudannya dalam kehidupan sehari hari. Sejak nikah, saya nyaris gak pernah galau, makanya brenti nulis puisi puisi gak jelas gitu hahha..

Ini juga buat ngajarin anak anak biar gak mementingkan tanggal ulang tahunnya, yang menuntut buat dirayakan. Biar mereka gak gampang emosian dan gampang kebakaran jenggot kalo ada yang lupa haha.. Hidup memang hanya tentang pilihan. Meskipun kita berbeda dengan cara hidup orang lain, kita harus menghargai pilihan masing masing.

Ulang Tahun Pernikahan tanpa Perayaan, Gimana Rasanya?

Awalnya, saya berharap bisa merayakan semua tanggal-tanggal cantik bareng suami dengan keadaan romantis. Sayangnya.. hal itu gak pernah terwujud haha. Mungkin diawal-awal saya menjalani rumah tangga sama Mas suami, tuntutan dan keinginan kayak gitu ada, ada banget. Seperti kebanyakan wanita lain, dongkol pasti adalah, jelas. Namun, seiring berjalannya waktu menjalani kehidupan bareng, saya mulai memiliki cara berpikir yang kurang lebih seperti suami. Menganggap perayaan-perayaan itu adalah gaya yang tidak boleh kita lakukan. 

Kalau ditanya rasa pernikahan yang kayak gitu, yaaa.. biasa aja haha. Kayak yang suami bilang, katanya pernikahan kita terasa cepet. Ya karena kami menjalaninya dengan ringan hati. 

Menyelaraskan Pemikiran dengan Pasangan

Ketika kami menikah, kami belum menemukan visi dalam pernikahan kami. Hanya sebatas mengikuti takdir dan mengikuti kata hati. Meskipun bertemu hanya sekali, saya ataupun Mas hanya sebatas berkenalan lewat virtual. Sama sekali tidak ada kesempatan untuk mempelajari kepribadian dan kebiasaan masing-masing. Bahkan, latar pendidikan yang dijalani mas aja saya gak tau, kalau mas mungkin sudah tahu kalau saya hanya lulusan SMP haha.

 Dibandingkan dengan beliau, saya gak ada apa-apanya soal pendidikan ini, tapi kalau soal semangat belajar, bisalah saya sepadani. Karena kesempatan untuk belajar di waktu kecil gak bisa saya dapatkan. Ya.. waktu gak bisa diulang kembali ke masa lalu kan, selama ada umur InsyaAllah kesempatan untuk belajar selalu ada. 

Jadi, dari waktu ke waktu di dalam pernikahan itu, saya belajar banyak tentang pasagan saya. Saya mempelajari apa yang ia pikirkan dan inginkan. Saya juga mencintai segala kelebihannya pun dengan segala kekurangannya.

Tetap Romantis, Setia dan Saling Percaya

Kalau ditanya soal kepercayaan, 0% saya tidak ada ketidakpercayaan saya kepada suami. Semua yang suami lakukan dan katakan, saya percaya dan saya manut. Selain itu, kami juga saling berbagi masalah dan kesenangan. Tidak ada hal yang kami sembunyikan satupun masalah. Mungkin karena itulah saya gak pernah menggalau di sosial media atau[un blog ini. Tidak ada hal yang perlu saya resahkan dan tidak ada satupun yang membuat saya ragu.

Jadi. menurut kami rumah tangga yang sebenarnya ya seperti ini. Mengerti dan menjaga satu sama lainnya. Saling mengingatkan tentang kebaikan dan mengoreksi keburukan masing masing. Marah-marahan pernah gak nih? Ya.. jelas pernah lah, tapiii.. gak ada yang lebih dari 24 jam. Biasanya sih maksimal 7 jam lah marahannya.. pas malem, pas tidur hahaha.

Bijak Memilih Kata-kata Sebagai Manusia

Bijak Memilih Kata-kata Sebagai Manusia

 Kita ini, secara disadari ataupun tidak, sepertinya sudah sering sekali menertawakan kekurangan fisik seseorang dengan berkata semau kita. Membanding-bandingkan dia dengan sesuatu yang kurang pantas. Dan hal kayak gini itu udah umum banget apalagi yang nongol di acara-acara hiburan TV Indonesia, semuanya adalah topik olok-olok dan membodoh-bodohkan orang lain.

Apalagi itu acara-acara gosip yang banyak nongol, coba kalau kalian kebetulan nonton, semuanya isinya itu hanya menjelek-jelekkan orang lain. Itulah kenapa saya memutuskan untuk tidak melihat acara TV lokal asli milik Indonesia, terlebih acara gosip.

Sebenarnya bukan hanya di TV aja, sekarang banyak juga artis didalamnya yang membuat channel Youtube yang isinya itu gak jauh beda dari olok-olok sesuatu hanya karena bentuk fisik dan rupa gak sebaik mereka jika dilihat dengan mata telanjang. Dan ironisnya.. hal kayak gini tu jadi viral dan terkenal.


Mengolok orang lain menurut saya

Jika dahulu saya sering banget ngomong sama orang tanpa mikir panjang dan lebar, langsung nyeplosin apa yang ada dalam pikiran saya. Berbeda dengan sekarang yang saya itu kalau mau ngomong ya mikir dulu lama, lama banget. 

Dulu, dengan kebodohan yang saya miliki, saya suka melakukan body shaming gitu deh, melabeli orang-orang dengan sebutan yang mungkin mereka tidak berkenan. Semoga mereka mau memafkan saya. Namun, setelah menikah saya tidak lagi melakukan hal tersebut. Ada suami yang selalu nge-rem perkataan saya, ada suami yang selalu ingetin saya untuk tidak memperolok ciptaan Allah yang sungguh sangat sempurna.

Suami selalu bilang kepada saya, jangan sampai kita menjadi orang yang tidak bersyukur dan meremehkan ciptaan Allah. Semua manusia diciptakan sempurna dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Dengan melabeli seseorang dengan hal-hal yang buruk, secara tidak langsung kita mengolok ciptaan-Nya. 


Memilih Lelucon yang Tidak mengolok Ciptaan-Nya

Pasti temen-temen juga sering ngelihat banyak banget akun akun Instagram yang konten mereka itu ya lelucon-lelucon gitu. Dan follower mereka tu berjuta-juta. Ya.. contohnya yang suka bikin lelucon kayak gini tu Bintang Em*n, pasti tau kan meskipun saya sensor. Awalnya saya terkesan dengan kelihaian dia ngomong durasi semenit tapi ngena banget. Saya sempat stalking IG-nya dia buat liatin video pendek miliknya.

Namun pas di satu video kalau gak salah tentang Hoax, yang dia bilang kalau manusia yang bikin hoax itu diciptakan dari tanah yang bercampur t*i ayam ( bisa di cek disini ya postingan yang saya maksudkan -  https://www.instagram.com/p/CDOWdzzFXmN/). Jadi sebenarnya kontennya itu topiknya bagus aja, tapi apakah tidak bisa jika tidak menyangkut pautkan dengan penciptaan Allah yang sudah pasti sempurna. Coba deh pikirkan lagi, apakah kata-kata seperti ini dibenarkan? Untuk yang ini saya jangan dikatain Iri? Bilang bos! ya..

Awalnya saya juga tidak menyadari, lagi-lagi suamilah yang mengingatkan saya akan hal tersebut. Saya tidak tahu apakah masih ada video yang lain atau tidak. Menurut saya sayang aja sih, jika konten creatornya udah bagus, alangkah baiknya pemilihan katanya juga tidak sembarangan. Apalagi itu menyangkut pencipta kita Allah SWT.


Bijak memilih kata kata

Dari sanalah saya kemudian belajar, bahwa menjadi konten kreator itu tidak mudah. Selain harus menyebarkan hal-hal yang baik dan bermanfaat untuk orang lain, kita juga dituntut untuk jeli memilih kata-kata saat akan membuat sesuatu. Karena, akan banyak sekali orang yang mengawasi kita nantinya, dan diatas semua itu, tentu saja semua perbuatan kita akan dimintai pertanggung jawaban saat kita telah menghadap Allah.

Bukan hanya seorang konten kreator, tapi kita semua.. tak terkecuali. Semoga kita bisa memilih kata-kata yang baik saat akan menulis ataupun memulai sesuatu dengan kata. 
Berbagai Fasilitas dan Layanan Sewa Genset Terbaik

Berbagai Fasilitas dan Layanan Sewa Genset Terbaik

Proyek atau industri mempunyai kaitan yang sangat erat degan penggunaan alat berat serta pasokan energi listrik. Ya, listrik memang menjadi sumber energi yang utama agar bisa mendukung kinerja proyek secara maksimal. Pada sebuah proyek, listrik bukan hanya berfungsi dalam hal penerangan saja, namun juga memiliki peran untuk menggerakan berbagai jenis mesin yang dibutuhkan pada proyek. 

Jika proyek dikerjakan di kota-kota besar, listrik tentu bukan menjadi masalah yang serius. Namun, jika dilaksanakan di wilayah terpencil, tentu listrik menjadi masalah yang cukup serius. Sebagai solusi untuk masalah pelaksanaan proyek di daerah terpencil, maka sewatama menyediakan layanan rental genset murah. Lalu, apa saja fasilitas dan layanan yang ditawarkan?

Investasi Masa Depan Pilihanku Adalah Hunian

Investasi Masa Depan Pilihanku Adalah Hunian

Melihat ke beberapa tahun belakang, kita tentu mengenal berbagai macam tipe investasi yang sering dilakukan orang-orang untuk menjaga finansial masa depan mereka tetap stabil. Bagi saya pribadi, investasi bukan hanya harus menguntungkan secara finansial, namun jauh lebih mendasar, yaitu investasi untuk diri sendiri.

Kita tentu mengenal di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat, bukan begitu? Memiliki jiwa yang kuat bisa dimulai dengan lingkungan sekitar, ya, lingkungan yang sehat, bisa membantu kita memiliki jiwa yang kuat.


Dengan begitu kalian sudah tau kan, kira-kira saya akan melakukan investasi ke mana? Ya, lingkungan sekitar, memiliki hunian dengan dukungan lingkungan yang sehat dan menyenangkan menjadi opsi saya untuk mengamankan masa depan.
Sikap-sikap yang Harus Kita Jaga Sebagai Influencer

Sikap-sikap yang Harus Kita Jaga Sebagai Influencer

Menjadi influencer adalah salah satu pekerjaan saya. Blogger, Buzzer dan teman-temannya adalah salah satu cara saya bisa menghasilkan uang selain menjadi penulis content. Bukan hanya menjadi seorang influencer, saya juga pernah beberapa kali menjadi koordinator sebuah campaign. Dari sanalah saya paham bagaimana seharusnya kita menjadi seorang influencer tersebut. Apa saja suka dukanya dan apa saja sih yang boleh dan gak boleh kita lakukan jika sudah mengikuti sebuah campaign yang dilakukan oleh seseorang. 



Kadang, mungkin karena ketidaktahuan kita, kita membagikan isi dari campaign yang kita ikuti. Dan temen-temen harus tahu, kalau hal ini tu gak boleh banget. Kita harus bisa menjaga privasi keberadaan campaign yang kita ikuti tersebut. Dan ini menjadi hal pertama yang harus kita pahami.

Menjaga Rahasia


Ya.. Menjaga rahasia isi dan brief yang diberikan oleh agent, koordinator, penyelenggara sebuah campaign harus kita lakukan. Itu sebagai attitude kita sebagai orang yang menerima bayaran dari tugas yang kita kerjakan. Kadang, ada sebuah project rahasia yang memang harus dirahasiakan bahwa kita ini sedang nge-Buzzer. Jangan sampai orang lain tahu meskipun mereka tahu. Dengan merahasiakan campaign ini juga kita menjaga diri kita sendiri sebagai influencer.

Mana ada agent atau koordinator yang mau bekerjsama dengan influencer yang punya mulut ember bocor, tangan usil dan gak bisa menjaga rahasia. Bisa-bisa kita di blacklist dari data mereka kan. Kecuali ada catatan khusus kita boleh membagikan informasi tersebut kepada orang lain, silahkan.

Komitmen Mengerjakan Tugas


Saya pernah menjadi seorang koordinator di beberapa campaign yang karena pengalaman inilah saya sangat menghargai orang-orang yang komitmen menjalankan tugas. Banyak banget influencer yang gak bisa komitmen dengan apa yang mereka janjikan. Padahal, sebuah campaign pasti sudah memberikan brief lengkap kita harus apa dan bagaimana. Seharusnya, jika keberatan dengan tugas yang diberikan, mereka bisa keluar lebih awal agar admin bisa mencari solusinya dengan segera. Dan kelakukan kayak gini nih ya temen-temen, jangan pernah kita lakukan saat mengikuti sebuah campaign. Ukur diri sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk tetap ikut atau tidak. 

Membaca dan Mengikuti Grup yang Disediakan


Nah ini nih yang paling nyebelin kalau jadi admin maupun jadi anggota influencer. Kadang saya suka gemes banget sama orang yang gak mau mantengin grup WA/Telegram sebuah campaign dengan bertanya, bertanya, bertanya yang padahal udah ada jawabannya. Kadang di grup mungkin kebanyakan chatnya yang kita semua memiliki waktu yang gak sama, makanya pas buka WA langsung skip skip aja tanpa membaca. Eh pas ada yang kita gak tau langsung aja nanya padahal udah dijelasin baruuu ajaaa.

Kadang ada juga anggota yang japri admin/koordinator padahal jelas-jelas ada grup buat nanyain tentang campaignya. Kezel aja sih haha..

Nah.. bagi yang jadi admin, kemaren saya sempat mengikuti salah satu campaign nih, jadi adminnya itu menyamaratakan semua anggotanya. Yang kepengen dibayar cepet siapa, eh pas ada yang tanya hal lain malah dia yang kena semprot. Kadang saya juga mikir.. tugasnya admin kan memang meluruskan apa yang gak lurus didalam grup dan campaign tersebut. Ya.. lucu aja sih, seharusnya mereka tahu kalau tugas admin memang gak mudah, menanyakan yang kurang dan meluruskan yang gak tepat. Dia itu jembatan antara bos dan buzzer kok, masak gak mau repot. 

Tapi ya itu tadi.. kalo jadi influencer ya jangan tanyaaaa terus tanpa mau baca dan mahamin isi brief dan bahasan yang ada di grup, kerjasama laaaahhh..

Jangan Tanyakan Bayaran terus menerus


Ada lagi nih yang harus kita tahan, jangan suka nanya, Kapan kak dibayar? Saya bahkan ada campaign yang bayarannya baru turun 3 bulanan lo wkwkwkw. Itu adalah hal yang paling gak disukain sama Adminnya. Secara, admin juga nunggu bayaran dari brand, eh kadang kita nyelonong tanya bayaran yang jelas-jelas udah dikasih tau di awal kapan kita terima pembayarannya. Kalaupun itu mundur, ya wajar kita tanya kapan, asal jangan terlalu sering, mereka juga manusia kayak kita, bisa salah. 

Terutama yang masih awal-awal ikutan campaign sih, kalau yang udah sering ikutan apalagi tahan banting soal pembayaran ya biasa aja. Kita semua butuh duit emang kan yaa..

Dan yang terpenting adalah, kita juga harus bersikap sopan saat berada di grup yang berisi banyak orang. Jangan sampai menyinggung apalagi membuat keributan. Mau itu didunia maya, semuanya juga orang yang punya perasaan. Jaga Attitude dalam bersosial media, demi diri kita sendiri :). Semoga bermanfaat ^_^